Logo BeritaSatu

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:17 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran 2022 berjalan lancar, termasuk pasokan bahan bakar minyak (BBM). Tidak ada kekurangan pasokan untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

Pertamina melakukan simulasi kerja sama dengan aparat seperti kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Selain itu, Pertamina melakukan inovasi dengan menyediakan SPBU modular dan menggunakan motor untuk mengantarkan BBM ke konsumen yang kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Terkait dengan keberhasilan tersebut, Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan apresiasi kepada Pertamina.

“Selama pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran kemarin, YLKI tidak menerima laporan dari masyarakat terkait kelangkaan BBM di SPBU. Hal ini membuktikan kesiapan Pertamina menghadapi hajat tahunan, apalagi 2022 merupakan tahun pertama dibuka kembali setelah dua tahun mudik dilarang. Oleh karena itu, kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pertamina terutama Pertamina Region Jawa Bagian Barat (JBB) atas kesiapan tersebut,” kata Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam keterangan tertulisnya Jumat (20/5/2022).

Hal senada diungkapkan pengamat energi dari Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria. Dia menilai apa yang dilakukan Pertamina Region Jawa Bagian Barat sudah bagus dan layak mendapatkan apresiasi.

“Saya menyampaikan terima kasih atas upaya Pertamina dalam menjaga pasokan BBM kepada masyarakat selama kegiatan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Hal ini membuktikan ketulusan Pertamina melayani masyarakat. Selama Lebaran kemarin, para pegawai Pertamina baik itu Satgas maupun petugas SPBU tidak mengambil cuti,” jelas Koordinator Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI) tersebut.

Adapun Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menyampaikan bahwa inovasi Pertamina dengan mendirikan SPBU modular di rest area yang belum ada SPBU permanen sangat membantu pemudik. “Saya merasakan manfaat inovasi ini di mana saat BBM sudah berkurang bisa mengisi BBM di rest area,” ujar Mamit.

Inovasi menggunakan motor mengantarkan BBM ke pelanggan yang terjebak kemacetan, mendapatkan acungan jempol dari peneliti INDEX, Abra El Tatov. Menurut Abra, hal ini sangat membantu masyarakat ditengah kemacetan yang cukup tinggi saat Lebaran 2022. “Dengan jumlah motor yang cukup banyak, membuat pergerakan mengantarkan BBM menjadi lebih sering,” kata Abra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga Hartarto: Hubungan Perdagangan ASEAN-Italia Sangat Erat

“Perdagangan ASEAN-Italia hanya mengalami sedikit penurunan pada tahun 2020. Ini menunjukkan eratnya hubungan antara keduanya,” kata Airlangga.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Pertemuan Sherpa Kedua Jadi Tahap Penyusunan Leaders Declaration G-20

Indonesia selaku Presidensi G-20 akan menggelar pertemuan sherpa kedua pada 9-13 Juli 2022 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

EKONOMI | 7 Juli 2022

SPI: Minyakita Tidak Serta-Merta Naikkan Harga TBS Petani

SPI ragu Minyakita dongkrak harga sawit. Harga TBS petani saat ini di bawah Rp 1.600 per kilogram, bahkan ada yang di bawah Rp 1.000 per kilogram.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Ini Solusi Multipolar Technology untuk Automasi Proses Bisnis Perusahaan

PT Multipolar Technology Tbk mengembangkan solusi equipment information management system (EIMS) dan MailApp.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Semester I, Summarecon Agung Capai 46% Target Marketing Sales

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) hingga semester pertama 2022 berhasil bukukan pra penjualan/marketing sales sebanyak Rp 2,3 triliun.

EKONOMI | 7 Juli 2022

OJK Minta Pelaku Jasa Keuangan Tingkatkan Perlindungan Konsumen

OJK meminta pelaku usaha jasa keuangan terus meningkatkan perlindungan konsumen melalui penguatan pengawasan market conduct (perilaku pasar)

EKONOMI | 7 Juli 2022

Semester I, Krakatau Steel Kantongi Pendapatan Rp 20,6 T

Melalui kenaikan penjualan dan produksi baja yang signifikan, pendapatan Krakatau Steel meningkat 29,8% menjadi Rp 20,6 triliun pada semester I 2022.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Bank Mega Kembali Gelar Program Meriah Bareng Mega

Bank Mega kembali menggelar program Meriah Bareng Mega dengan hadiah utama satu unit apartemen.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Pengelolaan Bandara Kualanamu Diserahkan ke Angkasa Pura Aviasi

Erick Thohir mengatakan pengelolaan Bandara Kualanamu oleh PT Angkasa Pura Aviasi (APA) merupakan upaya konkret dalam perbaikan ekosistem transportasi.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Binance Hapus Beberapa Biaya untuk Perdagangan Bitcoin

Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia mengumumkan akan menghapus biaya perdagangan untuk 13 pasangan dagang bitcoin.

EKONOMI | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga Dinilai Sukses Pimpin Golkar dan Kemenko Perekonomian

Airlangga Dinilai Sukses Pimpin Golkar dan Kemenko Perekonomian

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings