Logo BeritaSatu

Hadapi Tantangan Global, Jokowi: Utamakan Produk Lokal

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:24 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, di tengah berbagai tantangan perekonomian global yang tengah bergejolak, antara lain inflasi, kelangkaan energi dan juga kelangkaan pangan, Indonesia perlu membangun kekuatan nasional. Salah satunya, dengan membeli produk dalam negeri, khususnya produk-produk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah).

“Pertumbuhan ekonomi global tahun ini melambat turun menjadi 3,6% dari prediksi sebelumya 4,4%. Permasalah global ini juga berdampak pada perekonomian di dalam negeri. Kita harus terus berbenah diri membangun kekuatan nasional kita. Salah satu strategi kita adalah membelanjakan uang kita, baik APBN, swasta maupun masyarakat untuk membeli produk kita sendiri, membeli produk dalam negeri,” kata Jokowi saat meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBBI) Bangka Belitung 2022 secara daring, Jumat (20/5/2022).

Jokowi mengungkapkan, di tahun 2022, potensi belanja barang dan jasa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sangat besar mencapai Rp 1.062 triliun, di mana untuk belanja pemerintah pusat sebesar Rp 526 triliun dan belanja pemerintah daerah sebesar Rp 535 triliun. Sementara belanja barang dan jasa di BUMN setiap tahunnya sekitar Rp 420 triliun.

"Saya sudah memerintahkan, minimal 40% dari belanja pusat dan daerah serta belanja BUMN harus dialokasikan untuk membeli produk lokal dalam negeri, terutama produk UMKM,” kata Jokowi.

Di kesempatan ini, Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai dan membeli produk-produk Indonesia, bangga menggunakan produk Indonesia. Gernas BBI menurut Jokowi juga sejalan dengan program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Seluruh masyarakat bisa menjadi pembeli, menjadi pengguna dan sekaligus membantu marketing produk-produk dalam negeri,” kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi juga mengingatkan agar peningkatan pemasaran juga dibarengi dengan peningkatan kualitas produk dan pelayanan.

"Produk lokal kita juga bukan hanya barang, tetapi ada objek wisata. Kita juga harus bangga berwisata di Indonesia , baik wisata alam maupun budaya,” kata Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenkeu Proyeksi Defisit APBN Turun di Bawah 4% PDB

Kemenkeu memperkirakan defisit APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini menyusut menjadi 3,92% tehadap Produk Domestik Bruto (PDB).

EKONOMI | 1 Juli 2022

Terbitkan Green Bond, BRI Ajak Masyarakat Berinvestasi Sekaligus Selamatkan Bumi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengajak masyarakat untuk menyelamatkan bumi sekaligus berinvestasi lewat green bond.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Sri Mulyani Pastikan Garuda Indonesia Dapat PMN Rp 7,5 T

Sri Mulyani berharap Garuda Indonesia bisa terbang lagi dan sehat melalui suntikan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 7,5 triliun.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Kembangkan UMKM Go Digital, Dua Platform Ini Berkolaborasi

Topindoku dan Finpay berkolaborasi memberikan layanan keuangan digital untuk mendukung pertumbuhan bisnis di Tanah Air, khususnya kepada mitra UMKM.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Dukung Ekspor Industri Halal, LPEI Kolaborasi dengan KNEKS

LPEI memiliki mandat meningkatkan ekspor nasional melalui pembiayan, penjaminan asuransi dan jasa konsultasi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Penerimaan Pajak 2022 Diproyeksi Tembus Rp 1.608 Triliun

Penerimaan pajak hingga akhir tahun 2022 diproyeksi akan mencapai Rp 1.608 triliun atau setara 108,3% dari target dalam Perpres 98/2022.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Mangga Hybrid Expo 2022, Petrokimia Gresik Gandeng 50 Mitra Binaan

Petrokimia Gresik menggandeng 50 mitra binaan melalui pameran UMKM bertajuk “Mangga Hybrid Expo (MHE) 2022” di SOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur

EKONOMI | 1 Juli 2022

BPS Catat Nilai Tukar Petani Juni 2022 Naik Tipis 0,52%

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai tukar petani (NTP) nasional pada Juni 2022 sebesar 105,96 atau naik 0,52% dibanding NTP bulan sebelumnya.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Menkeu: Berkah Harga Komoditas Dorong Pendapatan Negara

Menurut Sri Mulyani, pendapatan negara mendapat berkah dari kenaikan harga komoditas global.

EKONOMI | 1 Juli 2022

DJSN: Uji Coba Kelas Rawat Inap Standar Belum Dimulai

Uji coba kebijakan kelas rawat inap standar (KRIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) belum dimulai pada 1 Juli 2022.

EKONOMI | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

Tjahjo Kumolo Wafat, Yasonna Laoly Kehilangan Sahabat dan Senior

NEWS | 32 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings