Logo BeritaSatu

POJK Perlindungan Konsumen Dorong Masyarakat Paham Haknya

Sabtu, 21 Mei 2022 | 05:12 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini telah menerbitkan ketentuan terbaru tentang perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan. Aturan tersebut dinilai akan mendorong masyarakat lebih paham mengenai hak dan kewajibannya sebagai pengguna produk dan layanan jasa keuangan, yang di antaranya bakal tercermin dengan peningkatan jumlah pengaduan.

Adapun aturan yang dimaksud adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan (POJK PKM SJK). Ketentuan itu menggantikan sejumlah pengaturan dalam POJK 1/2013 dan PBI 7/2025.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito menyampaikan, sosialisasi aturan terbaru akan gencar dilaksanakan agar masyarakat dapat semakin paham dengan hak dan kewajibannya sebagai pengguna jasa keuangan. Hal itu salah satunya akan bisa terlihat dari peningkatan pengaduan di masyarakat.

"Namun demikian, yang mengadu itu akhirnya orang-orang yang mengerti bahwa hak-haknya dilanggar, yang tadinya tidak ngerti jadi ngerti. Jadi menurut saya tidak ada jaminan akan melandai, kita akan lebih tegas," kata Sarjito dalam Media Briefing POJK 6/2022 yang digelar daring, Jumat (20/5/2022).

Selain kepada masyarakat, kata dia, sosialisasi juga dilakukan kepada pelaku usaha jasa keuangan (PUJK). Karena pada prinsipnya, PUJK wajib mematuhi POJK ini agar perlindungan konsumen semakin diperkuat. Apalagi OJK dalam menyusun pembaruan aturan mengenai perlindungan konsumen ini telah meminta masukan dan feedback dari PUJK.

"Jadi dapat dikatakan dari PUJK sudah mengetahui pokok-pokok pengaturan ketentuan ini. Namun, OJK tetap akan melakukan sosialisasi ketentuan ini secara berkesinambungan kepada PUJK untuk meningkatkan pemahaman dan kepatuhan," jelas dia.

Dalam melakukan pengawasan, Sarito mengatakan, OJK melakukannya lewat dua pendekatan yakni secara langsung dan tidak langsung. Pengawasan langsung dapat berupa pengamatan lapangan, pemeriksaan tematik, dan pemeriksaan khusus yang dilakukan kepada PUJK.

Sedangkan pengawasan tidak langsung antara lain berupa pengawasan dini melalui penelitian/penelaahan dan analisis. Selain itu, pengawasan tidak langsung juga dilakukan melalui evaluasi laporan PUJK yang disampaikan melalui Sistem Pelaporan Edukasi dan Perlindungan Konsumen (SIPEDULI).

Sementara itu, POJK PKM SJK turut mengatur perlindungan data dan/atau informasi pribadi konsumen. Dalam hal ini pada intinya, PUJK dilarang memberikan dan/atau menyalahgunakan data dan/atau informasi pribadi Konsumen maupun calon konsumen kepada pihak lain. Kemudian, PUJK dilarang mengharuskan Konsumen setuju untuk membagikan data maupun informasi pribadi sebagai syarat penggunaan produk dan layanan.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mangga Hybrid Expo 2022, Petrokimia Gresik Gandeng 50 Mitra Binaan

Petrokimia Gresik menggandeng 50 mitra binaan melalui pameran UMKM bertajuk “Mangga Hybrid Expo (MHE) 2022” di SOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur

EKONOMI | 1 Juli 2022

BPS Catat Nilai Tukar Petani Juni 2022 Naik Tipis 0,52%

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai tukar petani (NTP) nasional pada Juni 2022 sebesar 105,96 atau naik 0,52% dibanding NTP bulan sebelumnya.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Menkeu: Berkah Harga Komoditas Dorong Pendapatan Negara

Menurut Sri Mulyani, pendapatan negara mendapat berkah dari kenaikan harga komoditas global.

EKONOMI | 1 Juli 2022

DJSN: Uji Coba Kelas Rawat Inap Standar Belum Dimulai

Uji coba kebijakan kelas rawat inap standar (KRIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) belum dimulai pada 1 Juli 2022.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Solusi Sinergi Digital Masuk IDX Techno dan JII70

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) secara resmi masuk ke dalam daftar IDXTechno dan konstituen JII70 di Bursa Efek Indonesia efektif per 1 Juli 2022.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Kinerja Bisnis Hotel Pulih, Recurring Income SWID Melesat

PT Saraswanti Indoland Development mampu mengantongi recurring income Rp 44,4 miliar sepanjang semester I 2022, yang berasal dari bisnis perhotelan.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Sepanjang Semester I, Anggaran PC PEN Baru Terealisasi 27,3%

Realisasi anggaran PC PEN hingga semester I 2022 mencapai Rp 124,5 triliun atau baru 27,3% dari pagu anggara Rp 455,6 triliun.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Transformasi Digital, Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Berkat transformasi digital, PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Sri Mulyani: Inflasi 2022 Bakal Terkerek hingga 4,5%

Sri Mulyani memperkirakan laju inflasi tahun ini akan berada di kisaran 3,5%-4,5% (yoy), di atas target inflasi Bank Indonesia sebesar 4% (yoy).

EKONOMI | 1 Juli 2022

Energy Watch: Kenaikan Tarif Listrik Memang Diperlukan

Energy Watch menilai, kebijakan pemerintah menaikan tarif listrik untuk pelanggan rumah tangga mampu serta golongan pemerintah sudah tepat.

EKONOMI | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

Ida Fauziyah Kenang Tjahjo Kumolo sebagai Sosok Bersahaja

NEWS | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings