Logo BeritaSatu

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

Sabtu, 21 Mei 2022 | 05:41 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

London, Beritasatu.comBursa Eropa ditutup menguat pada Jumat (20/5/2022), mengikuti kenaikan saham global di tegah minggu perdagangan yang berfluktuatif.

Stoxx 600 pan- bursa Eropa bertambah 0,5% dengan saham perjalanan dan liburan menguat 2% memimpin kenaikan. Hampir semua sektor dan bursa utama berakhir di wilayah positif.

Bursa Eropa masih mencatat minggu yang negatif, turun 1,3%, setelah ditutup melemah tajam pada Kamis (19/5/2022) karena kekhawatiran inflasi dan laporan buruknya pendapatan peritel AS sehingga merusak sentimen global.

Sementara bursa Asia-Pasifik menguat pada Jumat, dengan indeks Hang Seng Hong Kong memimpin kenaikan. Tiongkok mempertahankan suku bunga pinjaman acuan 1 tahun pada 3,7%, tetapi memangkas suku bunga pinjaman 5 tahun sebesar 15 basis poin.

Investor global terus mengamati implikasi perang di Ukraina yang telah mendorong harga energi dan pangan di seluruh dunia. Program Pangan Dunia mengatakan kegagalan membuka kembali pelabuhan Ukraina akan menjadi deklarasi perang terhadap keamanan pangan global.

"Perang kemungkinan akan berlanjut sepanjang musim panas dan mungkin seterusnya, meskipun ada tanda-tanda bahwa beberapa bagian negara itu kembali normal," kata penasihat presiden Ukraina Oleksii Arestovych, menurut NBC News.

Kepala Ekonom IMF Pierre-Olivier Gourinchas mengatakan bahwa para pemimpin dunia mengantisipasi gangguan rantai pasokan akan bisa mereda dalam beberapa bulan mendatang, sehingga mengurangi tekanan harga.

"Kami melihat perpanjangan penguncian di Tiongkok dapat menyebabkan gangguan lebih lanjut. Selain itu, kenaikan harga energi dan makanan mungkin akan turun sebagai komponen utama inflasi," kata Gourinchas.

Dia memperkirakan inflasi akan moderat pada paruh kedua tahun ini dan 2023. "Namun bisa mendapatkan kejutan yang buruk,” kata dia.

Di sisi data, harga produsen Jerman melonjak 33,5% year on year (YoY) di bulan April, rekor kenaikan tahunan baru karena perang di Ukraina mendorong biaya energi di ekonomi terbesar Eropa.

Penjualan ritel Inggris melonjak pada bulan April sebesar 1,4% (bulan ke bulan), Kantor Statistik Nasional mengatakan Jumat.

Dalam pergerakan harga saham, Rockwool International Denmark naik 8% memimpin Stoxx 600 setelah laporan pendapatan kuartal pertama.

Di bagian bawah indeks, perusahaan barang mewah Swiss Richemont jatuh 13% karena kinerja tahunan tertekan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Terbitkan Green Bond, BRI Ajak Masyarakat Berinvestasi Sekaligus Selamatkan Bumi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengajak masyarakat untuk menyelamatkan bumi sekaligus berinvestasi lewat green bond.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Sri Mulyani Pastikan Garuda Indonesia Dapat PMN Rp 7,5 T

Sri Mulyani berharap Garuda Indonesia bisa terbang lagi dan sehat melalui suntikan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 7,5 triliun.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Kembangkan UMKM Go Digital, Dua Platform Ini Berkolaborasi

Topindoku dan Finpay berkolaborasi memberikan layanan keuangan digital untuk mendukung pertumbuhan bisnis di Tanah Air, khususnya kepada mitra UMKM.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Dukung Ekspor Industri Halal, LPEI Kolaborasi dengan KNEKS

LPEI memiliki mandat meningkatkan ekspor nasional melalui pembiayan, penjaminan asuransi dan jasa konsultasi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Penerimaan Pajak 2022 Diproyeksi Tembus Rp 1.608 Triliun

Penerimaan pajak hingga akhir tahun 2022 diproyeksi akan mencapai Rp 1.608 triliun atau setara 108,3% dari target dalam Perpres 98/2022.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Mangga Hybrid Expo 2022, Petrokimia Gresik Gandeng 50 Mitra Binaan

Petrokimia Gresik menggandeng 50 mitra binaan melalui pameran UMKM bertajuk “Mangga Hybrid Expo (MHE) 2022” di SOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur

EKONOMI | 1 Juli 2022

BPS Catat Nilai Tukar Petani Juni 2022 Naik Tipis 0,52%

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai tukar petani (NTP) nasional pada Juni 2022 sebesar 105,96 atau naik 0,52% dibanding NTP bulan sebelumnya.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Menkeu: Berkah Harga Komoditas Dorong Pendapatan Negara

Menurut Sri Mulyani, pendapatan negara mendapat berkah dari kenaikan harga komoditas global.

EKONOMI | 1 Juli 2022

DJSN: Uji Coba Kelas Rawat Inap Standar Belum Dimulai

Uji coba kebijakan kelas rawat inap standar (KRIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) belum dimulai pada 1 Juli 2022.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Solusi Sinergi Digital Masuk IDX Techno dan JII70

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) secara resmi masuk ke dalam daftar IDXTechno dan konstituen JII70 di Bursa Efek Indonesia efektif per 1 Juli 2022.

EKONOMI | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Melihat Kondisi Rumah Saksi Bisu Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings