Logo BeritaSatu

BI Proyeksi the Fed Naikkan Suku Bunga 250 Bps pada 2022

Rabu, 25 Mei 2022 | 05:10 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (the Fed) akan meningkatkan suku bunga hingga 2,75 % pada akhir 2022. Pengetatan kebijakan the Fed yang lebih agresif untuk menormalkan lonjakan inflasi di Amerika Serikat (AS) yang saat ini sudah mencapai 8,3%.

"Pada tahun ini kenaikan suku bunga Fed secara keseluruhan akan mencapai 250 basis poin," ujar Perry dalam pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Mei 2022 di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Tak hanya tahun ini, Perry memproyeksi the Fed masih akan melanjutkan kenaikan suku bunga acuan sebanyak dua kali, sehingga pada akhir tahun depan suku bunga Fed akan mencapai 3,25%.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini suku bunga the Fed sudah dinaikkan sebanyak dua kali menjadi 0,75% sampai 1%.

Kenaikan suku bunga the Fed yang lebih agresif untuk merespons tingginya angka inflasi yang menyebabkan naiknya imbal hasil atau yield obligasi AS yang lebih tinggi dari posisi saat ini di level 2,8%. Dampaknya, yield surat berharga negara (SBN) tenor 10 tahun di Indonesia saat ini di level 7,2%.

“Untuk tahun ini, yield UST untuk 10 tahun bisa capai 3,45% hingga 3,5% sebetulnya ini enggak jauh berbeda dengan perkiraan kami seblumnya mencapai 3% hingga 3,25%. Ini tentu saja perkiraan akan terus kami lakukan assesment waktu ke waktu. Bagaimana ketegangan politik berlanjut dampak ke kenaikan harga dunia inflasi dunia dan repsons percepatan normalisasi kebijakan moneter dan the Fed dan berbagai negara,” tegasnya.

Meski yield SBN tenor 10 tahun naik, tetapi Perry menegaskan bahwa transmisi kenaikan yield UST tidak selalu ditransmisikan dalam bentuk kenaikan yield SBN pemerintah tenor 10 tahun atau tidak selalu one to one berlangsung linier.

Apalagi saat ini pasar obligasi cukup stabil karena kepemilikan asing di SBN terus menurun drastis menyebabkan tidak mudah terguncang oleh volatilitas di global.

“Porsi kepemilikan asing di SBN telah separuh dari sebelum Covid-19 masih 40%, sekarang 20%, sehingga pengaruhi meski yield UST naik jadi 3,4,5% belum tentu pengaruh kuat ke SBN. Pengaruh ke SBN akan dipengaruhi bagaimana pemerintah lakukan lelang dan likuiditas perbankan serta preferensi perbankan maupun investor dalam dan luar negeri melakukan pembelian SBN,” pungkasnya.

Selain mekanisme lelang, BI juga membeli SBN pemerintah sebagai komitmen burden sharing di mana Bi menjadi stand by yang dipergunakan untuk memenuhi pendanaan pada pos kesehatan manusia selama pandemi Covid-19



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Woilo, Media Sosial Karya Anak Bangsa Go International

Woilo, yang merupakan media sosial anak bangsa dari Surabaya, Jawa Timur, tersebut sudah go international.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Dukung Pertumbuhan UMKM Kuliner, Wahyoo Gelar Sayembarasa

Wahyoo bersama Livin by Mandiri kembali menyelenggarakan Sayembarasa batch 2, dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Jalan Lingkar Timur Urai Kemacetan di Ruas Cirebon-Kuningan

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan untuk mengurangi kemacetan di ruas Cirebon-Kuningan, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar.

EKONOMI | 2 Juli 2022

BI: Halal Value Chain Potensial Tingkatkan PDB Indonesia

Halal value chain merupakan strategi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Aplikasi MyPertamina Dinilai Tidak Efisien, Ini Alasannya

Pakar keamanan siber menilai, upaya pengendalian pembelian solar dan pertalite dengan cara mendaftar di aplikasi MyPertamina rawan serangan siber.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Begini Penjelasan BNI soal Hoaks Kredit Tanpa Jaminan

Mucharom menegaskan, penyaluran kredit BNI dilakukan secara konservatif dengan memperhatikan semua ketentuan dari kementerian dan lembaga berwenang.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Zurich dan PJI Dorong Anak Muda Ciptakan Peluang Ekonomi

Zurich Indonesia meluncurkan Zurich Entrepreneurship Program bagi siswa SMA dan SMK agar dapat menciptakan peluang ekonomi di Indonesia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Program Makmur Petrokimia Gresik dan PTPN X Tingkatkan Hasil Petani Tebu Kediri

Program Makmur dari PT Petrokimia Gresik dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X berhasil meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani tebu di Kediri

EKONOMI | 2 Juli 2022

Penjualan Program Warung Rakyat Jawara US$ 160.000

Jawara, sebuah inisiasi program permodalan yang diadakan PT Jaring Pangan Indonesia telah membukukan penjualan hingga US$ 160.00.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Pertalite Tetap Bisa Dibeli meski Belum Daftar MyPertamina

PT Pertamina menjamin masyarakat tetap bisa membeli Pertalite meskipun belum mendaftar di sistem MyPertamina.

EKONOMI | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings