Logo BeritaSatu
WEF Annual Meeting 2022

Airlangga: Transisi Energi Ciptakan 65 Juta Pekerjaan di 2030

Rabu, 25 Mei 2022 | 21:02 WIB
Oleh : FER

Davos, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah Indonesia berkomitmen mengurangi penggunaan bahan bakar fosil secara bertahap demi keamanan iklim di masa depan.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam rangkaian pertemuan World Economic Forum Annual Meeting (WEFAM) 2022 di Davos, Swiss, Rabu (25/5/2022).

Airlangga menyampaikan, transisi energi yang adil dan terjangkau menuju ekonomi hijau dapat menghasilkan hingga US$ 26 triliun dalam net benefits dan 65 juta pekerjaan bernilai tinggi pada tahun 2030. Namun dibutuhkan biaya besar untuk mencapainya.

"Misalnya, dibutuhkan sekitar US$ 25 miliar untuk menurunkan 5,5 gigawatt pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia secara bertahap atau setara dengan seperempat dari pendanaan iklim tahunan yang dijanjikan oleh negara maju kepada negara berkembang," paparnya.

Menurut Airlangga, untuk mewujudkan komitmen tersebut, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah konkret dan inovatif di antaranya, platform SDG Indonesia One yang telah mencapai US$ 3,2 miliar dalam waktu kurang dari 4 tahun, penerbitan sukuk hijau, dan rencana mekanisme penerapan carbon pricing untuk mobilisasi peralihan energi di sektor swasta.

"Selain itu, ada juga program ETM (energy transition mechanism) dengan ADB (Asian Development Bank), dan secara kolektif mengurangi emisi gas CO2 sebesar 200 juta ton per tahun secara bersama dengan Filipina dan Vietnam," paparnya.


Airlangga menjelaskan, Indonesia mengambil bagian dalam mencapai phase down batu bara. Untuk itu, menjadi tugas penting generasi ini untuk mewariskan planet yang layak huni bagi generasi mendatang.

"Perlu dilakukan transformasi pada gaya hidup manusia, terutama di sektor energi yang mewakili 72% dari total emisi global," tegasnya.

Tidak hanya berfokus dengan proses transisi energi, Airlangga menegaskan, pemerintah juga memikirkan lapangan pekerjaan di sektor pertambangan batu bara yang akan terdampak dari transisi energi yang dilakukan.

"Untuk mengatasi dilema ini, kita harus menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan, serta berinvestasi dalam pelatihan dan reskilling pekerja. Hanya dengan begitu, transisi energi ini dapat disebut adil,” kata Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wamenaker Dukung Kerja Sama Binawan Group dan AOTS Jepang

Binawan Group menjalin kerja sama strategis dengan AOTS Jepang untuk memperkuat jaringan dan komunikasi stakeholders khususnya untuk caregiver atau careworker.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Incar Pendapatan Naik Jadi Rp 3 T, Simak Strategi Bukalapak

Bukalapak akan memperluas jangkauan kepada mitra, pelapak online, dan pelanggan dengan menyediakan solusi dengan fokus pengembangan specialized platforms.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pelaku Bisnis Didorong Lakukan Transaksi Keuangan Elektronik

Ada beberapa peluang yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan revenue jika retailer menggunakan transaksi keuangan elektronik atau digital payments.

EKONOMI | 29 Juni 2022

OJK Pede Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Terjaga

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan indikator perekonomian dan kinerja sektor jasa keuangan masih terjaga dengan baik di tengah dinamika ekonomi global.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Sunter Lakeside Hotel Catat Peningkatan Gross Profit 12,18 Persen pada 2021

PT Sunter Lakeside Hotel Tbk konsisten meningkatkan kinerja bisnis seiring dengan perkembangan industri perhotelan yang kian pulih.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Simak 5 Aset Kripto yang Berpotensi Bullish pada Pekan Ini

Pergerakan pasar aset kripto memasuki tengah pekan ini masih terlihat stagnan, namun cenderung menurun.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Allianz Life Bukukan Premi Rp 3,8 Triliun di Kuartal I 2022

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) membukukan pendapatan premi bruto atau gross written premium (GWP) Rp 3,8 triliun di kuartal I 2022

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pertalite Dibatasi, Ini Kelebihan dan Kekurangan MyPertamina

Pengguna Pertalite perlu mendaftarkan di sistem MyPertamina dan memahami penggunaannya serta fitur-fitur menarik di dalamnya.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

Tokopedia baru saja meluncurkan Spot Award, sebuah program untuk mengapresiasi karyawan-karyawan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

PUPR Tetapkan Tiga Pemenang Sayembara Rancang Kawasan IKN

Ibu Kota Negara (IKN) akan dibangun secara bertahap hingga 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia.

EKONOMI | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Konser Dream Theater di Solo Digelar 10 Agustus 2022

Konser Dream Theater di Solo Digelar 10 Agustus 2022

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings