Logo BeritaSatu

Harga Minyak Mentah Naik Tipis di Tengah Kurangnya Pasokan

Kamis, 26 Mei 2022 | 07:49 WIB
Oleh : FMB

New York, Beritasatu.com - Harga minyak mentah sedikit menguat pada penutupan perdagangan Rabu (25/5/2022 atau Kamis pagi WIB), didukung oleh ketatnya pasokan dan setelah data menunjukkan penurunan stok minyak mentah AS di tengah penyulingan AS mendorong aktivitas pemrosesan ke level tertinggi sejak sebelum pandemi virus corona dimulai.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli naik 47 sen atau 0,4%, menjadi US$ 114,03 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli bertambah 56 sen atau 0,5%, menjadi ditutup di US$ 110,33.

Advertisement

Stok minyak mentah AS turun 1 juta barel pekan lalu, kata pemerintah, dengan persediaan bensin juga turun sedikit. Stok sulingan naik 1,7 juta barel. Pabrik penyulingan meningkatkan kecepatan pemrosesan, meningkatkan penggunaan kapasitas menjadi 93,2%, tertinggi sejak Desember 2019.

Pabrik penyulingan harus menjaga fasilitas berjalan pada kemiringan penuh untuk menghadapi permintaan yang tinggi, terutama dari luar negeri, karena ekspor produk olahan naik menjadi lebih dari 6,2 juta barel per hari pekan lalu. Ekspor yang tinggi dan pengurangan kapasitas penyulingan berarti stok bensin telah menyusut di Amerika Serikat.

Peringatan Memorial Day AS akhir pekan yang akan datang ini diperkirakan akan menjadi yang tersibuk dalam dua tahun, menyebabkan permintaan bahan bakar meningkat karena lebih banyak pengemudi turun ke jalan dan mengabaikan pembatasan pandemi virus corona meskipun harga bahan bakar tinggi.

"Kami tidak melihat adanya elastisitas dalam permintaan produk olahan," kata Gary Cunningham, direktur riset pasar di Tradition Energy. "Orang-orang masih akan mengemudi."

Pasokan minyak mentah global terus mengetat karena pembeli menghindari minyak dari Rusia, eksportir terbesar kedua di dunia, setelah invasi ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus".

Uni Eropa berharap dapat menyepakati sanksi yang akan menghapus impor minyak Rusia sebelum pertemuan Dewan Eropa berikutnya, kata presiden dewan, Charles Michel, Rabu (25/5/2022).

Bahkan tanpa larangan hukum, sanksi sendiri oleh banyak perusahaan Eropa telah menyebabkan rekor jumlah minyak mentah Ural Rusia yang berada di kapal di tengah laut ketika berusaha untuk menemukan pembeli.

Di sisi lain adalah pendekatan ketat terhadap pandemi Covid-19 dari Tiongkok, importir minyak terbesar dunia. Beijing telah memberlakukan pembatasan baru sementara Shanghai berencana untuk mempertahankan sebagian besar pembatasan pada bulan ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

Menara BRILian yang bernuansa green and smart building ini dibangun di lahan seluas 8200 M2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Astra Life Konsisten Lanjutkan Inovasi Layanan Digital

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) resmi meluncurkan aplikasi mobile MyAstraLife sebagai upaya memperkuat inovasi pelayanan nasabah berbasis digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Cakep! Premi Asuransi Perjalanan Jasindo Tumbuh 565%

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatatkan pertumbuhan 565% secara tahunan atau year on year (yoy) di lini bisnis asuransi perjalanan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Digitalisasi BPR, Komunal Luncurkan Fitur E-Deposito

DepositoBPR by Komunal meluncurkan fitur terbaru E-Deposito untuk mendukung seluruh BPR semakin maju secara digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, BTN Tawarkan KPR Edisi Khusus Kemerdekaan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memiliki cara tersendiri untuk memperingati HUT ke-77 RI.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Pangdam XIV Hasanuddin Jamin Stabilitas Keamanan Smelter Nikel CNI Group

Menurut Mayjen TNI Andi Muhammad, proyek smelter nikel CNI Group wajib untuk dilindungi karena proyek ini didukung penuh oleh negara.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

SIG Resmikan Bantuan Pembangunan Masjid di Gresik

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meresmikan bantuan pembangunan taman pendidikan al-qur'an dan renovasi masjid.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Menteri Airlangga Dorong Japnas Kembangkan Beragam Industri Usaha

Airlangga Hartarto mengatakan berbagai upaya pemerintah mendorong pemulihan ekonomi membutuhkan seluruh stakeholder, termasuk Japnas.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Kenakan Baju Rote ke Istana, Erick: Sejalan Presidensi G-20

Erick menyebut pakaian adat Pulau Rote memiliki pesan kuat yang selaras dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Kenaikan Harga BBM Kerek Inflasi, Seberapa Besar Dampaknya?

Harga BBM berpotensi mengerek inflasi sehingga ini yang kemudian dikhawatirkan justru akan berdampak terhadap kenaikan harga barang lain.

EKONOMI | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tim Pancasila Sakti Bertugas di Upacara Penurunan Sang Merah Putih

Tim Pancasila Sakti Bertugas di Upacara Penurunan Sang Merah Putih

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings