Logo BeritaSatu

Qatar Jajaki Kerja Sama Manufaktur dan Militer dengan Indonesia

Kamis, 26 Mei 2022 | 13:18 WIB
Oleh : Nasori / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah terus mendorong penguatan kerja sama dengan Qatar sebagai upaya peningkatan hubungan ekonomi antarkedua negara, khususnya pada aspek perdagangan dan investasi di bidang manufaktur dan militer. Untuk meningkatkan profil investasi kedua negara, kerja sama institusional antara Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority dan Qatar Investment Authority dinilai perlu untuk didorong.

Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan bilateral antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Qatar Ali bin Ahmed Al Kuwari Faisal Al-Ibrahim di Alpen Gold Hotel, Davos-Swiss, Selasa (24/5/2022). Pertemuan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada gelaran World Economic Forum (WEF) 2022.

Airlangga dalam pertemuan tersebut membagikan cerita sukses Indonesia dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, baik pada aspek pemulihan kesehatan masyarakat maupun penanganan krisis ekonomi berikut upaya pemulihannya.

Salah satu capaian Indonesia pada saat pandemi yang diapresiasi oleh Qatar yakni upaya reformasi struktural melalui Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. UU ini memberikan kepastian kemudahan berusaha dan memangkas perizinan melalui mekanisme perizinan Risk Based Approach (RBA), sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor.

“Selanjutnya, undang-undang ini diharapkan akan mendorong para pengusaha Qatar untuk meningkatkan kerja sama bisnis dengan pengusaha Indonesia,” ujar Airlangga.

Selain itu, dibahas juga performa perdagangan dan investasi antarkedua negara. Pada 2021, total perdagangan Indonesia dan Qatar mencapai US$ 893 juta, dengan nilai ekspor Indonesia ke Qatar mencapai US$ 217,2 juta dan impor Indonesia dari Qatar mencapai US$ 675,8 juta. Defisit perdagangan Indonesia dengan Qatar dikontribusikan terbesar dari sektor migas.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Ditinjau dari Uji Coba KRIS JKN

Besaran iuran BPJS Kesehatan akan disesuaikan seiring dengan implementasi kelas rawat inap standar pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Masuki Semester II, Angkasa Pura Supports Terus Lakukan Perubahan

Sebagai perusahaan yang bergerak pada layanan penyedia jasa, Angkasa Pura Supports menjadi penunjang kegiatan operasional bandar udara di 15 kota di Indonesia

EKONOMI | 4 Juli 2022

Beasiswa LPDP Tahap II Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Masyarakat dapat mendaftarkan diri pada berbagai kategori beasiswa LPDP yang telah disiapkan dari 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Finnet Gandeng Topindoku Majukan Digital Payment di Kalimantan

Finnet bekerja sama dengan n Topindo Solusi Komunika untuk layanan source of fund uang elektronik dan QRIS (Finpay Money).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Penyaluran KUR BRI Diestimasi Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

Penyaluran KUR oleh BRI diestimasi dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja. Setiap akses KUR berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebanyak 3 orang.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Raih Pendanaan Baru, LingoTalk Fokus Kembangkan Layanan

LingoTalk, platform edutech pembelajaran bahasa asing, mengumumkan telah mengantongi pendanaan awal dari beberapa perusahaan yang berbasis di Singapura.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Menang di Gugatan Pertama, Bukalapak Siap Hadapi Gugatan Kedua

Saat ini, manajemen Bukalapak sedang menunggu dokumen terkait gugatan tersebut dari pihak yang berwenang untuk dipelajari.

EKONOMI | 4 Juli 2022

5 Rumah Sakit Mulai Uji Coba Kelas Rawat Inap Standar JKN

Setelah dilakukan uji coba di lima rumah sakit, pada semester I 2023 diharapkan kelas rawat inap standar JKN sudah bisa diimplementasikan di 50% RS.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Menkop Teten: 90% Penjual di E-Commerce Didominasi Reseller

"Saat ini, e-commerce kita 90% lebih masih didominasi oleh para reseller, dan barang yang dijual juga banyak yang produk asing," kata Teten Masduki.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Per 4 Juli 2022, Dana Desa Sudah Tersalurkan Rp 32,141 T

Gus Halim mengungkapkan, per 4 Juli 2022, dana desa telah tersalur ke rekening kas desa sebesar Rp 32,141 triliun atau 47,77% dari pagu Rp 68 triliun.

EKONOMI | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemprov DKI Bakal Evaluasi Kerja Sama dengan ACT

Pemprov DKI Bakal Evaluasi Kerja Sama dengan ACT

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings