Logo BeritaSatu
WEFAM 2022

Kebijakan People First Jadi Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Kamis, 26 Mei 2022 | 21:22 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, Indonesia saat ini sudah menuju pemulihan ekonomi. Hal ini dapat dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi tinggi pada kuartal I 2022 yang mencapai 5,01%, lebih tinggi dari negara G20 lain termasuk Jerman dan Tiongkok.

Hal tersebut disampaikan Menko Airlangga ketika mewakili Indonesia untuk menyampaikan pandangan dan perspektif pada sesi Country Strategy Dialogue dalam rangkaian perhelatan World Economic Forum Annual Meeting (WEFAM) 2022 di Davos, Swiss.

"Pencapaian pertumbuhan ekonomi yang signifikan ini didukung oleh kebijakan pemerintah yang bersifat people-first. Pemerintah menempatkan diri sebagai masyarakat untuk mempertimbangkan bagaimana dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat akibat dari keputusan-keputusan yang akan dan telah diterapkan terkait pemulihan ekonomi,” ujar Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya, Kamis (26/5/2022).

Salah satu contoh kebijakan pemulihan ekonomi, kata Airlangga, tentang kebijakan pemberian bantuan tunai kepada para pedagang kaki lima, pemilik warung, dan nelayan (BT-PKLWN) yang diinisiasi untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sekaligus mendorong konsumsi masyarakat.

Selain itu, ada juga program Kartu Prakerja yang bersifat semi bansos dan diinisiasi pemerintah untuk reskilling dan upskilling masyarakat di masa pandemi.

"Kartu Prakerja ini manfaatnya berhasil diterima oleh 11,4 juta penerima. Untuk siswa sekolah, pemerintah juga memberikan bantuan kuota internet gratis guna menjamin ketersediaan pendidikan di masa pandemi,” paparnya.

Diakui Airlangga, seluruh langkah pemulihan ekonomi tersebut memang memiliki risiko dari sisi kebutuhan anggaran negara. Namun, kebijakan tersebut dipercaya akan mendatangkan keuntungan jangka panjang bagi masyarakat.

"Pemerintah memprioritaskan masyaraka dalam upaya pemulihan ekonomi. Kami berinvestasi di dalamnya, dan memastikan kepercayaan mereka. Saya sangat yakin keputusan ini dalam jangka panjang akan terbukti sama pentingnya dengan yang mereka lakukan dalam jangka pendek. Pada akhirnya, jika masyarakat Indonesia dapat mempercayai pemerintah, maka masyarakat tersebut akan menjadi investasi paling berharga bagi sebuah negara,” kata Airlangga Hartarto.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perluas Distribusi dan Penjualan, Martina Berto Gandeng DNR

Martina Berto optimistis kerja sama dengan ZBRA dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis di general trade secara berkelanjutan.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Airlangga Hartarto: Hubungan Perdagangan ASEAN-Italia Sangat Erat

“Perdagangan ASEAN-Italia hanya mengalami sedikit penurunan pada tahun 2020. Ini menunjukkan eratnya hubungan antara keduanya,” kata Airlangga.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Pertemuan Sherpa Kedua Jadi Tahap Penyusunan Leaders Declaration G-20

Indonesia selaku Presidensi G-20 akan menggelar pertemuan sherpa kedua pada 9-13 Juli 2022 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

EKONOMI | 7 Juli 2022

SPI: Minyakita Tidak Serta-Merta Naikkan Harga TBS Petani

SPI ragu Minyakita dongkrak harga sawit. Harga TBS petani saat ini di bawah Rp 1.600 per kilogram, bahkan ada yang di bawah Rp 1.000 per kilogram.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Ini Solusi Multipolar Technology untuk Automasi Proses Bisnis Perusahaan

PT Multipolar Technology Tbk mengembangkan solusi equipment information management system (EIMS) dan MailApp.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Semester I, Summarecon Agung Capai 46% Target Marketing Sales

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) hingga semester pertama 2022 berhasil bukukan pra penjualan/marketing sales sebanyak Rp 2,3 triliun.

EKONOMI | 7 Juli 2022

OJK Minta Pelaku Jasa Keuangan Tingkatkan Perlindungan Konsumen

OJK meminta pelaku usaha jasa keuangan terus meningkatkan perlindungan konsumen melalui penguatan pengawasan market conduct (perilaku pasar)

EKONOMI | 7 Juli 2022

Semester I, Krakatau Steel Kantongi Pendapatan Rp 20,6 T

Melalui kenaikan penjualan dan produksi baja yang signifikan, pendapatan Krakatau Steel meningkat 29,8% menjadi Rp 20,6 triliun pada semester I 2022.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Bank Mega Kembali Gelar Program Meriah Bareng Mega

Bank Mega kembali menggelar program Meriah Bareng Mega dengan hadiah utama satu unit apartemen.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Pengelolaan Bandara Kualanamu Diserahkan ke Angkasa Pura Aviasi

Erick Thohir mengatakan pengelolaan Bandara Kualanamu oleh PT Angkasa Pura Aviasi (APA) merupakan upaya konkret dalam perbaikan ekosistem transportasi.

EKONOMI | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perluas Distribusi dan Penjualan, Martina Berto Gandeng DNR

Perluas Distribusi dan Penjualan, Martina Berto Gandeng DNR

EKONOMI | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings