Logo BeritaSatu

Karya Kreatif Indonesia 2022 Jadi Pendorong Kebangkitan UMKM

Jumat, 27 Mei 2022 | 11:22 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 yang kali ini mengangkat tema “UMKM Indonesia Bangkit Melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”. KKI merupakan agenda tahunan di mana produk-produk UMKM binaan BI dan kementerian/lembaga ditampilkan, baik secara online maupun offline.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, ada tiga kata kunci dalam penyelenggaraan KKI tahun ini, yaitu sinergi, digitalisasi dan globalisasi. Tiga kata kunci inilah yang menjadi pendorong kebangkitan UMKM menjadi kekayaan nasional, menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pada KKI ini kami melakukan sinergi yang erat dengan 13 kementerian/lembaga, lima asosiasi, 26 industri dan juga perbankan. Dari sinergi ini, kita bangkitkan UMKM dari daerah ke nasional, dan dari nasional ke global,” kata Perry Warjiyo dalam pembukaan KKI 2022, Jumat (27/5/2022).

Kedua adalah digitalisasi. Strategi ini penting untuk membawa UMKM Indonesia tidak hanya menjadi pemain di tingkat nasional, tetapi juga global. BI juga terus melakukan digitalisasi sistem pembayaran agar proses transaksi ekonomi berjalan lebih cepat. Saat ini sudah ada 17,2 merchant yang menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS), di mana 90% pengguna QRIS tersebut adalah pelaku UMKM. Transaksi di dalam KKI seluruhnya juga menggunakan platform digital.

“Yang ketiga, globalisasi. KKI di sini menampilkan produk-produk unggulan berkualitas ekspor, tentu saja dengan harga produsen. Setiap tahun kami mengkurasi produk-produk UMKM binaan BI dan kementerian/lembaga,” kata Perry.

KKI 2022 menghadirkan 20 event, business matching, proses pembiayaan, dan juga menghubungkan UMKM dengan pembeli global. Ada sebanyak 200 UMKM yang dihadirkan secara fisik, dan 500 UMKM secara virtual.

Wakil Presiden Maruf Amin juga mengapresiasi langkah BI yang secara rutin menyelenggarakan KKI, guna mendukung pengembangan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Saya mengapresiasi upaya Bank Indonesia untuk melaksanakan program pengembangan UMKM melalui tiga pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan, guna mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif dan adaptif,” kata Maruf Amin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Incar Pendapatan Naik Jadi Rp 3 T, Simak Strategi Bukalapak

Bukalapak akan memperluas jangkauan kepada mitra, pelapak online, dan pelanggan dengan menyediakan solusi dengan fokus pengembangan specialized platforms.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pelaku Bisnis Didorong Lakukan Transaksi Keuangan Elektronik

Ada beberapa peluang yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan revenue jika retailer menggunakan transaksi keuangan elektronik atau digital payments.

EKONOMI | 29 Juni 2022

OJK Pede Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Terjaga

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan indikator perekonomian dan kinerja sektor jasa keuangan masih terjaga dengan baik di tengah dinamika ekonomi global.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Sunter Lakeside Hotel Catat Peningkatan Gross Profit 12,18 Persen pada 2021

PT Sunter Lakeside Hotel Tbk konsisten meningkatkan kinerja bisnis seiring dengan perkembangan industri perhotelan yang kian pulih.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Simak 5 Aset Kripto yang Berpotensi Bullish pada Pekan Ini

Pergerakan pasar aset kripto memasuki tengah pekan ini masih terlihat stagnan, namun cenderung menurun.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Allianz Life Bukukan Premi Rp 3,8 Triliun di Kuartal I 2022

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) membukukan pendapatan premi bruto atau gross written premium (GWP) Rp 3,8 triliun di kuartal I 2022

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pertalite Dibatasi, Ini Kelebihan dan Kekurangan MyPertamina

Pengguna Pertalite perlu mendaftarkan di sistem MyPertamina dan memahami penggunaannya serta fitur-fitur menarik di dalamnya.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

Tokopedia baru saja meluncurkan Spot Award, sebuah program untuk mengapresiasi karyawan-karyawan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

PUPR Tetapkan Tiga Pemenang Sayembara Rancang Kawasan IKN

Ibu Kota Negara (IKN) akan dibangun secara bertahap hingga 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Imbas Kenaikan Bunga Fed Arus Kas Bukalapak Makin Kuat, Lo?

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menyatakan kenaikan suku bunga Federal Reserve AS (the Fed) baru-baru ini berdampak positif terhadap kas perseroan.

EKONOMI | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 29 Juni 2022

Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 29 Juni 2022

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings