Logo BeritaSatu

Minat Milenial Menjadi Pelaku Bisnis Tinggi, Simak Tipsnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 12:48 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Meski status endemi belum diputuskan WHO dan pemerintah Indonesia, tetapi gegap gempita bisnis skala UMKM, menengah, dan besar tak bisa dibendung, termasuk bisnis waralaba atau franchise. Salah satu kelompok yang memiliki minat tinggi menjadi pelaku bisnis adalah generasi muda dan milenial.

Berdasarkan penelitian Asia pacific Young Enterpreneurs Survey 2021 menunjukkan, 72% generasi Z dan milenial di Asia Pasifik ingin menjadi pengusaha. Mereka bahkan disebut lebih berani mengambil risiko.

Survei lain dari perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition menunjukkan hampir 9 dari 10 atau 87% responden percaya bahwa usia terbaik memulai bisnis adalah di bawah 40 tahun. Rata-rata usia terbaik yakni 27 tahun.

Milenial dan generasi Z mendominasi sebagai pelaku bisnis. Kebanyakan mereka memilih bisnis franchise karena sistem bisnis yang sudah terbangun dan praktis.

Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI) memberikan tips untuk menemukan peluang usaha. Selain memahami kebutuhan pasar, calon pengusaha juga harus memiliki pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalaninya. "Semua bisa dipelajari, mulai dari mengikuti seminar kewirausahaan, atau mengikuti media sosial influencer pebisnis," kata keterangan resmi WALI yang diterima Jumat (3/6/2022).

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan peluang bisnis yang relevan dengan minat.

1. Buka mata lebar-lebar
Sebenarnya, peluang untuk bisnis bisa datang saat kita tidak mengharapkannya. Misalnya, saat bertemu rekan dekat. Berbincang dengan teman baru atau teman lama bisa membuka pola pikir dan saling bertukar informasi. Jika melihat lebih dalam, terkadang potensi usaha tersebut muncul.

2. Jaga pikiran tetap prima
Mata kita harus terbuka untuk membaca peluang baru. Jangan sampai kehilangan peluang karena pola pikir kita. Ketika pola pikir kita terbuka, maka banyak hal yang ingin dicoba kemudian memunculkan ide bisnis yang bahkan belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Sebaliknya, jika pikiran kita tertutup terhadap peluang, otak hanya sibuk untuk memikirkan kegagalan usaha yang bahkan belum pernah kita jalani.

3. Berlatih untuk maju
Six sense atau indera ke-6 mungkin dibutuhkan untuk menentukan usaha apa yang akan kita jalani. Untuk berlatih menjaga mata tetap terbuka, coba ingatkan diri kita untuk mencari peluang di tempat yang tidak terduga. Misalnya, saat berjejaring di sebuah ajang pameran, konferensi, atau kegiatan apapun. Keluarlah dari zona nyaman kita untuk bertemu rekanan baru bahkan di luar bidang kita.

FLEI sarana wirausaha
Sementara Ketua Umum WALI Tri Raharjo mengungkapkan, Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada 3 – 5 Juni 2022 memberikan peluang bagi pelaku bisnis masa kini.

FLEI adalah sebuah pameran berbasis “ekosistem peluang bisnis” yang membantu mempertemukan antara pemilik waralaba dan calon pewaralaba. Menciptakan koneksi, membangun komunikasi, menemukan peluang, mengambil keputusan memulai usaha atau meningkatkan pendapatan.

"FLEI diharapkan bisa menambah wawasan baru, sekaligus memberikan update terkini seputar dunia waralaba dan berbagai peluang bisnis lainnya agar dapat menumbuhkan pelaku usaha baru di Indonesia," kata dia.

Adapun brand franchise yang dimiliki oleh para milenial, di antaranya MangGang Beef Grilled Bowl, Kopi Anak Monopole, Sour Sally Group, Raja Se’i, Burger Bangor, Bakso Aci Akang dan masih banyak lagi.

Berkembangnya bisnis berbasis waralaba membuat rantai pasokan di berbagai jenis ikut berkembang. Contohnya seperti bisnis peralatan dapur modern, peralatan kedai kopi, penyedia bumbu masak siap saji, jasa cloud kitchen atau ghost kitchen. Cloud kitchen atau ghost kitchen merupakan bisnis model dapur bersama yang menyediakan fasilitas untuk memproduksi makanan dari berbagai merek kuliner.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

100 Hari Kerja Mendag, Pelaku Usaha Beri Nilai Biru untuk Rapor Zulhas

Pelaku usaha memberikan penilaian Kemendag di bawah pimpinan Menteri Zulkifli Hasan dengan nilai biru untuk rapor 100 hari kerja.

EKONOMI | 26 September 2022

Ini 3 Pesan Erick Thohir untuk Para Direktur BUMN

Sebagai Menteri BUMN dan pebisnis, Erick Thohir punya tiga pesan penting bagi direksi BUMN di tengah meningkatnya potensi ekonomi digital.

EKONOMI | 26 September 2022

Pengelolaan Keuangan Masyarakat Indonesia Makin Digital

Studi Visa mengungkapkan, dengan digitalisasi, kemampuan konsumen dalam pengelolaan keuangan semakin baik.

EKONOMI | 26 September 2022

Keren, Penjualan Rumah Tidak Terpengaruh Kenaikan Harga BBM

Kenaikan harga BBM tidak berpengaruh banyak terhadap sektor properti. Buktinya, 300 unit rumah di Kartika Residence, ludes terjual dalam kurun waktu sehari.

EKONOMI | 26 September 2022

Transaksi Aset Kripto Agustus Kecil Banget, Cuma Rp 16,9 T

Jumlah transaksi aset kripto bulan Agustus 2022 hanya mencapai Rp 16,9 triliun, atau ambles hingga 80% dibandingkan Agustus 2021.

EKONOMI | 26 September 2022

IHSG Sesi I Babak Belur, Sektor Energi Anjlok Hampir 4%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 1,22% ke kisaran 7.090,99 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (26/9/2022).

EKONOMI | 26 September 2022

Praktis, Ini Cara Temukan Peluang Trading dengan Mudah

Sinyal trading yang andal dapat mengurangi risiko karena diperbarui secara real time berdasarkan fluktuasi market.

EKONOMI | 26 September 2022

Viral Beda Warna Pertalite Lama dan Baru, Ini Kata Pertamina

Corsec Pertamina Patra Niaga mengatakan warna asli Pertalite adalah bening. Pewarna yang diberikan untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros.

EKONOMI | 26 September 2022

Dukung Ekonomi Digital, BUMN Perkuat Sinergi dengan Startup

Kementerian BUMN menggelar BUMN Startup Day dalam rangka memperkuat sinergi antara BUMN dan startup.

EKONOMI | 26 September 2022

Modal Ventura di Bawah BUMN Sudah Investasi di 336 Startup

Erick Thohir mengungkapkan, lima venture capital di bawah BUMN berada di bawah Bank Mandiri, BNI, BRI, Telkom, dan Telkomsel.

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Luncurkan Laserin Madu Orange, Mecosin Gelar Penanaman Pohon Jeruk

Luncurkan Laserin Madu Orange, Mecosin Gelar Penanaman Pohon Jeruk

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings