Logo BeritaSatu

Pandemi Segera Berlalu, Bisnis Kembali Bergerak Kencang

Senin, 6 Juni 2022 | 07:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Denpasar, Beritasatu.com - Saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia dan berbagai negara hampir berakhir. Sejalan dengan itu, bisnis mulai bergerak sehingga dunia kembali normal.

“Musim dingin segera berlalu, dan musim semi segera tiba. Semua orang akan kembali berbisnis, kembali bekerja, sehingga kami berharap dunia dapat segera kembali normal,” kata Sekretaris Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP) Jony Oktavian Haryanto di sela International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE), ajang yang mempertemukan kalangan akademisi dengan praktisi bisnis dan kalangan pemerintahan di Bali seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya Senin (6/6/2022).

Ini adalah enam kali berturut-turut Fakultas Bisnis, Presiden University (PresUniv) menggelar ICFBE, yang sudah dimulai sejak tahun 2017. Lebih 100 peserta berpartisipasi dalam ajang ini. Selain dari Indonesia, mereka datang dari Amerika Serikat, Belanda, Hungaria, Belgia, Tiongkok, India, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S. Lukman yang menjadi pembicara dalam konferensi internasional ini, memaparkan bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya tren perubahan perilaku konsumen. Banyak konsumen lebih memperhatikan asal produk, kemasan, keamanan makanan, lebih menyukai home delivery, dan makanan yang meningkatkan imunitas. “Mereka mengurangi jajanan pinggir jalan,” ucap Adhi.

Ia juga memaparkan berkembangnya tren baru, yakni plant-based food atau makanan yang berasal dari sumber-sumber nabati. "Kelas menengah ke atas cenderung memilih makanan lebih sehat dan kebanyakan untuk diet. Ini menjadi kesempatan bagi pelaku bisnis makanan dan minuman untuk melakukan inovasi," kata dia.

Isu lain yang dibahas dalam konferensi internasional kali ini adalah dampak pandemi terhadap wanita dan entrepreneurship. Direktur Women’s Entrepreneurship Research Alliance dan pakar manajemen dari Deakin University, Australia Dr. Andrea North-Samardzic, memaparkan hasil risetnya.

Menurutnya pandemi lebih berdampak kepada perempuan ketimbang laki-laki. “Namun, ini justru membuat wanita memiliki peluang lebih besar untuk berkembang dan melatih ketahanan asalkan mereka mampu melihat hal itu sebagai tantangan dan peluang,” tegas dia.

Sementara terkait isu entrepreneurship, Direktur Center for Entrepreneurship and Economic Education di Hawaii Pacific University, Amerika Serikat (AS), Gerard H. Dericks memberikan beberapa tips untuk menjadi pengusaha yang sukses. “Cobalah menemukan hal yang dapat kita nikmati saat kita melakukannya. Lalu, lakukan usaha lebih yang lebih keras,” kata dia.

Baca selanjutnya
Bagi para profesional yang ingin merintis karier sebagai pengusaha, Dericks menyarankan, ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pemerintah Diminta Hapus Pembayaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap Eks BLBI

Hardjuno Wiwoho meminta pemerintah fokus pada upaya penghapusan pos pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Penunjukkan Mantan Petinggi Google dan Tokopedia untuk Rebranding Fazz

Fazz kini punya dua eksekutif senior yang ditunjuk untuk melaksanakan rebranding perusahaan.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Mendesak

Burhanuddin Muhtadi mengatakan, responden yang menginginkan pengendalian harga-harga kebutuhan pokok dalam survei betul-betul dominan mencapai 42,9%.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Terapkan Praktik Tambang Baik, PPA Diapresiasi ESDM

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) mendapatkan penghargaan pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) terbaik dari Kementerian ESDM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Tidak Hanya MBR, Kelas Menengah Butuh Stimulus Perumahan

Kebijakan dan stimulus perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dinilai perlu diperluas untuk kelas menengah.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings