Logo BeritaSatu

Sucor Sekuritas Hadirkan Kafe Saham Pertama di Bandung

Selasa, 7 Juni 2022 | 12:20 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Sucor Sekuritas kembali melakukan ekspansi dengan meresmikan kafe saham pertama di Bandung, Jawa Barat bernama Spot Café Bandung yang berlokasi di Blue Doorz 2, Karang Tineung. Kafe ini akan menjadi wadah para investor bertransaksi, bertukar informasi, sekaligus memperdalam literasi keuangan warga Bandung.

"Konsep kafe saham diharapkan mampu mengedukasi masyarakat dengan pasar modal karena pendekatan gaya hidup dan nilai tambah yang diberikan pada investor," kata CEO Sucor Sekuritas Bernadus Wijaya dalam keterangan resmi, Selasa (7/6/2022).

Selain itu, konsep ini juga bisa menjadi metode preventif yang menjauhkan masyarakat dengan investasi bodong atua judi berkedok investasi. Untu itu membangun mindset atau pola pikir yang benar agar terhindar dari jerat investasi sangat penting. "Investasi dan literasi keuangan melalui Spot Café Bandung diharapkan menekan jumlah korban investasi bodong," kata Bernadus yang menulis buku Merdeka Finansial dengan Investasi Saham ini.

Sejalan dengan hal itu, Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal KR 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tjandra Nyata Kusuma mengatakan kafe saham ini diharapkan dapat mendongkrak perkembangan pasar modal Indonesia yang sudah bertumbuh pesat sepanjang tahun 2021 hingga April 2022. Menurut dia, literasi keuangan perlu lebih digalakkan pada generasi muda mengingat secara demografi per akhir April 2022 jumlah investor pasar modal didominasi investor dengan pendidikan terakhir SMA yang mencapai 60,57% dengan nilai aset saham Rp 160,69 triliun serta nilai aset reksa dana Rp 38,08 triliun.

Di sisi lain tak dapat dipungkiri, jumlah investor pulau Jawa menjadi yang terbesar. Menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Februari 2022, 69,82% investor berada di pulau Jawa dengan total aset mendominasi sekitar 96,15%. Di akhir 2021, Kota Bandung memegang andil terbesar se-Jawa Barat dengan total peningkatan jumlah investor 153,07%. Berdasarkan hal tersebut, Bandung saat ini memiliki 705.265 investor dengan 308.000 di antaranya investor milenial atau gen Z. "Kota Bandung saat ini memiliki 308.000 investor gen Z,” ungkap Kepala BEI Jawa Barat Reza Sadat Shahmeini.

Berdasarkan hal tersebut, roadshow bedah buku Merdeka Finansial ke-2 pun kembali diselenggarakan untuk mendukung upaya meningkatkan kesadaran berinvestasi di pasar modal.

Dengan dukungan otoritas dan Sucor Sekuritas, mungkin saja kota Bandung yang selama ini terkenal dengan sebutan “Bandung Lautan Api”, suatu hari bisa saja mendapat julukan baru, yaitu “Bandung Lautan Investor”.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Dorong Negara Uni Eropa Investasi di Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong negara Uni Eropa untuk berinvestasi di Jateng, khususnya di bidang high technology.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Pastikan Kartu Prakerja Berlanjut di 2023

Airlangga menegaskan, pemerintah akan menambah anggaran kartu prakerja sebesar Rp 5 triliun dengan target peserta 1,5 juta orang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Telkom Pastikan Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi KTT G-20

PT Telkom Indonesia memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Rangkul Startup, Mandiri Capital Luncurkan Program Xponent

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) meluncurkan program Xponent sebagai bentuk dukungan terhadap ekosistem digital di tanah air.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

BLT Jadi Katalis Positif Tingkat Kepuasan untuk Jokowi

BLT ke masyarakat kecil di tengah kenaikan harga BBM memberikan memberikan katalis positif terhadap peningkatan kepuasan bagi Jokowi.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Askrindo Pangkas Portofolio Produk Asuransi Kredit

PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) mulai menghentikan pemasaran produk asuransi kredit konsumtif sejak 2021.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Centratama Borong 397 Menara PTAC Senilai Rp 1,17 Triliun

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) mengakuisisi 397 menara telekomunikasi PT Anugerah Communication (PTAC) senilai Rp 1,17 triliun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Pasar Kripto Perlahan Mulai Bangkit Menuju Zona Hijau

Pergerakan pasar kripto mengikuti performa apik di indeks saham AS, yang mulai bangkit kembali melaju ke zona hijau.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sektor Teknologi Penopang Kenaikan IHSG ke7.065 di Sesi I

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 150,4 miliar saham senilai Rp 7,6 triliun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Tingkatkan Produksi, Dewi Shri Bangun Peternakan Baru

PT Dewi Shri Farmindo Tbk (DEWI) sedang mempersiapkan pembangunan peternakan kedua di Kabupaten Cianjur.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

Polda: Lesti Kejora Terbaring Lemah dengan Leher Digips

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings