Logo BeritaSatu

Unilever Agresif Garap Pasar Digital Lewat Kanal E-Commerce

Kamis, 16 Juni 2022 | 11:41 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencatatkan kinerja positif pada kuartal I 2022 meski dalam dua tahun ke belakang menghadapi tantangan bisnis yang kompetitif dampak dari pandemi Covid-19.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Ira Noviarti bersama seluruh jajaran direksi perseroan melempar sinyal optimisme atas peluang pertumbuhan berkelanjutan bagi Unilever di masa depan, termasuk pada segmen konsumen premium yang tumbuh lebih agresif dibanding segmen menengah.

"Pada tahun 2025, kelas menengah-keatas akan mencapai lebih dari setengah populasi, dengan sekitar 68% dari populasi tinggal di daerah perkotaan," kata Ira dalam keterangan tertulis kepada Beritasatu.com, Kamis (16/6/2022).

Ira menjelaskan, dalam menjabarkan two speed of economi yang terjadi di Indonesia saat ini, perseroan perlu menghadirkan portofolio yang lengkap serta profitabilitas yang optimal.

"Konsumen kelas menengah secara jumlah memang mayoritas, namun rentan terhadap tekanan daya beli. Untuk itu, perseroan akan tetap menjaga tersedianya opsi produk yang lebih terjangkau," jelasnya.

Di sisi lain, tambah Ira, Unilever juga menangkap bahwa segmen kelas atas tumbuh pada tingkat yang jauh lebih cepat, yang dilihat perseroan sebagai sebuah peluang.

"Dengan pertumbuhan konsumen menengah ke atas yang berkelanjutan ini, kami melihat premiumisasi akan menjadi lokomotif pertumbuhan dalam 5 tahun ke depan. Untuk segmentasi konsumen yang lebih besar, perseroan menyediakan paket dan harga yang sesuai untuk mendorong peningkatan pangsa pasar sekaligus menyesuaikan ukuran keranjang konsumen. Kami juga menyediakan portofolio yang berbeda dengan segmen harga yang lebih rendah," tambahnya.

Unilever Agresif Garap Pasar Digital Lewat Kanal <em>E-Commerce</em>
PT Unilever Indonesia Tbk bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali menggelar program Gerakan Masjid Bersih (GMB). Ditargetkan Sebanyak 30.000 masjid tetap higienis dan terjaga selama Ramadan tahun ini.


Dalam Paparan Publik yang dilaksanakan Rabu (15/6/2022), Unilever memaparkan pada kuartal pertama tahun 2022 berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 2 triliun, atau bertumbuh sebesar 19,0% year on year (termasuk penyesuaian satu kali atas central service fee 2021), yang mana di luar penyesuaian tersebut laba bersih bertumbuh sebesar 4,8%.

Menguatnya fundamental tersebut menjadi kunci pertumbuhan Unilever Indonesia. Di kuartal pertama, distributive trade perseroan mencatatkan pertumbuhan double digit, sementara channel e-commerce menggandakan kinerja dengan bertumbuh sebesar 100%.

Adapun divisi yang berhasil mendorong pertumbuhan perseroan adalah divisi food, beverage, personal care, dan Unilever Foods Solution (UFS). Sementara, brand Royco, Bango dan Buavita menjadi penopang utama pertumbuhan divisi food dan beverage.

Demikian juga halnya dengan divisi personal care yang berhasil membukukan pertumbuhan penjualan didorong oleh kinerja yang kuat dari kategori oral care dan deodorant.

Hasil yang membanggakan juga ditunjukkan oleh Unilever Foods Solution (UFS) yang bertumbuh sebesar 25%. Kinerja ini berhasil membawa UFS pada posisi yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Baca selanjutnya
Ira menekankan, awal yang kuat harus dibarengi dengan strategi dan eksekusi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Indico yang merupakan entitas anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Perkuat Jaringan, Samanea Group Gandeng 9 Peritel Global

Samanea Group mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce kuat di Samanea Hybrid Trade Outlet.

EKONOMI | 27 November 2022

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 menghadirkan kegiatan Eco Market menampilkan UMKM yang menawarkan produk batik eco print.

EKONOMI | 27 November 2022

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Babak Pertama, Spanyol vs Jerman Masih Imbang Tanpa Gol

Babak Pertama, Spanyol vs Jerman Masih Imbang Tanpa Gol

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE