Logo BeritaSatu

Milenial Didorong Bangun Agribisnis Kopi hingga Pasar Dunia

Sabtu, 18 Juni 2022 | 07:18 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Tak dapat dipungkiri komoditas kopi selalu menjadi sorotan baik di dalam maupun luar negeri, tak hanya soal rasa, pasarnya pun turut menarik perhatian dunia.

Namun berbagai tantangan banyak dihadapi saat ini, salah satunya adalah bagaimana meningkatkan kompetensi SDM pertanian khususnya generasi muda agar mampu mengembangkan dan memasarkan produk kopi Indonesia hingga mancanegara.

Advertisement

Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan tengah memfokuskan pembinaan SDM dalam setiap kebijakan.

"Salah satu tantangan signifikan yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan minat dan kemauan para pekebun terutama di kalangan generasi muda untuk membesarkan agribisnis kopi secara luas. Di sinilah pentingnya akademisi untuk mencetak SDM yang unggul di sektor pertanian, khususnya perkebunan," ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dedi Junaedi, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (15/6/2022).

Menurut Dedi, upaya peningkatan kompetensi generasi muda dalam pengembangan hilirisasi kopi Indonesia dilakukan agar semakin dikenal pasar dunia serta diharapkan mampu memberikan kontribusi besar untuk pertanian Indonesia bahkan perekonomian nasional.

“ Kami mendukung berdirinya Nestra Academi, dalam meningkatkan kapasitas SDM, bukan hanya untuk SDM mahasiswa yang mau "melek" inovasi dan teknologi tetapi juga diharapkan seluruh SDM masyarakat Indonesia di berbagai provinsi, bisa mendapatkan bekal yang baik dalam setiap pelatihan dan pendidikan yang dilaksanakan oleh Nestra Academy," ujar Dedi

"Saya yakin kita mampu mencetak SDM perkebunan yang handal dan berdaya saing. Kami Jajaran Kementerian Pertanian khususnya Ditjen Perkebunan akan mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan yang diinisiasi Nestra Academi kedepannya, tentunya dengan semangat dan tujuan menyebarkan ilmu untuk mencerdaskan generasi muda milenial bangsa utamanya meningkatkan kompetensi generasi muda untuk SDM komoditas kopi," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Senior Advisor Nestra Academi, Eka Yuli Astuti menyampaikan, bahwa pihaknya siap mendukung dan mencetak generasi muda dari kalangan mahasiswa agar memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang kewirausahaan.

“ Upaya ini diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru serta menciptakan research community environtment di kalangan generasi muda agar dapat menularkan pengetahuan dan skill-nya di daerah masing-masing," ujarnya.

Eka turut mengapresiasi dan berterimakasih atas Dukungan Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan yang telah mendampingi dan memberikan berbagai masukan berharga terutama di bidang inovasi teknologi dan hilirisasi kopi.

Ia menjelaskan bahwa, layanan Nestra Academi, berupa kebijakan mutu skema sertifikasi profesi yang meliputi uji kompetensi sertifikasi profesi dan pelatihan kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) seperti barista kopi ,program TOT untuk mempersiapkan pelatih (fasilitator) yang memenuhi standar dan terakreditasi (diberikan sertifikat akreditasi fasilitator), serta kegiatan test question conference (TQC) yang diikuti peserta ahli perwakilan dari stakeholder (dewan sertifikasi).

"Kami mengharapkan kedepannya akan terdapat kolaborasi yang lebih teknis antara Nestra Academi, PT Nestra Kottama Indonesia, Universitas Negeri Semarang dan Direktorat PPH Perkebunan terutama dalam peningkatan peran akademisi dalam hilirisasi kopi," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tada Meraih 5 Penghargaan Tertinggi Tingkat Asia Pasifik

Tada, penyedia solusi dan platform Loyalty & Rewards di Indonesia, meraih 5 penghargaan tertinggi di tingkat Asia Pasifik. 

EKONOMI | 14 Agustus 2022

IPO, Black Diamond Resources Bidik Dana Segar Rp 227 Miliar

Calon emiten batu bara, PT Black Diamond Resources Tbk (COAL) bersiap menggelar Initial Public Offering (IPO) dengan mengincar dana Rp 227,50 miliar.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

IISIA Apresiasi Gebrakan Mendag Sita Baja Impor Asal Tiongkok

Aosiasi Industri Baja Indonesia (IISIA) mengapresiasi upaya Kemendag dalam menindak pelaku impor baja yang melanggar aturan.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Perkuat Dana Murah, Bank Mega Bidik Tabungan Tumbuh 5%

PT Bank Mega Tbk (MEGA) menyatakan hingga Agustus 2022 total tabungan mencapai Rp 14,4 triliun.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Entitas Syariah Wanaartha Life Dilirik Investor Qatar

Calon investor asal Qatar dikabarkan tertarik untuk masuk ke entitas syariah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Ketidakpastian Ekonomi Tinggi, Begini Cara Emiten Pacu Kinerja

"Situasi saat ini memang challenging, sehingga dinamika ekonomi akan semakin terasa,” jelas Eko di acara "Emiten Talk" di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Kemenhub Putuskan Tunda Pemberlakuan Tarif Baru Ojol

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penundaan terhadap pemberlakukan tarif baru ojol atau ojek daring (online).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tembus Rp 11 Triliun

Bank DKI mencatat jumlah transaksi QRIS melalui JakOne Mobile tumbuh 29,42% secara tahunan atau year on year (yoy) per Juli 2022.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Tinjau Pasar, Mendag Zulkifli Hasan: Harga Bapok Stabil

Mendag Zulkifli Hasan kembali meninjau harga barang kebutuhan pokok (bapok), termasuk memastikan ketersediaan minyak goreng.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

FSC Forest Week Kampanyaken Produk Hutan Berkelanjutan

Lewat FSC Forest Week 2022, Tetra Pak memastikan bawah bahan baku kemasan karton perusahaan berasal dari hutan berkelanjutan.

EKONOMI | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings