Logo BeritaSatu

IKN Pindah, Bogor Jadi Pusat Pertumbuhan Residensial

Rabu, 22 Juni 2022 | 12:39 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Fokus DKI Jakarta menjadi pusat ekonomi dan bisnis pascaperpindahan ibu kota negara (IKN) bakal mendorong pertumbuhan wilayah-wilayah penyangga. Wilayah selatan DKI Jakarta diproyeksikan bakal menjadi pusat pertumbuhan residensial dan pariwisata.

Ketua Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Apindo Sanny Iskandar menjelaskan, pengembangan wilayah-wilayah penyangga DKI Jakarta juga akan seturut dengan karakteristik wilayahnya masing-masing.

Advertisement

"Di kawasan barat Jakarta, wilayah Serpong Tangerang sudah lebih dulu menjadi pusat residensial, dan mulai berkembang menjadi wilayah perdagangan. Sementara, di kawasan timur Jakarta wilayah Kota Bekasi juga bahkan saat ini sudah padat. Lebih jauh lagi ke Cikarang sudah menjadi kawasan industri. Nah, di selatan cocok untuk pengembangan residensial, pariwisata,” jelas Sanny, dalam Forum Group Discussion (FGD) "Membedah Peluang Pengembangan Properti Residensial di Kawasan Sunrise" di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Jika dibandingkan dua wilayah penyangga tersebut, Sammy menambahkan, Bogor memang memiliki keunggulan misalnya dari topografi wilayahnya yang berada di pegunungan, dan memberikan kesejukan yang menjadi nilai tambah buat kawasan-kawasan hunian yang dibangun di sana.

Keunggulan-keunggulan ini yang menurut Sanny bakal mendorong pergeseran pertumbuhan properti residensial mengarah ke Bogor. Apalagi sejumlah pengembang-pengembang besar saat ini juga mulai membidik Bogor sebagai target ekspansinya, terutama di segmen hunian menengah atas.

Merujuk data Indonesia Property Market Index kuartal IV-2021, pencarian rumah di Bogor tumbuh paling pesat dibandingkan wilayah-wilayah lain di Jabodetabek mencapai 21,84%. Menariknya pencarian rumah tertinggi berada pada segmen rumah menengah atas dengan kisaran harga Rp 1,5 miliar hingga Rp 4 milliar.

Pengamat Properti Ali Tranghanda dalam kesempatan serupa menjelaskan, sejatinya wilayah Bogor memang saat ini tengah mengalami fase sunrise pada sektor properti residensial. Karena wilayah Bogor memiliki potensi besar untuk tumbuh, namun relatif terlambat jika dibandingkan wilayah penyangga lainnya.

"Kalau dilihat, pengembangan Jakarta terlebih dahulu berkembang ke arah barat, di Tangerang, Banten, kemudian ke timur, Bekasi. Nah yang ke mengarah ke selatan ini sebenarnya cukup menantang karena wilayah ini punya potensi tapi mengapa belum berkembang jika dibandingkan wilayah lain?” jelas Ali.

Salah satu alasan utamanya adalah minimnya penetrasi pasokan hunian di wilayah Bogor jika dibandingkan Tangerang dan Bekasi. Ali menjelaskan, baru dalam beberapa tahun belakangan misalnya saat Summarecon Group, atau Sentul Group, dan beberapa pengembang besar lainnya mulai membangun kawasan flagship di Bogor, pertumbuhan mulai bergerak.

Namun, menurut Ali pengembangan yang dilakukan dua pengembang besar tersebut relatif cukup jauh dari Jakarta, sehingga belum memiliki kontribusi yang besar terhadap pengembangan wilayah. Pasalnya, konektivitas dengan Jakarta tetap menjadi faktor penting pengembangan wilayah penyangga.

Ali bilang pertemuan antara utara Bogor dan selatan Jakarta menjadi wilayah yang tepat untuk memicu pertumbuhan di selatan Jakarta.

"Ada gap antara Jakarta dengan Bogor, pengembang-pengembang yang ada saat ini seperti Sentul, kemudian Summarecon Bogor itu menurut saya masih cukup jauh dari Jakarta. Nah di sana masih ada kekosongan di wilayah seperti Cimanggis yang potensinya sangat besar sekali untuk dikembangkan,” sambungnya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

Menara BRILian yang bernuansa green and smart building ini dibangun di lahan seluas 8200 M2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Astra Life Konsisten Lanjutkan Inovasi Layanan Digital

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) resmi meluncurkan aplikasi mobile MyAstraLife sebagai upaya memperkuat inovasi pelayanan nasabah berbasis digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Cakep! Premi Asuransi Perjalanan Jasindo Tumbuh 565%

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatatkan pertumbuhan 565% secara tahunan atau year on year (yoy) di lini bisnis asuransi perjalanan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Digitalisasi BPR, Komunal Luncurkan Fitur E-Deposito

DepositoBPR by Komunal meluncurkan fitur terbaru E-Deposito untuk mendukung seluruh BPR semakin maju secara digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, BTN Tawarkan KPR Edisi Khusus Kemerdekaan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memiliki cara tersendiri untuk memperingati HUT ke-77 RI.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Pangdam XIV Hasanuddin Jamin Stabilitas Keamanan Smelter Nikel CNI Group

Menurut Mayjen TNI Andi Muhammad, proyek smelter nikel CNI Group wajib untuk dilindungi karena proyek ini didukung penuh oleh negara.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

SIG Resmikan Bantuan Pembangunan Masjid di Gresik

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meresmikan bantuan pembangunan taman pendidikan al-qur'an dan renovasi masjid.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Menteri Airlangga Dorong Japnas Kembangkan Beragam Industri Usaha

Airlangga Hartarto mengatakan berbagai upaya pemerintah mendorong pemulihan ekonomi membutuhkan seluruh stakeholder, termasuk Japnas.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Kenakan Baju Rote ke Istana, Erick: Sejalan Presidensi G-20

Erick menyebut pakaian adat Pulau Rote memiliki pesan kuat yang selaras dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Kenaikan Harga BBM Kerek Inflasi, Seberapa Besar Dampaknya?

Harga BBM berpotensi mengerek inflasi sehingga ini yang kemudian dikhawatirkan justru akan berdampak terhadap kenaikan harga barang lain.

EKONOMI | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT ke-77 RI, Puan Ajak Anak Bangsa Bangun Kekuatan Nasional

HUT ke-77 RI, Puan Ajak Anak Bangsa Bangun Kekuatan Nasional

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings