Logo BeritaSatu

UNESCO Apresiasi Terobosan dan Inovasi Kartu Prakerja

Rabu, 22 Juni 2022 | 21:33 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Marrakesh, Beritasatu.com - Program kartu prakerja, sebuah inovasi Indonesia yang diluncurkan sehari setelah pembatasan mobilitas masyarakat 26 bulan lalu, mendapat sambutan positif dalam International Conference on Adult Education ke-7 (Confintea VII) di Maroko, yang diikuti Negara-negara anggota UNESCO, Jumat pekan lalu (15-17/06/2022).

Langkah strategis pemerintah Indonesia menjawab tantangan peningkatan kompetensi, produktivitas, daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang terintegrasi dengan skema perlindungan sosial, merupakan inovasi yang positif.

Advertisement

Lewat transformasi digital, program kartu prakerja terbukti berhasil menjadi salah satu penyokong masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mendapat kehormatan untuk memaparkan program kartu prakerja pada sesi utama panel ke-4 dengan tema Preparing Adults For The Future, kepada para panelis secara daring.

Presentasi yang dipaparkan Airlangga, ditanggapi dengan baik oleh para perwakilan dari lembaga internasional serta pemimpin internasional dari pembuat kebijakan pendidikan orang dewasa di seluruh dunia.

Program kartu prakerja yang dipresentasikan, telah diteliti secara independen, baik oleh peneliti nasional maupun internasional, seperti Bank Dunia, United Nations Development Programme (UNDP dan The Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab Southeast Asia (J-PAL SEA). Para peneliti tersebut menilai, program kartu prakerja memiliki konsistensi yang positif.

Airlangga menjelaskan, sebagai program bantuan tunai bersyarat, Kartu Prakerja tidak hanya membantu pekerja terkena PHK dan memberi mereka kesempatan untuk meningkatkan keterampilan sebelum kembali bekerja, tapi secara umum juga membantu menciptakan wirausaha.

Insentif yang diberikan setelah mereka menyelesaikan pelatihan, terbukti justru memperkuat daya beli mereka di masa pandemi, karena mayoritas mereka menggunakannya untuk membeli bahan makanan.

"Ada sekitar 12,8 juta lebih penerima kartu prakerja yang telah terlayani selama 26 bulan pelaksanaan program dan masih berlanjut hingga saat ini. Dimana semuanya dapat diselesaikan melalui smartphone," kata Airlangga.

Menanggapi pemaparan yang disampaikan Menko Airlangga, Menteri Pendidikan Kepulauan Solomon, Lanelle Olandrea Tanangada mengungkapkan program ini sangat menarik untuk diterapkan di Kepulauan Solomon.

"Program ini menghasilkan rincian spesifik atas persentase berbagai kelompok masyarakat, dan hal ini akan membantu kami mengidentifikasi masyarakat secara individu, tidak hanya di sektor formal, tapi juga mereka yang telah bekerja di sektor lain,” ujarnya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Kripto ETH Naik 90% dalam 30 Hari, Dampak dari Merge?

Ethereum telah menorehkan pertumbuhan yang menonjol di antara kripto utama lain, dengan tumbuh 90% dalam 30 hari.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Tada Meraih 5 Penghargaan Tertinggi Tingkat Asia Pasifik

Tada, penyedia solusi dan platform Loyalty & Rewards di Indonesia, meraih 5 penghargaan tertinggi di tingkat Asia Pasifik. 

EKONOMI | 14 Agustus 2022

IPO, Black Diamond Resources Bidik Dana Segar Rp 227 Miliar

Calon emiten batu bara, PT Black Diamond Resources Tbk (COAL) bersiap menggelar Initial Public Offering (IPO) dengan mengincar dana Rp 227,50 miliar.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

IISIA Apresiasi Gebrakan Mendag Sita Baja Impor Asal Tiongkok

Aosiasi Industri Baja Indonesia (IISIA) mengapresiasi upaya Kemendag dalam menindak pelaku impor baja yang melanggar aturan.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Perkuat Dana Murah, Bank Mega Bidik Tabungan Tumbuh 5%

PT Bank Mega Tbk (MEGA) menyatakan hingga Agustus 2022 total tabungan mencapai Rp 14,4 triliun.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Entitas Syariah Wanaartha Life Dilirik Investor Qatar

Calon investor asal Qatar dikabarkan tertarik untuk masuk ke entitas syariah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Ketidakpastian Ekonomi Tinggi, Begini Cara Emiten Pacu Kinerja

"Situasi saat ini memang challenging, sehingga dinamika ekonomi akan semakin terasa,” jelas Eko di acara "Emiten Talk" di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Kemenhub Putuskan Tunda Pemberlakuan Tarif Baru Ojol

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penundaan terhadap pemberlakukan tarif baru ojol atau ojek daring (online).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tembus Rp 11 Triliun

Bank DKI mencatat jumlah transaksi QRIS melalui JakOne Mobile tumbuh 29,42% secara tahunan atau year on year (yoy) per Juli 2022.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Tinjau Pasar, Mendag Zulkifli Hasan: Harga Bapok Stabil

Mendag Zulkifli Hasan kembali meninjau harga barang kebutuhan pokok (bapok), termasuk memastikan ketersediaan minyak goreng.

EKONOMI | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Warga Subang hingga Karawang Deklarasi Dukung Erick Thohir

Warga Subang hingga Karawang Deklarasi Dukung Erick Thohir

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings