Logo BeritaSatu

Kemenparekraf Targetkan Ekonomi Kreatif Ciptakan Banyak Lapangan Kerja Baru

Kamis, 23 Juni 2022 | 06:53 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan sektor ekonomi kreatif (ekraf) dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru.

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut target lapangan pekerjaan baru yang dibuka di sektor ekonomi kreatif pada tahun ini mencapai 700.000. Maka pihaknya pun tengah fokus membina dan mendampingi para pelaku ekraf khususnya UMKM, untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

"Bicara Kabupaten Cirebon tentu tidak lepas dengan empat hal ini. Topeng Cirebon, nasi jamblang, tahu gejrot, dan empal Gentong," kata dia saat workshop pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022 dalam keterangannya Rabu (22/6/2022).

Menurut Sandiaga, Kabupaten Cirebon sendiri merupakan lokasi ke-15 dari rangkaian program tersebut. Dengan kekayaan subsektor kriya, kuliner, dan seni pertunjukan tersebut, dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf).

"Saya tahu betul Pak Bupati, waktu itu, karena saya diberikan kesempatan membangun jalan Tol Cipali (Cikopo–Palimanan). Di sini saya menemukan banyak sekali UMKM yang bisa kita tingkatkan, karena memiliki begitu banyak ragam usaha, yang InsyaAlloh bisa membuka kesempatan kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja yang terbuka,” ujar Sandi.

Ia mengungkapkan, para pelaku usaha ekonomi kreatif tersebut akan membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan banyak.

"Tahun ini, kita targetkan penciptaan lapangan kerja sekitar 700.000 dari sektor ekonomi kreatif. Kami harapkan ini menjadi tatanan ekonomi baru dan membawa Cirebon InsyaAlloh segera bangkit dan pulih,” ungkap Sandi.

Sandi menambahkan, terkait dukungan pemasaran, Kemenparakraf secara inovatif menyelenggarakan bantuan pemasaran. Produk-produk pelaku usaha ekraf ditampilkan. Selain itu, Kemenparekraf mengakomodasi para pelaku usaha ekraf melalui proses on boarding digitalisasi kepada platform-platform yang ditujukan untuk meningkatkan pemasaran produk mereka.

"Kita sudah memiliki data bahwa order-order itu akan meningkat sekitar 20-30 % kalau di-endorse oleh kepala daerah dan tokoh masyarakat,” terang Sandi.

Sementara itu, tercatat 45 peserta yang mengikuti workshop tersebut. Mereka adalah pelaku usaha ekraf yang berada di Kabupaten Cirebon dari subsektor kriya, kuliner, dan seni pertunjukan. Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan juga dapat mengakselerasi pengembangan ekraf di Kabupaten Cirebon.

Kemenparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kabupaten Cirebon dengan mengikuti rangkaian kegiatan Penilai Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I), sehingga subsektor ekraf unggulan dapat terpetakan agar lebih fokus dan terarah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengekor Mata Uang Asia, Rupiah Naik di Awal Perdagangan

Pergerakan mata uang Garuda atau rupiah di tengah mata uang Benua Kuning yang berada di zona hijau.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Lanjutkan Tren Negatif, IHSG Melemah di Awal Perdagangan

IHSG di awal perdagangan bergerak fluktuatif pada rentang 6.841-6.892 dan mengikuti pergerakan bursa saham regional yang melemah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Meski Biaya Tinggi, Penerbitan Obligasi 2023 Tetap Marak

Di tengah era suku bunga tinggi yang memicu kenaikan cost of fund (beban biaya), penerbitan obligasi korporasi pada tahun 2023 tetap marak.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Bapanas Pastikan Cadangan Beras Pemerintah Tersedia

Pemerintah secara penuh menjamin dan memastikan ketersediaan beras di masyarakat secara berkelanjutan dengan mengamankan stok dan kesiapan CPP.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Dekati Rp 1.600 T, Penerimaan Pajak Sudah 106% dari Target

Capaian penerimaan pajak yang baik ini didukung kinerja ekonomi, implementasi UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) hingga berkah harga komoditas.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Transformasi Digital Perlu Akselerasi untuk Topang Ekonomi Nasional

Transformasi digital pascapandemi penting dilakukan karena saat ini teknologi bukan sekadar alat dalam operasional bisnis atau organisasi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

INA dan SWF Denmark Investasi Rp 7,8 Triliun di Energi Hijau

Indonesia Investment Authority (INA) dan SWF Denmark, Investment Fund for Developing Countries (IFU) menyepakati perjanjian investasi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Meski Naik, Harga Emas Masih di Bawah Level Psikologis

Harga emas naik di akhir perdagangan Selasa (6/12/2022), dari penurunan tajam sehari sebelumnya.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Di Bawah US$ 80, Minyak Jatuh ke Level Prakrisis Ukraina

Harga minyak jatuh ke tingkat terendah tahun ini, dengan Brent berakhir di bawah US$ 80 per barel untuk kedua kalinya pada tahun 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

IHSG 2023 Diramal 7.880 Ditopang Sektor Ini, Siap Dulang Cuan?

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2023 dapat mencapai 7.880.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mengekor Mata Uang Asia, Rupiah Naik di Awal Perdagangan

Mengekor Mata Uang Asia, Rupiah Naik di Awal Perdagangan

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE