Logo BeritaSatu

Pengamat: BUMN Perlu Turun Tangan Atasi Masalah Minyak Goreng

Kamis, 23 Juni 2022 | 15:16 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Masalah minyak goreng yang terjadi saat dinilai dapat diatasi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pasalnya peran BUMN saat ini cukup signifikan menyelesaikan sejumlah persoalan industri, terutama yang menyangkut pengelolaan sumber daya alam dan kepentingan publik.

Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin mengatakan pemerintah membutuhkan formula pasti dan sistematis untuk menyelesaikan kenaikan harga minyak goreng, terutama minyak goreng curah untuk rakyat. Alasannya, ancaman kenaikan harga dan kelangkaan produk sangat berpotensi terjadi lagi ke depan, jika perdagangan diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar.

“Indonesia memiliki BUMN yang dapat mengatasi masalah mulai dari hulu hingga distribusi minyak goreng. BUMN bisa bertindak lebih. Perlu ada solusi dari BUMN untuk mengatasi masalah minyak goreng ini,” jelas Gunawan Benjamin dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Gunawan menjelaskan selain sebagai perusahaan yang berorientasi bisnis, BUMN harus dapat menyediakan barang dan jasa ekonomis bagi masyarakat, serta mengelola sumber daya alam. Gejolak harga minyak goreng saat ini dan potensinya di masa mendatang, merupakan salah satu momentum bagi BUMN untuk aktif membantu pemerintah dalam menata kebijakan perekonomian.

Selain memang fungsinya, Gunawan menambahkan, dalam beberapa terakhir, sejak dijabat oleh Menteri BUMN Erick Thohir, BUMN telah berhasil mengatasi berbagai masalah baik ditingkat korporasi, maupun mencegah dampak negatifnya terhadap industri.

Lebih jauh, Gunawan memaparkan BUMN sebelumnya sudah menyelesaikan kasus-kasus cukup besar dan mampu mendukung stabilitas ekonomi. Dalam permasalahan minyak goreng, tambahnya lagi, peran BUMN sangat dibutuhkan.

Dia mencontohkan masalah PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang selama ini merugi telah melakukan perbaikan strategi bisnis secara-besar-besaran, termasuk Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang diyakini akan memperbaiki kinerja keuangan perusahaan. Perbaikan kinerja keuangan disusul dengan perbaikan layanan yang diterima masyarakat, serta mendorong pertumbuhan industri penerbangan Indonesia.

Selain itu, gebrakan perbaikan standardisasi operasional dan komersial menjadi salah satu fokus inisiatif strategis BUMN PT Pelindo (Persero) setelah merger pada Oktober 2021 lalu juga sangat signifikan mengurangi biaya logistik di Indonesia yang saat ini masih di sekitar 23% terhadap PDB berdasarkan data World Bank.

PTPN Group yang dalam belasan tahun terakhir menderita rugi, akhirnya mencetak rekor keuntungan pada tahun 2021. Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) berhasil membukukan laba bersih Rp 4,6 Triliun atau naik 508% di tahun 2021.

Perbaikan kinerja diperoleh setelah perusahaan melakukan transformasi bisnis sejak tahun 2020. Perbaikan keuangan PTPN Group diyakini akan mampu mendukung pengembangan industri tanaman perkebunan, seperti sawit, gula, karet, teh, dan sejumlah tanaman lain, serta berdampak positif bagi perekonomian nasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gaet MongoDB, Amar Bank Akselerasi Pengelolaan Data

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) bekerja sama dengan MongoDB untuk mengelola data non-relasional dalam jumlah besar.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perangi Kejahatan Kripto, Binance Gelar Pelatihan Penegakan Hukum

Inisiatif ini membantu memerangi kejahatan kripto dan merupakan bagian dari upaya konsisten Binance untuk membantu penegak hukum dan regulator.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Terapkan Tambang Berkelanjutan, Kinerja SIG Menuai Hasil

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih tiga penghargaan dari Kementerian ESDM pada ajang Good Mining Practices Award 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Harga Pertamax Turun Mengikuti Harga Minyak Mentah Dunia

Minyak mentah Brent dan WTI menyelesaikan kuartal ketiga dengan penurunan 23% dan 25%. Hal ini diikuti dengan turunnya harga pertamax.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gara-gara Inflasi, Investor Cari Aman di Investasi Emas

Harga emas merangkak naik pada akhir perdagangan Jumat, setelah angka inflasi AS Agustus secara mengejutkan lebih tinggi dari perkiraan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Di Bawah Tekanan Jual, IHSG Melemah 1,9% dalam Sepekan

IHSG terkoreksi sebesar 1,92% sepanjang pekan ini (26-30/9/2022) menjadi 7.040,798 dari posisi 7.178,583.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

Wall Street jatuh dalam perdagangan bergejolak pada hari Jumat (30/9/2022). Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah baru 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Bahan Baku Jadi Tantangan Target Ekspor Mebel US$ 5 Miliar

Target ekspor industri mebel dan kerajinan di Indonesia sebesar US$ 5 miliar pada 2024 membutuhkan pasokan bahan baku.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings