Logo BeritaSatu

Pemberdayaan UMKM Perempuan Dorong Daya Saing dan Ekspor

Kamis, 23 Juni 2022 | 21:46 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Visa, pemimpin pembayaran digital bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparakraf), Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemerintah daerah (Pemda) Bali memberdayakan UMKM perempuan dalam rangka mendorong daya saing dan ekspor pascapandemi. Hal ini diwujudkan dalam program literasi keuangan kampanye #IbuBerbagiBijak, yang bertujuan memberdayakan pelaku usaha perempuan memiliki keterampilan manajemen keuangan lebih baik guna mendukung bisnisnya.

Pada tahun ini, program akan berlangsung di Bali menghadirkan rangkaian hybrid workshop manajemen keuangan dan usaha kecil untuk 500 pelaku UMKM perempuan di Badung dan Denpasar, sekaligus memberikan kesempatan mereka mengakses pasar lebih luas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengatakan, masalah pelatihan, perizinan, pemasaran, dan pembukuan keuangan yang baik menjadi salah satu tantangan bagi UMKM. "Perlu kita tingkatkan kemampuan sumber daya manusia, khususnya literasi keuangan atau financial literacy," kata dia saat memberikan keterangan pers secara virtual Kamis (23/6/2022).

Sandiaga mengapresiasi program literasi keuangan dan inkubasi bisnis UMKM #IbuBerbagiBijak Bali 2022, karena akan memberikan inspirasi kepada pelaku UMKM perempuan. "UMKM bersama-sama dengan pemerintah, melakukan sinergi, dan kolaborasi mendukung ketahanan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan Visa konsisten menjalankan program literasi keuangan untuk menjangkau pelaku UMKM perempuan sebagai tulang punggung perekonomian di Bali dan memperluas pengetahuan mereka dalam mendukung pemulihan ekonomi.

"Melalui program ini, Visa memberdayakan dan membekali perempuan pelaku UKM dengan keterampilan dan sarana manajemen keuangan dan bisnis agar dapat bertahan dalam jangka panjang, sekaligus membuka pintu mereka mengembangkan penjualan," kata Riko.

Tujuan ini kata Riko sejalan dengan fokus pemerintah tahun ini untuk mengoptimalkan momentum Presidensi G-20 Indonesia untuk mendorong peran strategis perempuan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia dan membantu mereka go global.

Program ini memberdayakan pelaku UMKM perempuan untuk lebih berorientasi ekspor, serta membantu mereka mengembangkan bisnisnya ke luar wilayah. Rangkaian workshop, dilanjutkan dengan hybrid expo dan sesi business matching, yang melibatkan praktisi dan akademisi, serta figur publik seperti Andy F. Noya, dan sejumlah mitra potensial, termasuk bisnis lokal yang mapan, seperti Titipku dan Bhinneka.

Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Kemenkop UKM Temmy Satya Permana mengatakan, program #IbuBerbagiBijak diharapkan dapat membantu meningkatkan peran perempuan dalam pengembangan UMKM, dan mewujudkan pertumbuhan inklusif, selaras dengan semangat G-20 untuk pulih bersama dan lebih kuat pascapandemi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali I Wayan Jarta mengatakan, pandemi Covid-19 telah berdampak negatif pada seluruh aspek kehidupan masyarakat Bali, termasuk UMKM, khususnya milik perempuan. Mereka perlu cerdas finansial dan teknologi, berkolaborasi dengan pemangku kepentingan melalui business matching, dan go global untuk peluang pasar yang lebih luas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pertemuan Sherpa Kedua Jadi Tahap Penyusunan Leaders Declaration G-20

Indonesia selaku Presidensi G-20 akan menggelar pertemuan sherpa kedua pada 9-13 Juli 2022 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

EKONOMI | 7 Juli 2022

SPI: Minyakita Tidak Serta-Merta Naikkan Harga TBS Petani

SPI ragu Minyakita dongkrak harga sawit. Harga TBS petani saat ini di bawah Rp 1.600 per kilogram, bahkan ada yang di bawah Rp 1.000 per kilogram.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Ini Solusi Multipolar Technology untuk Automasi Proses Bisnis Perusahaan

PT Multipolar Technology Tbk mengembangkan solusi equipment information management system (EIMS) dan MailApp.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Semester I, Summarecon Agung Capai 46% Target Marketing Sales

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) hingga semester pertama 2022 berhasil bukukan pra penjualan/marketing sales sebanyak Rp 2,3 triliun.

EKONOMI | 7 Juli 2022

OJK Minta Pelaku Jasa Keuangan Tingkatkan Perlindungan Konsumen

OJK meminta pelaku usaha jasa keuangan terus meningkatkan perlindungan konsumen melalui penguatan pengawasan market conduct (perilaku pasar)

EKONOMI | 7 Juli 2022

Semester I, Krakatau Steel Kantongi Pendapatan Rp 20,6 T

Melalui kenaikan penjualan dan produksi baja yang signifikan, pendapatan Krakatau Steel meningkat 29,8% menjadi Rp 20,6 triliun pada semester I 2022.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Bank Mega Kembali Gelar Program Meriah Bareng Mega

Bank Mega kembali menggelar program Meriah Bareng Mega dengan hadiah utama satu unit apartemen.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Pengelolaan Bandara Kualanamu Diserahkan ke Angkasa Pura Aviasi

Erick Thohir mengatakan pengelolaan Bandara Kualanamu oleh PT Angkasa Pura Aviasi (APA) merupakan upaya konkret dalam perbaikan ekosistem transportasi.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Binance Hapus Beberapa Biaya untuk Perdagangan Bitcoin

Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia mengumumkan akan menghapus biaya perdagangan untuk 13 pasangan dagang bitcoin.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Untuk Pelaku UMKM, Begini Cara Menghindari Perang Harga

Persaingan harga selalu terjadi, tetapi bagi pengusaha atau pelaku UMKM, perang harga dapat dihindari.

EKONOMI | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
LPSK Dukung Tangkap Paksa Tersangka Cabul Pesantren Shiddiqiyah

LPSK Dukung Tangkap Paksa Tersangka Cabul Pesantren Shiddiqiyah

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings