Logo BeritaSatu

Pemberdayaan UMKM Perempuan Dorong Daya Saing dan Ekspor

Kamis, 23 Juni 2022 | 21:46 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Visa, pemimpin pembayaran digital bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparakraf), Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemerintah daerah (Pemda) Bali memberdayakan UMKM perempuan dalam rangka mendorong daya saing dan ekspor pascapandemi. Hal ini diwujudkan dalam program literasi keuangan kampanye #IbuBerbagiBijak, yang bertujuan memberdayakan pelaku usaha perempuan memiliki keterampilan manajemen keuangan lebih baik guna mendukung bisnisnya.

Pada tahun ini, program akan berlangsung di Bali menghadirkan rangkaian hybrid workshop manajemen keuangan dan usaha kecil untuk 500 pelaku UMKM perempuan di Badung dan Denpasar, sekaligus memberikan kesempatan mereka mengakses pasar lebih luas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengatakan, masalah pelatihan, perizinan, pemasaran, dan pembukuan keuangan yang baik menjadi salah satu tantangan bagi UMKM. "Perlu kita tingkatkan kemampuan sumber daya manusia, khususnya literasi keuangan atau financial literacy," kata dia saat memberikan keterangan pers secara virtual Kamis (23/6/2022).

Sandiaga mengapresiasi program literasi keuangan dan inkubasi bisnis UMKM #IbuBerbagiBijak Bali 2022, karena akan memberikan inspirasi kepada pelaku UMKM perempuan. "UMKM bersama-sama dengan pemerintah, melakukan sinergi, dan kolaborasi mendukung ketahanan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan Visa konsisten menjalankan program literasi keuangan untuk menjangkau pelaku UMKM perempuan sebagai tulang punggung perekonomian di Bali dan memperluas pengetahuan mereka dalam mendukung pemulihan ekonomi.

"Melalui program ini, Visa memberdayakan dan membekali perempuan pelaku UKM dengan keterampilan dan sarana manajemen keuangan dan bisnis agar dapat bertahan dalam jangka panjang, sekaligus membuka pintu mereka mengembangkan penjualan," kata Riko.

Tujuan ini kata Riko sejalan dengan fokus pemerintah tahun ini untuk mengoptimalkan momentum Presidensi G-20 Indonesia untuk mendorong peran strategis perempuan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia dan membantu mereka go global.

Program ini memberdayakan pelaku UMKM perempuan untuk lebih berorientasi ekspor, serta membantu mereka mengembangkan bisnisnya ke luar wilayah. Rangkaian workshop, dilanjutkan dengan hybrid expo dan sesi business matching, yang melibatkan praktisi dan akademisi, serta figur publik seperti Andy F. Noya, dan sejumlah mitra potensial, termasuk bisnis lokal yang mapan, seperti Titipku dan Bhinneka.

Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Kemenkop UKM Temmy Satya Permana mengatakan, program #IbuBerbagiBijak diharapkan dapat membantu meningkatkan peran perempuan dalam pengembangan UMKM, dan mewujudkan pertumbuhan inklusif, selaras dengan semangat G-20 untuk pulih bersama dan lebih kuat pascapandemi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali I Wayan Jarta mengatakan, pandemi Covid-19 telah berdampak negatif pada seluruh aspek kehidupan masyarakat Bali, termasuk UMKM, khususnya milik perempuan. Mereka perlu cerdas finansial dan teknologi, berkolaborasi dengan pemangku kepentingan melalui business matching, dan go global untuk peluang pasar yang lebih luas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jamin Stok Beras, Pemerintah Didorong Tingkatkan Kerja Sama Regional

Kerja sama regional sepatutnya dapat ditingkatkan untuk menjamin keamanan stok komoditas pangan. Peran Perum Bulog perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini Sentimen-sentimen Wall Street Sepekan ke Depan

Memasuki kuartal ketiga, kekhawatiran akan resesi semakin kuat. Investor Wall Street menantikan data ketenagakerjaan Juni, risalah the Fed, dan kinerja emiten.

EKONOMI | 3 Juli 2022

BRI Berhasil Raih Penghargaan Digital Banking Terbaik

Sukses menjalankan transformasi digital, BRI berhasil meraih penghargaan digital banking terbaik di Digital Banking Awards 2022.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Bahan Baku Mahal, PMI Manufaktur Indonesia Melambat Lagi

PMI Manufaktur Indonesia melambat ke angka 50,2 pada Juni 2022 dari 50,8 poin pada bulan sebelumnya akibat kenaikan harga bahan baku.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Efek Domino Crypto Winter, Voyager Digital Hentikan layanan

Voyager Digital telah menghentikan layanansetelah salah satu pelanggannya gagal melakukan pembayaran pinjaman ratusan juta dolar.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jadi Perusahaan Digital, Pendapatan Bakrie Telecom Melesat

PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) membukukan lonjakan pendapatan hampir 400% menjadi Rp 52,1 miliar hingga kahir 2021.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Bupati Manggarai Barat Dukung Kenaikan Tiket Pulau Komodo

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mendukung wacana kenaikan harga tiket Pulau Komodo sebagai bentuk pembatasan jumlah kunjungan ke Taman Nasional Komodo.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Woilo, Media Sosial Karya Anak Bangsa Go International

Woilo, yang merupakan media sosial anak bangsa dari Surabaya, Jawa Timur, tersebut sudah go international.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Dukung Pertumbuhan UMKM Kuliner, Wahyoo Gelar Sayembarasa

Wahyoo bersama Livin by Mandiri kembali menyelenggarakan Sayembarasa batch 2, dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Jalan Lingkar Timur Urai Kemacetan di Ruas Cirebon-Kuningan

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan untuk mengurangi kemacetan di ruas Cirebon-Kuningan, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar.

EKONOMI | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur Sumbar Apresiasi Kehadiran Hasto di Wisuda UNP

Gubernur Sumbar Apresiasi Kehadiran Hasto di Wisuda UNP

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings