Logo BeritaSatu

Industri Pulp dan Kertas Sumbang Devisa Negara US$ 7,5 M

Jumat, 24 Juni 2022 | 06:35 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Surabaya, Beritasatu.com - Industri pulp dan kertas (IPK) Indonesia merupakan salah satu industri yang mempunyai peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Sektor ini memberikan konstribusi terhadap produk domestik burto (PDB) sebesar 0,67% dan devisa negara sebesar US$ 7,5 miliiar pada tahun 2021.

"Devisa tersebut diperoleh dari kegiatan ekspor pulp sebesar US$ 3,28 miliar ke beberapa negara tujuan utama yaitu Tiongkok, Korea, India, Bangladesh dan Vietnam serta ekspor kertas sebesar US$ 4,22 miliar ke Tiongkok, Jepang, Vietnam, Malaysia, serta Filiphina," kata Ketua Umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Liana Bratasida di sela pembukaan Surabaya Printing Expo (SPE) 2022 ke-15 yang dilaksanakan pada 23-26 Juni 2022 di Grand City Center Surabaya.

Dalam keterangan yang diterima Jumat (24/6/2022) disebutkan, industri kertas berhasil menduduki peringkat pertama dan industri pulp peringkat keempat untuk ekspor produk kehutanan terbesar pada 2022. Selain itu, industri pulp dan kertas Indonesia menempati peringkat pertama di ASEAN, peringkat tiga di Asia untuk pulp, peringkat empat d Asia untuk kertas. Adapun di dunia peringkat delapan untuk pulp dan peringkat enam untuk kertas.

Liana Bratasida menjelaskan, industri pulp dan kertas Indonesia memiliki peluang untuk dapat dikembangkan lebih lanjut karena didukung peluang pasar di dalam negeri maupun luar negeri serta keunggulan seperti alokasi hutan tanaman industri (HTI) sebagai sumber bahan baku kayu, iklim tropis yang memungkinkan tanaman tumbuh lebih cepat, tersedianya sumber daya manusia (SDM) serta jaminan pasokan bahan baku legal yang bersumber dari hutan yang dikelola lestari.

Hal ini tidak lepas dari diperhatikannya aspek-aspek lingkungan dan keberlanjutan (sustainability) dalam melakukan kegiatan proses produksi sehingga industri pulp dan kertas menjadi industri lebih hijau dan lebih berwawasan lingkungan antara lain penggunaan bahan baku daur ulang, teknologi ramah lingkungan, dan efisiensi energi untuk mendukung kebijakan pengurangan emisi dan tercapainya pembangunan rendah karbon.

Sementara APKI juga mendukung acara Surabaya Printing Expo (SPE) 2022 yang menampilkan 86 exhibitors dari 16 negara dan diperkirakan akan dikunjungi 15.000 pengunjung dari dalam negei maupun luar negeri. Diharapkan acara ini meningkatkan kinerja perdagangan serta bisa memfasilitasi pelaku usaha percetakan dan pelaku usaha produk kertas untuk berdiskusi menjajaki kerja sama.

Liana berharap Surabaya Printing Expo (SPE) 2022 akan menambah wawasan pelaku usaha dan masyarakat mengenai pengembangan industri percetakan serta siap menghadapi perkembangan global yang pesat. Selain itu acara ini juga dapat meningkatkan networking dan komunikasi dengan semua pihak terkait.

Sementara Gubenur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa. mengatakan Surabaya Printing Expo membangun sinergitas antara perusahaan grafika, Asosiasi Komunitas Printing dan asosiasi dari Pulp dan Kertas menjadi satu kesatuan. "Surabaya Printing Expo bisa menjadi pembuka akses ekonomi, bukan hanya Jawa Timur, tetapi Indonesia. Kondisi ini menjadi harapan baru, khususnya bagi UMKM printing di Jawa Timur. Apalagi, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Jawa Timur,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bank Mega Kembali Gelar Program Meriah Bareng Mega

Bank Mega kembali menggelar program Meriah Bareng Mega dengan hadiah utama satu unit apartemen.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Pengelolaan Bandara Kualanamu Diserahkan ke Angkasa Pura Aviasi

Erick Thohir mengatakan pengelolaan Bandara Kualanamu oleh PT Angkasa Pura Aviasi (APA) merupakan upaya konkret dalam perbaikan ekosistem transportasi.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Binance Hapus Beberapa Biaya untuk Perdagangan Bitcoin

Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia mengumumkan akan menghapus biaya perdagangan untuk 13 pasangan dagang bitcoin.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Untuk Pelaku UMKM, Begini Cara Menghindari Perang Harga

Persaingan harga selalu terjadi, tetapi bagi pengusaha atau pelaku UMKM, perang harga dapat dihindari.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Saatnya Jadi Milenial Cerdas Keuangan dan Investasi

Investor ritel dan milenial dapat berperan sebagai penopang peran pembiayaan dalam menggerakkan perekonomian nasional.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Chandra Asri Petrochemical Raih Pinjaman US$ 100 Juta

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) raih fasilitas pinjaman 10 tahun sebesar US$ 100 juta (Rp 1,5 triliun) dari Bank OCBC NISP.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Dirut BRI Raih Penghargaan The Best SME Banker of The Year

Kinerja cemerlang yang ditunjukan BRI kembali memperoleh apresiasi dengan meraih penghargaan bertaraf internasional dari The Asset Triple A.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Bursa Eropa Menguat di Tengah Rumor Boris Johnson Mundur

Bursa Eropa bergerak menguat pada awal perdagangan hari ini. Investor mencermati pernyataan the Federal Reserve AS dan rumor PM Inggris mundur.

EKONOMI | 7 Juli 2022

Ditopang Sektor Teknologi, IHSG Hari Ini Menguat Tipis

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis 0,09% ke 6.652,59 pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis (7/7/2022).

EKONOMI | 7 Juli 2022

Perayaan HUT Ke-57, Telkom Hadirkan Funtastic Days 2022

Dalam rangka memperingati HUT ke-57, Telkom menggelar Funtastic Days 2022: Learn, Grow and Contribute to Indonesia.

EKONOMI | 7 Juli 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penularan Covid-19 Tak Berhenti karena Level PPKM Berubah

Penularan Covid-19 Tak Berhenti karena Level PPKM Berubah

NEWS | 57 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings