Logo BeritaSatu

Merger Berbuah Positif, Laba Pelindo Naik Jadi Rp 3,2 T

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com— Kinerja audited PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tahun 2021 pasca-merger meningkat. Perseroan berhasil catatkan laba sebesar Rp 3,2 triliun, naik dibandingkan perolehan tahun 2020 sebesar Rp 3 triliun.

"Capaian positif Pelindo pada 2021 sejalan dengan program merger yang telah dijalankan pada Oktober 2021 lalu," kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono dalam keterangan tertulisnya Sabtu (25/6/2022).

Advertisement

Kenaikan laba sejalam dengan torehan pendapatan usaha yang mencapai Rp 28,8 triliun, naik dibandingkan pendapatan usaha 2020 sebesar Rp 26,6 triliun. Selain itu, Pelindo juga memberikan kontribusi pada negara melalui setoran dividen, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), konsesi, pajak penghasilan (PPH), pajak pertambahan nilai (PPN) dan PBB senilai total Rp 4,7 triliun pada 2021. “Salah satu fokus utama Pelindo pascamerger adalah transformasi operasional pada kluster petikemas melalui standarisasi dan sistemisasi pelabuhan,” lanjut Ali.

Ali mengatakan selama hampir 8 bulan pasca-merger, ada peningkatan kinerja dan produktivitas di sejumlah pelabuhan. Peningkatan produktivitas bongkar muat diukur dengan parameter boks per kapal per jam (BSH) dan pengurangan port stay atau waktu sandar kapal di pelabuhan yang diukur dengan jumlah hari.

Di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, jumlah bongkar muat naik lebih dari dua kali lipat dari 20 boks per kapal per jam menjadi 45 boks per kapal per jam. Kecepatan bongkar muat itu membuat waktu sandar kapal dapat berkurang menjadi setengahnya, dari 2 hari menjadi hanya 1 hari.

Peningkatan kinerja yang sama terjadi di TPK Makassar. Kecepatan bongkar muat dari 20 BSH menjadi 42 BSH dan waktu sandar juga bisa berkurang dari 2 hari menjadi 1 hari. Sejalan dengan TPK Makassar, Terminal Makassar New Port juga mengalami peningkatan kecepatan bongkar muat dari 20 BSH menjadi 39 BSH dengan standar waktu sandar yang berkurang dari 2 menjadi 1 hari.

Peningkatan kinerja terbaik ada di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Ambon. Peningkatan jumlah bongkar muat naik hampir tiga kali lipat, dari 12 boks per kapal per jam menjadi 35 boks. "Dampaknya, jumlah waktu sandar dapat terpangkas dari 2 hari menjadi 1 hari," ujar Ali.

Ali mengatakan makin pendeknya waktu sandar dan kecepatan bongkar muat membuat biaya operasional makin efisien yang tergambar dalam laba bersih triwulan I 2022 mencapai Rp 670 miliar, meningkat 46% dibandingkan triwulan I 2021.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

Menara BRILian yang bernuansa green and smart building ini dibangun di lahan seluas 8200 M2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Astra Life Konsisten Lanjutkan Inovasi Layanan Digital

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) resmi meluncurkan aplikasi mobile MyAstraLife sebagai upaya memperkuat inovasi pelayanan nasabah berbasis digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Cakep! Premi Asuransi Perjalanan Jasindo Tumbuh 565%

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatatkan pertumbuhan 565% secara tahunan atau year on year (yoy) di lini bisnis asuransi perjalanan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Digitalisasi BPR, Komunal Luncurkan Fitur E-Deposito

DepositoBPR by Komunal meluncurkan fitur terbaru E-Deposito untuk mendukung seluruh BPR semakin maju secara digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, BTN Tawarkan KPR Edisi Khusus Kemerdekaan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memiliki cara tersendiri untuk memperingati HUT ke-77 RI.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Pangdam XIV Hasanuddin Jamin Stabilitas Keamanan Smelter Nikel CNI Group

Menurut Mayjen TNI Andi Muhammad, proyek smelter nikel CNI Group wajib untuk dilindungi karena proyek ini didukung penuh oleh negara.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

SIG Resmikan Bantuan Pembangunan Masjid di Gresik

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meresmikan bantuan pembangunan taman pendidikan al-qur'an dan renovasi masjid.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Menteri Airlangga Dorong Japnas Kembangkan Beragam Industri Usaha

Airlangga Hartarto mengatakan berbagai upaya pemerintah mendorong pemulihan ekonomi membutuhkan seluruh stakeholder, termasuk Japnas.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Kenakan Baju Rote ke Istana, Erick: Sejalan Presidensi G-20

Erick menyebut pakaian adat Pulau Rote memiliki pesan kuat yang selaras dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Kenaikan Harga BBM Kerek Inflasi, Seberapa Besar Dampaknya?

Harga BBM berpotensi mengerek inflasi sehingga ini yang kemudian dikhawatirkan justru akan berdampak terhadap kenaikan harga barang lain.

EKONOMI | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
604 Napi Lapas Paledang Bogor Terima Remisi HUT Ke-77 RI

604 Napi Lapas Paledang Bogor Terima Remisi HUT Ke-77 RI

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings