Logo BeritaSatu

BFI Finance Agresif Garap Pembiayaan Industri Percetakan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:49 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) agresif menggarap industri percetakan yang belakangan pasarnya semakin tumbuh pesat.

Regional Manager BFI Finance Jatim dan Bali, Kadek Tirtayasa, mengatakan salah satu faktor yang mendukung tumbuhnya industri percetakan di Indonesia terus tumbuh antara lain adalah semakin berkembangnya sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh masyarakat dan makin banyak jenis serta pilihan usaha mulai makanan dan minuman hingga produk inovasi yang memerlukan sentuhan industri percetakan untuk memperkuat branding produk.

Advertisement

"Kami bekerja sama dengan para supplier mesin cetak untuk memberikan layanan pembiayaan bagi konsumen, dalam hal ini pelaku UMKM yang terus berkembang," katanya di sela kegiatan Surabaya Printing Expo (SPE) 2022 di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Jumat (24/6/2022).

Menurut Kadek, digelarnya SPE 2022 yang pertama kali sejak pandemi tersebut menjadi kesempatan bagus bagi BFI Finance untuk meningkatkan kinerja pembiayaan yang tahun ini secara nasional ditargetkan sebesar Rp16 triliun, dan porsi Jatim sebesar 20%.

Sektor machinery sendiri selama 2 tahun terakhir ini memang lesu dan melambat akibat pandemi. Untuk itu dalam pemulihan ekonomi saat ini terutama bagi UMKM kreatif perlu mendapat dukungan pembiayaan dan modal mesin.

"Kami berharap portofolio kami di mesin ini meningkat. BFI Finance sendiri merupakan jasa pembiayaan multifinance produk yang tidak hanya untuk kendaraan motor dan mobil yang selama ini berkontribusi 80%, tetapi juga untuk pembiayaan mesin yang kontribusinya baru 20%," jelas Kadek.

Lebih lanjut Kadek menjelaskan, portofolio pembiayaan BFI Finance untuk machinery dikontribusi oleh mesin percetakan sekitar 40%, dan 45% mesin manufaktur serta isanya untuk lainnya.

Tahun 2022 menjadi angin segar bagi industri kreatif setelah 2 tahun pandemi Covid-19, khususnya di sektor percetakan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya permintaan cetak kemasan, acara indoor, outdoor, garment sublime, hingga souvenir.

"Dengan dukungan dari BFI Finance untuk pembiayaan, harapannya agar industri printing ini terus tumbuh dan berkembang melalui teknologi-teknologi yang ada," katanya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kuartal II, J Trust Bank Bukukan Laba Bersih Rp 15,72 M

J Trust Bank terus memfokuskan penyaluran kredit melalui segmen corporate banking, commercial and small medium enterprise, serta business linkage.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Perekonomian Pulih, IUIGA Lanjutkan Ekspansi Toko Ritel

Melihat tingkat pertumbuhan yang signifikan di 2020-2021, IUIGA optimistis melanjutkan ekspansi bisnis dan menambah jumlah toko ritel di Indonesia.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Baznas Kedepankan Transparansi Pengelolaan Dana Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai badan resmi yang ditunjuk pemerintah, berpegang teguh pada pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

17 Fintech Lending Legal Dicatut, AFPI Tempuh Jalur Hukum

AFPI menduga nama 17 platform fintech lending telah direplikasi atau dicatut oleh pinjaman online (pinjol) ilegal.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

OJK Komitmen Perkuat Sinergitas dan Komunikasi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan, peran OJK sebagai regulator dan pengawas industri jasa keuangan.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Jualan Laris, Laba Ciputra Development Tembus Rp 1 Triliun

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil kantongi laba hingga Rp 1,06 triliun pada semester pertama 2022.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Mandiri Capital Investasi Rp 1,4 Triliun Ke 20 Startup

Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen mendukung kemitraan strategis Mandiri Group dan BUMN dengan startup serta mendorong inovasi ekosistem digital.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Delameta Bilano dan Aino Perkuat Sistem Pembayaran Transportasi Indonesia

Delameta Bilano dan Aino mengambil peran yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran transportasi Jak Lingko.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

BRI mendukung industri kopi lewat BRI Indonesia Coffee Event 2022 yang diikuti oleh  komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Menteri Teten Pede Minyak Makan Merah Diserap Pasar

Kemenkop UKM memastikan produk minyak makan merah akan diserap pasar setelah proyek uji coba pengembangan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

EKONOMI | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings