Logo BeritaSatu

Pelaku Industri Blockchain Sambut Baik Arahan Pemerintah soal Metaverse

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:13 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Pelaku industri bidang blockchain menyambut baik respons pemerintah yang positif terkait potensi metaverse.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan respons yang positif terkait potensi metaverse. Menurutnya, potensi metaverse di Indonesia cukup besar untuk bisa meningkatkan peluang aktivitas usaha sehingga bisa membuka lapangan kerja baru meskipun harus digarap dengan hati-hati.

Perkembangan teknologi di dunia terjadi sangat masif salah satunya mengenai perkembangan metaverse. Teknologi metaverse semakin populer di akhir 2021, terlebih setelah perusahaan raksasa di bidang teknologi yaitu Facebook berganti nama menjadi Meta. Tidak hanya perusahaan, negara juga memanfaatkan teknologi metaverse untuk keperluan pemerintahan seperti yang dilakukan oleh negara Barbados.

Salah satu pelaku di industri blockchain dan kripto di Indonesia, Oscar Darmawan yang juga CEO Indodax menyambut baik hal tersebut. Sebagai salah satu pelaku industri, Oscar merasa bahwa perkembangan metaverse menjadi isu penting yang tentu akan memberikan peluang kemajuan teknologi untuk Indonesia nantinya.

“Kami siap memanfaatkan peluang ini. Ada banyak hal yang siap kami lakukan untuk menyambut baik. Salah satunya, mengedukasi mengenai blockchain sebagai teknologi yang men-support hal tersebut dan tentunya edukasi mengenai metaverse,” jelas Oscar Darmawan.

Sebagai pendiri platform crypto exchange asli Indonesia, Oscar juga yakin, developer blockchain lainnya juga siap untuk kembangkan metaverse sesuai arahan pemerintah. Dia juga berharap agar pemerintah menentukan road map dan stimulus lainnya.

“Kami siap untuk berkolaborasi dengan pihak manapun untuk membangun, mengembangkan dan mengokohkan ekosistem ini. Indodax mendukung dengan memberikan edukasi kepada masyarakat awam seperti apa yang sudah Indodax lakukan selama ini. Kami juga berharap pemerintah bisa sama sama berkolaborasi dan mendukung terlaksananya hal ini dengan memberikan regulasi yang jelas, serta dukungan infrastruktur yang memadai,” tutup Oscar.

Oscar pun menambahkan bahwa blockchain, seperti metaverse dan NFT memang hal yang sudah lumrah di masyarakat. Namun akan sangat disayangkan apabila masyarakat hanya mengenal kripto ataupun NFT saja dikarenakan hype-nya yang memang terjadi baru baru ini.

Padahal dunia kripto ini sangat luas. Masyarakat bisa mengenal teknologi blockchain yang mendukung aktivitas perdagangan kripto, NFT, Metaverse, DeFi yang tentu akan memberikan banyak sekali dampak positif jika dieksplor dan dikembangkan lebih jauh lagi. Sebagaimana yang diketahui, metaverse adalah sebuah teknologi baru yang bisa mengantarkan orang ke dalam dunia virtual. Ini tentu memudahkan banyak orang dan industri, terutama industri kreatif.

“Karena memang, metaverse ini akan memiliki use case yang bisa berguna untuk berbagai macam industri meskipun saat ini, use case metaverse yang terkenal baru sebatas di bidang gaming,” tutup Oscar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) mengeluhkan keterbatasan dana daerah untuk menyambut investasi di sektor migas.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Inflasi September 2022 Tertinggi Sejak Desember 2014

Jika dilihat penyumbang inflasi September 2022 ini dari kenaikan bensin, tarif angkutan dalam kota.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Investor Daily Summit Bangun Optimisme di Tengah Ketidakpastian

Investor Daily Summit (IDS) 2022 yang mengusung tema “Optimism in Uncertainty” akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 11-12 Oktober 2022.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Inflasi September 1,17%, Ini Komoditas Penyumbangnya

Inflasi September 2022 ini terjadi karena kenaikan harga yang ditunjukkan naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Jokowi: Jangan Pabrik Kelihatan Tinggi, tetapi Lingkungan Sekitar Miskin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perusahaan besar harus dapat memperhatikan dan membina usaha kecil yang ada di sekitar pabrik.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Presiden Jokowi Kagum Impor Jagung Menurun Tajam

Presiden Jokowi mengungkapkan kekagumannya melihat impor jagung di Tanah Air mengalami penurunan yang cukup tajam selama 7 tahun terakhir ini.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Hadapi Krisis Global, Jokowi: Kuncinya Kompak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kekompakan merupakan kunci untuk menghadapi krisis global dalam sektor keuangan, pangan maupun energi.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Resesi Mengancam, Pasar Modal Diyakini Tetap Menjanjikan

Pasar modal Indonesia dinilai tetap menjanjikan dan masih kuat meski dibayang-bayangi awan kelabu resesi ekonomi global.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

EKONOMI | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings