Logo BeritaSatu

Bulog Pastikan Daging Kerbau Beku dari India Bebas PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 15:31 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) memastikan daging kerbau beku yang diimpor Bulog dari India bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Bulog sendiri mendapat penugasan untuk impor daging kerbau beku dari India sebanyak 100.000 ton. Hingga saat ini, sebanyak 48.412 ton sudah masuk ke Indonesia, lainnya menyusul.

"Karena ada PMK, kami melakukan percepatan untuk kedatangan daging. Namun tidak mengabaikan keamanan atau standar yang harus terpenuhi," kata Buwas dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR, Senin (27/6/2022).

Buwas menyampaikan, sebelum impor dilakukan, Bulog juga telah mengirim tim ke India untuk melihat proses daging kerbau beku sebelum dikirim ke negara tujuan ekspor.

"Kami baru mengirimkan salah satu direksi dengan timnya ke India untuk melihat proses di sana dengan jaminan bahwa kita tahu persis daging yang kita datangkan dari India ini memang clear dan bebas dari PMK,” ujarnya.

Buwas juga memastikan produsen di India yang dipilih Bulog untuk kegiatan impor daging beku ini sudah memenuhi standar internasional yang ditetapkan.

"Yang kita pilih dari sana ini produksi yang sudah memenuhi standar internasional. Dan mereka juga mendatangkan daging kerbau beku ke 70 negara di dunia. Seperti ke Malaysia, Vietnam, Hong Kong, Mesir, Irak, bahkan Arab Saudi, Filipina, dan Argentina, dan lainnya. Jadi kita juga tidak mau mengambil risiko yang berat karena ini untuk konsumsi masyarakat kita sendiri," ujarnya.

Begitu tiba di Indonesia, daging kerbau beku asal India juga masih harus melewati pengecekan di dalam negeri, hingga dikarantina oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

"Sampai saat ini, prosedur kita tetap ikuti. Bukan hanya dari sana waktu pengecekan, tetapi setelah di sini kita juga ada karantina dari Kementan. Setelah ada rekomendasi atau izin dari Kementan, baru Bulog bisa edarkan. Itu pun masih kita tes untuk memastikan daging ini betul-betul aman," kata Buwas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gaet MongoDB, Amar Bank Akselerasi Pengelolaan Data

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) bekerja sama dengan MongoDB untuk mengelola data non-relasional dalam jumlah besar.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perangi Kejahatan Kripto, Binance Gelar Pelatihan Penegakan Hukum

Inisiatif ini membantu memerangi kejahatan kripto dan merupakan bagian dari upaya konsisten Binance untuk membantu penegak hukum dan regulator.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Terapkan Tambang Berkelanjutan, Kinerja SIG Menuai Hasil

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih tiga penghargaan dari Kementerian ESDM pada ajang Good Mining Practices Award 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Harga Pertamax Turun Mengikuti Harga Minyak Mentah Dunia

Minyak mentah Brent dan WTI menyelesaikan kuartal ketiga dengan penurunan 23% dan 25%. Hal ini diikuti dengan turunnya harga pertamax.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Gara-gara Inflasi, Investor Cari Aman di Investasi Emas

Harga emas merangkak naik pada akhir perdagangan Jumat, setelah angka inflasi AS Agustus secara mengejutkan lebih tinggi dari perkiraan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Di Bawah Tekanan Jual, IHSG Melemah 1,9% dalam Sepekan

IHSG terkoreksi sebesar 1,92% sepanjang pekan ini (26-30/9/2022) menjadi 7.040,798 dari posisi 7.178,583.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

Wall Street jatuh dalam perdagangan bergejolak pada hari Jumat (30/9/2022). Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah baru 2022.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Bahan Baku Jadi Tantangan Target Ekspor Mebel US$ 5 Miliar

Target ekspor industri mebel dan kerajinan di Indonesia sebesar US$ 5 miliar pada 2024 membutuhkan pasokan bahan baku.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

NEWS | 34 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings