Logo BeritaSatu

Jalankan TJSL, Pegadaian Bantu 2 Desa Binaan di Yogyakarta

Rabu, 29 Juni 2022 | 05:55 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Kulonprogo, Beritasatu.com - PT Pegadaian konsisten menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dengan memberikan bantuan kepada desa binaan di Yogyakarta, di antaranya Desa Tawangsari Kabupaten Kulonprogo dan Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Minggu (26/6/2022).

Bantuan diberikan secara langsung oleh Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan didampingi Anggota Dewan Komisioner OJK Riswinandi, yang meliputi pembangunan rumah produksi komunitas, pendampingan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dan sertifikasi halal, pembangunan gapura Kampoeng Mataraman, dan pembangunan Rumah Pilah Sampah.

Advertisement

Sebelumnya, pada tahun 2017 lalu Pegadaian memberikan bantuan melalui program TJSL berupa sarana pengering padi, mesin penanam padi, mesin penggiling padi, dan penyediaan ruang penggilingan padi kepada Desa Binaan Tawangsari.

Damar Latri Setiawan mengaku bangga dan senang, karena ternyata, bantuan yang disalurkan oleh Pegadaian 5 tahun lalu, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para petani untuk menghasilkan beras yang unggul dan berkualitas.

“Saya berharap, kehadiran Pegadaian kembali ke desa ini, dapat menjadi penyambung tali silaturahmi, sekaligus dapat membantu bapak-ibu sekalian untuk semakin mengembangkan desa ini lebih baik lagi ke depannya melalui bantuan yang kami berikan,” ucap Damar dalam keterangan persnya yang diterima Beritasatu.com, Selasa (28/2/2022).

Riswinandi mengaku sangat mengapresiasi, karena Pegadaian konsisten melakukan program-program tanggung jawab sosial dan ingkungan (TJSL), sejalan dengan sustainable development goals (SDGs) untuk pembangunan yang berkelanjutan seperti yang terlihat di Desa Tawangsari ini.

“Apa yang saya lihat hari ini menjadi bukti nyata, bahwa program TJSL yang dijalankan Pegadaian berjalan dengan baik dan memberi manfaat bagi masyarakat dalam waktu yang lama. Semoga Pegadaian amanah untuk terus konsisten membantu para pelaku usaha, melalui program-program TJSL yang dijalani oleh perusahaan,” jelas Riswinandi.

Pada kesempatan ini, Pegadaian juga turut memperkenalkan produk pembiayaan yang baru diluncurkan oleh perusahaan, yaitu KUR Syariah Super Mikro. Produk tersebut, diberikan secara simbolis, untuk nasabah yang berada di wilayah kantor area Yogyakarta.

Layanan KUR Syariah Super Mikro dapat diakses di 4.000 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia. Diharapkan, KUR Syariah dapat memberi manfaat positif bagi masyarakat, khususnya para pelaku usaha yang baru akan memulai, atau mengembangkan usahanya, agar mampu naik kelas dan berdaya saing.

KUR Syariah memiliki marjin atau mu’nah hanya 6% per tahun, dengan besaran pinjaman sampai dengan 10 juta rupiah yang bisa membantu para pelaku usaha memperoleh pembiayaan dengan mudah, cepat dan juga aman.

Setelah mengunjungi warga desa binaan di Tawangsari Kulonprogo, selanjutnya rombongan lanjut meninjau desa binaan Pegadaian lainnya yaitu Desa Panggungharjo Bantul.

Di Panggungharjo, Pegadaian membantu masyarakat dalam pengembangan industri rumah tangga berupa Rumah Produksi Komunitas (RPK) di kampung Mataraman, pengelolaan bank sampah Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah (Kupas) dan kegiatan literasi Jagongan Selapanan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HKTI: Keanekaragaman Hayati Perkuat Ketahanan Pangan Indonesia

Menurut Ketua HKTI, Agus Pakpahan diversifikasi pangan akan membuat ketahanan pangan ebih adaptif ke depannya, sehingga lebih tahan menghadapi krisis.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

BPC Hipmi Kepulauan Seribu Dukung Proyek Strategis Nasional Pariwisata

BPC Hipmi Kepulauan Seribu siap mendukung Proyek Strategis Nasional Pariwisata dengan total investasi US$ 3,2 miliar.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Stok Melimpah, Indonesia Berpeluang Ekspor Beras dan Jagung

Kepala Divisi Pengadaan Komoditi Perum Bulog Budi Cahyanto mengungkapkan, Indonesia sebetulnya berpotensi untuk melakukan ekspor beras dan jagung.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Volume Transaksi BRImo Ditargetkan Tembus Rp 2.500 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menargetkan layanan BRImo mencatat volume transaksi mencapai Rp 2.500 triliun sampai akhir tahun 2022.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Bulog Sebut Stok Beras Nasional Aman, Ada 1,1 Juta Ton

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan stok beras dalam kondisi aman sampai dengan akhir tahun 2022.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Erick Dukung Langkah Kemenhub Stabilkan Harga Tiket Pesawat

Erick Thohir secara intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait upaya pemerintah menstabilkan harga tiket pesawat.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

BI Gelar Festival Rupiah, Warga Bisa Tukar Uang Emisi 2022

Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2022 yang mengangkat tema "Bersatu dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI".

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Banten Hapus Denda Pajak Kendaraan Hingga Akhir Tahun

Bank Banten bersama Pemprov Banten gelar peluncuran penghapusan denda pajak kendaraan bermotor.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

ASDP Resmi Kelola Pelabuhan Penyeberangan Ajibata-Ambarita

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi mengelola Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita, di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Pasar Kripto Merana, Harapan Bull Run Tak Kunjung Datang

Menjelang akhir pekan ketiga Agustus 2022, pasar kripto terus tertunduk lesu. Pergerakan harga aset kripto secara keseluruhan kompak nyaman di zona merah.

EKONOMI | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Positivity Rate Covid-19 di Indonesia sampai 19 Agustus 2022

Positivity Rate Covid-19 di Indonesia sampai 19 Agustus 2022

NEWS | 25 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings