Logo BeritaSatu

Bentuk Tanggung Jawab, BRI Komitemen Kedepankan Aspek ESG

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:36 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritatasatu.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI berkomitmen menerapkan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) untuk meneruskan pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Keberlanjutan bisnis berdasarkan ESG atau sustainable finance menjadi salah satu perhatian utama investor untuk berinvestasi di korporasi besar, termasuk di BRI. Apalagi, pemerintah juga sangat serius mewujudkan komitmen net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, ESG menjadi komitmen perseroan dalam strategi transformasi yang saat ini terus berlanjut. Berlandaskan cetak biru (blueprint) BRIVolution 2.0, ia menyebut komitmen BRI dalam meningkatkan prinsip ESG terus dilakukan.

Advertisement

“Ini bukan beban, tetapi kami memaknai ini sebagai tanggung jawab untuk menyelamatkan planet, bukan sok-sokan, tapi karena memang investor, pemegang saham, regulasi juga menghendaki seperti itu. Maka kita berusaha memenuhi net zero emission. Kita harus tegak lurus dengan komitmen itu yang juga dilakukan presiden dan regulator. Kita paham transisi ini tidak mudah, costly, dan makan waktu dan biaya untuk memulainya,” ungka Sunarso dalam acara 30 Minutes di BeritaSatu TV, Rabu (29/6/2022).

Sebagai komitmen, misalnya saja BRI pada tahun ini sudah memiliki unit kerja khusus yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan ESG itu. Langkah tersebut sebagai bagian dari transformasi. “Tugasnya mengatur perencanaan strategis dan operasional terkait ESG, memastikan, memonitor, dan mengukur terkait kaidah ESG,” pungkas Sunarso.

Baru-baru ini, upaya dalam memitigasi perubahan iklim semakin ditunjukan oleh BRI. Komitmen ini dibuktikan lewat aksi korporasi terbaru, yakni merilis green bond atau obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan I Bank BRI. Adapun target penghimpunan dana sebesar Rp 15 triliun dengan jumlah emisi Tahap I Tahun 2022 sebanyak-banyaknya Rp 5 triliun.

Dengan menerbitkan green bond, artinya bank sudah berkomitmen kuat untuk menyalurkan pembiayaan ke proyek-proyek hijau. Komitmen BRI dalam mendorong pembiayaan hijau tercermin dari realisasi kredit berkelanjutan perseroan.

Hingga Maret 2022, BRI telah memberikan pembiayaan kepada kegiatan usaha yang berkelanjutan mencapai Rp 639,9 triliun, setara dengan 65,6% dari total pinjaman. Jumlah tersebut meningkat 13,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 yang sebesar Rp 564 triliun atau dengan proporsi 62,9% dari total pinjaman. Pencapaian tersebut menjadikan BRI sebagai market leader ESG company di Indonesia.

Dari total Rp 639,9 triliun pembiayaan berkelanjutan tersebut, sebanyak Rp 71,5 triliun atau 7,2% disalurkan kepada usaha yang berwawasan hijau atau green project. BRI sangat berkomitmen untuk mengimplementasikan aspek-aspek ESG pada setiap aktivitas perbankan, baik dari sisi aset, liabilities, corporation, dan human capital. Komitmen ini juga dapat dilihat dari pencapaian pada masing-masing aspek ESG.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jualan Laris, Laba Ciputra Development Tembus Rp 1 Triliun

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil kantongi laba hingga Rp 1,06 triliun pada semester pertama 2022.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Mandiri Capital Investasi Rp 1,4 Triliun Ke 20 Startup

Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen mendukung kemitraan strategis Mandiri Group dan BUMN dengan startup serta mendorong inovasi ekosistem digital.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Delameta Bilano dan Aino Perkuat Sistem Pembayaran Transportasi Indonesia

Delameta Bilano dan Aino mengambil peran yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran transportasi Jak Lingko.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

BRI mendukung industri kopi lewat BRI Indonesia Coffee Event 2022 yang diikuti oleh  komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Menteri Teten Pede Minyak Makan Merah Diserap Pasar

Kemenkop UKM memastikan produk minyak makan merah akan diserap pasar setelah proyek uji coba pengembangan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Harga CPO Turun, BPS Ingatkan Meredupnya Windfall Komoditas

Badan Pusat Statistik (BPS) meminta seluruh pihak untuk mewaspadai kondisi berakhirnya windfall komoditas. 

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Krakatau Sarana Infrastruktur Siapkan Proyek Krakatau Urban Valley

Proyek Krakatau Urban Valley itu akan dilakukan di lahan seluas 270 hektare yang selama ini dikelola oleh PT Krakatau Sarana Infrastruktur.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Biocycle Ekspor Maggot ke Eropa Senilai Rp 1 Miliar

Biocycle kembali melakukan ekspor black soldier fly larvae atau yang dikenal sebagai maggot ke Eropa, tepatnya ke Inggris.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Telkom Gelar Sosialisasi P3DN ke 5 BUMN

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar sosialisasi peningkatan penggunaan produksi dalam negeri ke lima BUMN.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

PPM School of Management Sarankan Pebisnis Kuasai Teknik Pitching

PPM School of Management, menjelaskan bahwa ketika melakukan pitching harus meyakininya sebagai hal yang penting.

EKONOMI | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings