Logo BeritaSatu

Intan Fauzi: Perempuan Punya Kapasitas Jadi Pegawai BUMN

Rabu, 29 Juni 2022 | 22:49 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Intan Fauzi mengapresiasi lolosnya kaum perempuan dalam rekrutmen pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Intan berharap Kementerian BUMN konsisten menjaga profesionalisme dan objektivitas dalam pelaksanaan rekrutmen bersama pegawai BUMN.

“Dari hasil rekrutmen bersama pegawai BUMN sebanyak 60 persen yang lolos adalah perempuan, tanpa ada dispensasi maupun kekhususan, artinya mayoritas peserta yang lulus adalah perempuan. Hal ini menunjukkan perempuan memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menempati posisi di perusahaan milik rakyat. Sejalan dengan target Menteri BUMN, yaitu di tahun 2023 tercapai 25 persen jajaran pimpinan perempuan di BUMN,” kata Intan di ruang rapat Komisi VI, gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Advertisement

Intan merespons paparan Kementerian BUMN terkait rekrutmen bersama pegawai BUMN tahun 2022. Hadir dalam kesempatan itu Deputi SDMTI Kementerian BUMN Tedi Bharata dan Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar.

Catatan Intan Fauzi lainnya, terkait peserta yang lulus seluruhnya berasal dari 10 perguruan tinggi negeri (PTN). Intan mendorong agar perguruan tinggi swasta juga bisa bersaing dan IPK tak menjadi ukuran utama, tetapi hanya salah satu variabel dalam penjarigan pegawai BUMN. “Menurut saya IPK tak selalu menjadi yang utama, tetapi kompetensi dan sebagainya bisa menjadi parameter penilaian,” ungkap Intan.

Selain rekrutmen dari jenjang sarjana, Intan Fauzi menyarankan karena jumlah S-1 masih sangat sedikit, pemerintah secara umum, khususnya Kementerian BUMN bisa mengambil SDM dari sekolah kejuruan.

“Perlu dipertimbangkan menjaring lulusan sekolah kejuruan dan yang setingkat, karena buat apa Indonesia membuat banyak sekolah kejuruan untuk siap kerja, tetapi tidak terserap oleh dunia usaha, pesan Intan.

Tedi maupun Alexandra memaparkan tahapan rekrutmen bersama BUMN yang diawali pembukaan dan peluncuran pada 11 April 2022, proses utama pendaftaran dan seleksi awal pada 14-25 April 2022. Kemudian, seleksi tes kemampuan dasar dan core value BUMN pada 19-24 Mei 2022. Berikutnya, seleksi masing-masing BUMN pada 13-27 Juni 2022. Lalu, bela begara dan inagurasi bagi peserta yang lolos. Terakhir, induksi dan on boarding di masing-masing BUMN.

FHCI berkomitmen untuk melaksanakan rekrutmen bersama secara profesional dan transparan, akuntabel dan mengedepankan nilai-nilai akhlak. Tedi Bharata menekankan komitmen transparansi dalam program rekrutmen bersama. BUMN tak bisa mengintervensi apa yang dilakukan FHCI.

“Ada beberapa direktur utama berkeluh kesah karena putra putrinya tak lolos dalam rekrutmen, semuanya kembali asal punya kompetensi maka dia bisa lolos, ini benar-benar kita jaga, semuanya sama. Pak Arya Sinulingga, bahkan ada sanak saudaranya juga enggak lolos. Ini benar-benar kita jaga untuk memastikan orang-orang yang lolos memang berhak menjadi bagian dari BUMN,” ujar Tedi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kinerja Positif, IFG Raih Peringkat idAAA dari Pefindo

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan rating idAAA (triple A, stable outlook) kepada Indonesia Financial Group (IFG).

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Bantu Kembangkan Usaha, Ini Empat Solusi Desty Commerce

Desty Commerce menyediakan empat layanan utama untuk membantu merchant mengembangkan bisnis.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Pengendalian Inflasi, Pemerintah Diminta Jaga Stabilitas Harga

Kenaikan harga makanan dan energi mengerek inflasi bergerak naik, bahkan sampai kisaran yang anomali bagi inflasi pangan.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Anggaran PC PEN Baru Terserap 36,9%, Ini Kata Sri Mulyani

"Karena tahun ini pemulihan ekonomi sudah berjalan dan penanganan covid-19 makin baik, jadi realisasi PC-PEN agak tertahan,” ucap Sri Mulyani.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kearifan Lokal Bisa Diandalkan untuk Atasi Krisis Iklim

Juru Bicara G-20 Maudy Ayunda menegaskan, salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi krisis iklim adalah melalui local wisdom atau kearifan lokal.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Solusi Digital Jadikan UMKM Tahan Menghadapi Gejolak Ekonomi

Teknologi digital diyakini akan terus menjadi kunci pertumbuhan UMKM di tengah pemulihan ekonomi Indonesia.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lewat Edukasi, Noid Studio Dukung Industri Clothing Lokal

Noid Studio mendukung industri clothing atau busana lokal dengan memberikan edukasi terhadap terhadap bisnis fashion tersebut.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Realisasi Belanja Negara hingga Juli Capai Rp 1.448 Triliun

Sri Mulyani Indrawati menyatakan, realisasi belanja negara hingga akhir Juli 2022 mencapai Rp 1.448 triliun atau 46,5% dari pagu APBN.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Semester I 2022, Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 750 M

Citibank NA Indonesia (Citi Indonesia) membukukan laba bersih sebesar Rp 750 miliar atau tumbuh 63% secara year on year (yoy) pada semester I 2022.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Nobu Bank dan Ayoconnect Kerja Sama Pengembangan Solusi Open Banking

Kerja sama strategis dalam pengembangan solusi berbasis teknologi open banking ini didasari oleh kesamaan visi Ayoconnect dan Nobu Bank.

EKONOMI | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendagri Ingatkan Penjabat Kepala Daerah Tidak Korupsi

Mendagri Ingatkan Penjabat Kepala Daerah Tidak Korupsi

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings