Logo BeritaSatu

Ini Posisi Indonesia di Percaturan Industri Halal Global

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:52 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, potensi Indonesia menjadi pemain utama di industri halal global sangat besar, meskipun untuk beberapa sektor saat ini masih tertinggal.

Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Putu Rahwidhiyasha mengungkapkan, berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2021-2022, ekonomi dan keuangan syariah Indonesia berada di posisi empat di bawah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Advertisement

Posisi Indonesia ini masih lebih baik dibandingkan Turkey, Bahrain, Singapura, Iran, Yordania, Oman, Qatar, Inggris, Kazakhstan dan Pakistan yang menduduki peringkat lima hingga 15.

"Potensi industri halal di tingkat global itu sangat besar, namun posisi Indonesia di dalam percaturan global berada di peringkat empat. Kemudian kalau dilihat lagi dari enam industri, kita berada dalam 10 besar, kecuali industri muslim-friendly travel dan media and recreation," ungkap Putu dalam webinar UKM Produk Halal, dari Indonesia untuk Dunia, Kamis (30/6/2022).

Untuk empat industri lain yaitu finansial, Indonesia berada di peringkat enam. Di industri makanan halal berada di peringkat dua, di industri pakaian muslim atau modest fashion di urutan ketiga terbesar, sementara di industri farmasi dan kosmetik di peringkat sembilan terbesar.

Sementara itu berdasarkan data Islamic Finance Country Index (IFCI) pada Global Islamic Finance Report 2021, Indonesia berada di peringkat satu. Lalu berdasarkan data the Islamic Finance Development Indicator (IFDI) 2021, Indonesia berada di peringkat dua. Sedangkan berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2021, pariwisata halal Indonesia berada di peringkat empat.

"Ini yang akan coba kita pegang bersama. Bukan semata-mata angka, tetapi benar real di dalam perkembangan industrinya," kata Putu.

KNEKS sendiri telah menyusun master plan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024, di mana strategi utamanya adalah penguatan halal value chain, penguatan keuangan syariah, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta penguatan ekonomi digital.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lintasarta Gelar Pelatihan Digital untuk 344 Pelajar di NTT

Lintasarta bersama Orbit Future Academy memberikan pelatihan digital untuk 344 pelajar dan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kupang, NTT.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

BRI Komitmen Dukung Pemasaran Produk UMKM Unggulan

BRI Regional Office Jakarta 1 konsisten mengadakan acara Bazaar Klaster Mantriku untuk BRIlian Sahabat UMKM.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Anies Inisiasi Penyediaan Hunian Terjangkau di Kawasan TOD

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menginisiasi hadirnya hunian terjangkau dengan jenama Alaspadu di dalam kawasan TOD.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Sekjen Gerindra: Tidak Naiknya Harga BBM Jadi Harapan Rakyat

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani berharap pemerintah tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Ninja Xpress Komitmen Bantu Percepatan UMKM Go Digital

Ninja Xpress komitmen mendukung kolaborasi multi-stakeholder untuk mempercepat UMKM Go Digital pada acara peringatan Hari UMKM Nasional 2022.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

NBRS Corp Dorong Potensi Wirausaha Santri

NBRS Corp memotivasi para santri untuk bergerak maju dan mandiri untuk bisa mengupayakan peningkatan potensi diri.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Perkuat Pemasaran, Anugerah Pangan Lestasi Buka Orbeez

Guna melebarkan sayap usaha serta memperluas pemasaran berbagai produk makanan dan minuman Anugerah Pangan Lestari membuka gerai Orbeez.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Klaster Kelimutu Fase 1 Sold Out, Asya Raup Rp 200 Miliar

Chief Marketing Officer Asya Irma Gunawan Tjandra mengatakan, rangkaian unit klaster Kelimutu laris di hari peluncuran dengan total penjualan Rp 200 miliar.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Luhut Pastikan Kenaikan Harga BBM Diumumkan Pekan Depan

Menko Luhut menyatakan, Presiden Jokowi akan mengumumkan kepastian kenaikan harga BBM subsidi, Pertalite dan Solar pada minggu depan.

EKONOMI | 19 Agustus 2022

Beda dengan SHM, SKBG Rusun MBR Diberikan Selama 60 Tahun

SKBG Sarusun merupakan sebuah konstruksi hukum baru tentang bukti kepemilikan unit hunian berupa rumah susun yang diperuntukkan khusus bagi MBR.

EKONOMI | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

NEWS | 7 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings