Logo BeritaSatu

Tekan Emisi Karbon Lewat Palet Zero Carbon Hasil Daur Ulang

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Guna menekan emisi karbon global, CJ Logistics memperkenalkan palet zero carbon dari hasil sampah plastik daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

CJ Logistics mengumumkan pada Kamis (30/6/2022) bahwa perusahaan telah memperluas manajemen environmental, social and governance (ESG) global dengan memperkenalkan 400 palet zero carbon yang terbuat dari sampah plastik daur ulang di pusat logistik di Jakarta, Indonesia.

Palet merupakan platform datar yang digunakan untuk menyimpan, mengangkut, dan memuat barang di sebuah pusat logistik. Umumnya, pusat logistik di Indonesia selama ini masih menggunakan palet kayu.

Penerapan palet ramah lingkungan ini telah menghasilkan penurunan emisi karbon dan komposisinya membuat lebih tahan lama dibandingkan palet kayu standar yang biasanya digunakan di Indonesia. Namun palet kayu hanya bisa digunakan dalam waktu yang singkat karena tingkat suhu dan kelembaban yang tinggi. Iklim tropis menyebabkan palet cepat terdekomposisi dan juga dapat menarik hama.

Untuk mengatasi masalah ini, CJ Logistics berencana meningkatkan efisiensi operasi di pusat logistiknya di Jakarta dengan memperkenalkan palet plastik yang tahan lama dan dibuat dengan bahan plastik daur ulang yang lebih tahan terhadap dekomposisi dan hama.

CJ Logistics bekerja sama dengan Kotra untuk mengirimkan palet zero carbon ke Indonesia dengan selamat. Pihaknya menggabungkan potongan plastik yang diperoleh dari klien LocknLock dengan green technology baru dari produsen palet Sangjin ARP.

LocknLock memberikan kepada CJ Logistics sebanyak 12 ton plastik sisa dari hasil produksi saat membuat produk rumah tangga, seperti wadah kedap udara, secara cuma-cuma. Perusahaan kemudian menggunakan plastik ini sebagai bahan baku untuk memproduksi 400 palet ramah lingkungan.

hal ini menunjukkan kemitraan yang saling menguntungkan antara CJ Logistics, LocknLock dan Sangjin ARP. Setiap palet zero-carbon dapat mengurangi 67,3 kg emisi karbon, artinya jumlah total gas rumah kaca yang berkurang selama pembuatan 400 palet adalah sekitar 26.880 kg. Jumlah ini setara dengan jumlah karbon dioksida tahunan yang dapat diserap oleh 8.960 pohon pinus.

Direktur Utama CJ Logistics Indonesia, Jinmok Kim mengatakan palet zero carbon memberikan efek pengurangan karbon tambahan selama masa pakai produk. Biasanya, palet yang rusak akan langsung dibuang seluruhnya sehingga menghasilkan limbah.

Namun, dengan teknologi palet modular dari Sangjin ARP (hak paten internasional masih tertunda), palet yang rusak dapat diperbaiki dan bagian yang rusak bisa didaur ulang. Teknologi ini diharapkan dapat lebih menghemat biaya dan mengurangi emisi karbon.

"Meskipun palet dibuat dengan limbah plastik daur ulang, kami telah mengkonfirmasi bahwa kekuatan dan performa palet zero carbon serupa dengan palet standar dan dapat menahan beban hingga satu metrik ton," kata Jinmok.

Hasil ini didasarkan pada data yang telah dikumpulkan sepanjang tahun pertama pengenalan palet di pusat logistik CJ Logistics Korea Selatan. Selain itu, karena biaya produksi palet zero carbon hampir sama dengan palet plastik standar yang baru. Pihaknya berencana untuk terus mendapatkan pasokan limbah plastik berkualitas tinggi untuk memperluas pemakaian palet ini secara global.

"Dengan memperkenalkan palet zero carbon, kami dapat secara bersamaan mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi operasional di lokasi logistik kami di Indonesia," ujar Jinmok Kim.

"Kami berencana untuk memperluas pengenalan palet ramah lingkungan ini di pusat-pusat logistik di Indonesia dan lebih lanjut mempraktikan model bisnis logistik ramah lingkungan," pungkas petinggi CJ Logistics.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dow Jones Hilang 350 Poin, Investor Tunggu Data Pekerjaan

Dow Jones Industrial Average turun 346,93 poin, atau 1,15%, menjadi 29.926,94 dan S&P 500 kehilangan 1,02% menjadi 3.744,52.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Bursa Eropa Melemah karena Gagal Manfaatkan Momentum Positif

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,5% Kamis setelah sebelumnya sempat naik lebih 0,8%.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Selain Anies, Wagub DKI Kunjungi Korban Tembok Roboh MTsN 19

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengunjungi rumah duka korban runtuhnya tembok pembatas di sekitar Gedung MTsN 19 Jakarta Kamis malam.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Hey Coco Ajak Pelanggan Jadi Mitra

Hey Coco, produsen air minum dengan bahan dasar air kelapa dari Thailand, mengajak pelanggan menjadi mitra bisnis.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit usaha rakyat (KUR) diharapkan menyentuh petani kecil. Pasalnya, selama ini KUR dinilai tidak menyentuh petani kecil.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

KHE Gandeng Sumitomo Garap Proyek PLTA Rp 270 T di Kaltara

PT Kayan Hydro Energy (KHE) menggandeng Sumitomo Corporation, pada proyek pembangunan PLTA di Kalimantan Utara (Kaltara) senilai US$ 17,8 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

OJK Perkuat Tiga Aspek Perlindungan Konsumen di Era Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau pelaku usaha terus menjaga dan meningkatkan aspek perlindungan konsumen di era digital.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jayamas Medica Lepas 15% Saham ke Publik, Cek Jadwalnya

Jayamas Medica Lepas 15% Saham ke Publik, Cek Jadwalnya

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings