Logo BeritaSatu

Penuhi Target Investasi, Pembangunan KEK Lido Diakselerasi

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:40 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah terus fokus mendorong pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) agar mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah. Salah satu KEK yang sedang dalam tahap pembangunan yakni KEK Lido di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Saat memimpin pembahasan perkembangan KEK Lido di kantor Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, keberadaan KEK Lido di Pulau Jawa ini menjadi nilai lebih, sehingga diharapkan dapat memenuhi target investasi 5 tahun senilai US$ 1,8 miliar atau Rp 26,64 triliun. Pada tahun pertama nilai investasi pembangunan kawasan dan pelaku usaha telah terealisasi Rp 2,07 triliun atau 7,77% dari total nilai investasi. KEK Lido juga diharapkan dapat memenuhi target 5 tahun tersebut dengan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 21.154 orang, di mana saat ini sudah terserap sebanyak 1.192 tenaga kerja.

Advertisement

“Kegiatan seperti ini akan menyerap tenaga kerja yang besar, terutama di theme park dan sarana hospitality lainnya, kemudian sedang dibangun data center. Hal ini akan mendorong kegiatan industri kreatif, termasuk movieland. Kami berharap banyak produk kreatif dihasilkan dari sana,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resminya, Kamis (30/6/2022)

Saat ini, di area KEK Lido sedang dibangun beberapa proyek besar seperti Lido Hotel and Resort Extension, golf course, golf club, movieland, theme park, music and art center, serta infrastruktur dan sarana-prasarana lainnya. Untuk World Championship 18-holes golf course dan Lido Music and Arts Centre ditargetkan selesai pada akhir 2022. Keseluruhan proyek ini memiliki nilai realisasi investasi sebesar Rp 7,2 triliun apabila sudah 100% terbangun.

“Tadi dibahas progres KEK Lido, antara lain tentang penguasaan lahan yang sudah 80%, kemudian akses jalan dan infrastruktur hampir lengkap, yang ditargetkan sebagian fasilitas dapat beroperasi pada akhir tahun nanti. Dengan demikian, evaluasinya ini sudah dalam tahap siap beroperasi,” jelas Menko Airlangga.

Ketua Dewan Nasional KEK ini juga berpesan agar KEK Lido melakukan percepatan pembangunan, sehingga menarik investor dan berperan pada pemulihan ekonomi pasca pandemi melalui kegiatan pariwisata. Dengan lokasi premium dan menyajikan fasilitas prima, KEK Lido diharapkan akan mampu menghadirkan wisatawan premium atau menengah ke atas.

Pada kesempatan tersebut, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan, sudah cukup banyak pembangunan yang berjalan dan akan selesai pada akhir tahun ini. "Tentunya supaya ini bisa meningkatkan pariwisata, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar agar kehidupannya jadi lebih baik,” kata dia.

KEK Lido berlokasi di Lido, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. KEK Pariwisata dengan luas area 1.040 hektare ini telah ditetapkan melalui PP 69 Tahun 2021. Sesuai komitmen rencana investasi yakni pada 2041 akan merealisasikan sebesar US$ 2,4 miliar atau Rp 32 triliun, dan akan menyerap 29.545 orang tenaga kerja.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kuartal II, J Trust Bank Bukukan Laba Bersih Rp 15,72 M

J Trust Bank terus memfokuskan penyaluran kredit melalui segmen corporate banking, commercial and small medium enterprise, serta business linkage.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Perekonomian Pulih, IUIGA Lanjutkan Ekspansi Toko Ritel

Melihat tingkat pertumbuhan yang signifikan di 2020-2021, IUIGA optimistis melanjutkan ekspansi bisnis dan menambah jumlah toko ritel di Indonesia.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Baznas Kedepankan Transparansi Pengelolaan Dana Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai badan resmi yang ditunjuk pemerintah, berpegang teguh pada pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

17 Fintech Lending Legal Dicatut, AFPI Tempuh Jalur Hukum

AFPI menduga nama 17 platform fintech lending telah direplikasi atau dicatut oleh pinjaman online (pinjol) ilegal.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

OJK Komitmen Perkuat Sinergitas dan Komunikasi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan, peran OJK sebagai regulator dan pengawas industri jasa keuangan.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Jualan Laris, Laba Ciputra Development Tembus Rp 1 Triliun

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil kantongi laba hingga Rp 1,06 triliun pada semester pertama 2022.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Mandiri Capital Investasi Rp 1,4 Triliun Ke 20 Startup

Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen mendukung kemitraan strategis Mandiri Group dan BUMN dengan startup serta mendorong inovasi ekosistem digital.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Delameta Bilano dan Aino Perkuat Sistem Pembayaran Transportasi Indonesia

Delameta Bilano dan Aino mengambil peran yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran transportasi Jak Lingko.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

BRI mendukung industri kopi lewat BRI Indonesia Coffee Event 2022 yang diikuti oleh  komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Menteri Teten Pede Minyak Makan Merah Diserap Pasar

Kemenkop UKM memastikan produk minyak makan merah akan diserap pasar setelah proyek uji coba pengembangan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

EKONOMI | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kuartal II, J Trust Bank Bukukan Laba Bersih Rp 15,72 M

Kuartal II, J Trust Bank Bukukan Laba Bersih Rp 15,72 M

EKONOMI | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings