Logo BeritaSatu

Terbitkan Green Bond, BRI Ajak Masyarakat Berinvestasi Sekaligus Selamatkan Bumi

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:27 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI senantiasa mengajak masyarakat turut ambil bagian menyelamatkan bumi, sekaligus berinvestasi di instrumen terpercaya. Salah satunya, dengan menjadi investor penerbitan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI atau Green Bond.

Aksi korporasi tersebut menargetkan penghimpunan dana sebesar Rp15 triliun dengan jumlah emisi tahap I tahun 2022 sebesar Rp5 triliun. Masyarakat dapat berinvestasi pada green bond yang diterbitkan BRI tersebut dengan masa penawaran umum yang dilaksanakan mulai 14 Juli 2022 dan ditutup pada 15 Juli 2022.

Advertisement

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengungkapkan bahwa penerbitan greenbond ini merupakan komitmen perseroan dalam mendukung serta menumbuhkembangkan Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL), khususnya sektor UMKM di Indonesia. Aksi korporasi ini sekaligus mengukuhkan posisi BRI sebagai market leader penerapan Environmental, Social, & Sustainability (ESG) di Indonesia.

Green Bond merupakan upaya BRI dalam mendukung sustainability ataupun keberlanjutan kehidupan manusia serta mendorong tingkat kemakmuran ataupun prosperity. Masyarakat dapat turut serta bersama BRI dengan menjadi investor green bond untuk mendorong terciptanya pola bisnis berkelanjutan di dalam negeri,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima, Jumat (1/7/2022).

Dalam prospektus yang telah dipublikasikan perseroan, Warga Negara Indonesia (WNI) mau pun Warga Negara Asing (WNA), serta institusi dalam dan luar negeri berhak melakukan pembelian green bond perseroan. Adapun masa penawaran umum obligasi berwawasan lingkungan BRI dibuka pada 14 Juli 2022 hingga 15 Juli 2022 pukul 16.00 WIB.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan pembelian green bond dalam jumlah sekurang-kurangnya Rp5 juta atau kelipatannya. Penjatahan dijadwalkan pada 18 Juli 2022 yang kemudian Penjamin Pelaksana Emisi Efek wajib menyerahkan laporan hasil Penawaran Umum kepada OJK paling lambat 5 Hari Kerja setelah tanggal penjatahan.

Pembayaran pemesanan pembelian obligasi ditujukan kepada penjamin emisi efek yang telah ditetapkan, antara lain PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, PT BNI Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas.

Distribusi obligasi dilakukan perseroan pada pemesan pada 20 Juli 2022 serta tanggal pencatatan pada 21 Juli 2022. Hasil penghimpunan dana, sesuai dengan ketentuan sesuai ketentuan POJK60/2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan (Green Bond), akan dialokasikan perseroan minimal 70% pada kegiatan usaha dan/atau kegiatan lain yang masuk kriteria KUBL.

Aspek risiko dalam obligasi ini pun relatif terjaga, sebagaimana tampak dari peringkat idAAA (Triple A) untuk Obligasi Berwawasan Lingkungan yang menunjukkan kemampuan kuat perseroan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka panjang.

“PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah memberikan peringkat idAAA kepada BRI Green Bond tersebut,” tegas Achmad Royadi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kuartal II, J Trust Bank Bukukan Laba Bersih Rp 15,72 M

J Trust Bank terus memfokuskan penyaluran kredit melalui segmen corporate banking, commercial and small medium enterprise, serta business linkage.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Perekonomian Pulih, IUIGA Lanjutkan Ekspansi Toko Ritel

Melihat tingkat pertumbuhan yang signifikan di 2020-2021, IUIGA optimistis melanjutkan ekspansi bisnis dan menambah jumlah toko ritel di Indonesia.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Baznas Kedepankan Transparansi Pengelolaan Dana Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai badan resmi yang ditunjuk pemerintah, berpegang teguh pada pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

17 Fintech Lending Legal Dicatut, AFPI Tempuh Jalur Hukum

AFPI menduga nama 17 platform fintech lending telah direplikasi atau dicatut oleh pinjaman online (pinjol) ilegal.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

OJK Komitmen Perkuat Sinergitas dan Komunikasi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan, peran OJK sebagai regulator dan pengawas industri jasa keuangan.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Jualan Laris, Laba Ciputra Development Tembus Rp 1 Triliun

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil kantongi laba hingga Rp 1,06 triliun pada semester pertama 2022.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Mandiri Capital Investasi Rp 1,4 Triliun Ke 20 Startup

Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen mendukung kemitraan strategis Mandiri Group dan BUMN dengan startup serta mendorong inovasi ekosistem digital.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Delameta Bilano dan Aino Perkuat Sistem Pembayaran Transportasi Indonesia

Delameta Bilano dan Aino mengambil peran yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran transportasi Jak Lingko.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

BRI mendukung industri kopi lewat BRI Indonesia Coffee Event 2022 yang diikuti oleh  komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Menteri Teten Pede Minyak Makan Merah Diserap Pasar

Kemenkop UKM memastikan produk minyak makan merah akan diserap pasar setelah proyek uji coba pengembangan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

EKONOMI | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings