Logo BeritaSatu

Pemerintah Siapkan Skema Normal Program Kartu Prakerja

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:50 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Seiring mulai pulihnya pandemi Covid-19 yang akan berubah menjadi endemi, pemerintah berencana menjalankan skema normal program Kartu Prakerja dengan mengadakan pelatihan offline yang merupakan desain awal dari program Kartu Prakerja.

Skema normal berfokus pada peningkatan skill penerima dan bukan lagi semi bansos, di mana bantuan biaya pelatihan akan lebih besar dari insentif yang diberikan.

Deputi Bidang Koordinasi ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin menyampaikan, melalui program Kartu Prakerja dengan skema normal, pemerintah mendorong pelatihan-pelatihan dengan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan pasar. Pelatihan juga dapat dilakukan secara offline, online, dan hybrid.

"Fokus utama skema normal bukan lagi pada bantuan sosialnya seperti yang dijalankan sebelumnya, tapi akan fokus kepada peningkatan skill penerimanya. Biaya pelatihan akan menjadi lebih besar dan pelatihan dapat dilakukan secara offline dan online, namun akan lebih mendorong pelatihan offline," kata Rudy Salahuddin yang juga merupakan Ketua Tim Pelaksana Program Kartu Prakerja dalam keterangan resminya, Jumat (1/7/2022).

Program yang diluncurkan sejak bulan April 2020 ini telah diberikan kepada sebanyak 12,8 juta orang penerima manfaat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program ini juga bersifat inklusif dan menjangkau kelompok rawan dan minoritas, karena Program Kartu Prakerja hadir di 514 kabupaten/kota, dengan populasi 56% tinggal di desa dan 49% populasi gender adalah perempuan, serta sekitar 3% merupakan penyandang disabilitas.

Berbagai hasil survei evaluasi dan riset yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei eksternal maupun lembaga luar negeri sejak tahun 2020-2022, menemukan bahwa program ini berdampak positif dalam meningkatkan skill dan kebekerjaan penerima manfaat.

Survei dan riset ini telah membuktikan bahwa 30% penerima program yang sebelumnya menganggur, kini telah bekerja atau berwirausaha. Kemudian 90% penerima manfaat juga mengalami peningkatan kompetensi, produktivitas, daya saing, dan skill kewirausahaan.

“Selama dua tahun program ini berjalan, Kartu Prakerja telah sukses dijalankan dengan baik. Tentunya dengan kesuksesannya, harapan yang sangat tinggi juga diemban untuk keberlanjutan ke depannya,” tambah Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Sekretaris Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Raden Pardede.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Miris Petani Buang Hasil Panen Raya, DPR Desak Pemerintah Lakukan Intervensi

DPR menyesalkan peristiwa dibuangnya hasil panen raya oleh petani di daerah Gayo, Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

EKONOMI | 29 September 2022

Ombudsman Tekankan Pentingnya Regulasi Pembatasan Distribusi BBM

Ombudsman menekankan pentingnya regulasi mengenati pembatasan distribusi bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 28 September 2022

Tarik Investasi, Pemerintah Didorong Manfaatkan Momentum Perfect Storm

Pemerintah didorong memanfaatkan momentum perfect storm untuk menarik investasi. Yose Rizal Damuri menilai Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi global.

EKONOMI | 28 September 2022

Biro Klasifikasi Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis

Biro Klasifikasi Indonesia melaksanakan sertifikasi juru las secara gratis bagi 100 tenaga pengelasan dari berbagai perusahaan galangan kapal anggota Iperindo.

EKONOMI | 28 September 2022

Emiten Transportasi Genjot Ekspansi Kendaraan Listrik

PT Blue Bird Tbk (BIRD) siap menambah 150 kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) hingga akhir tahun 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Airlangga Ajak Sherpa G-20 Wujudkan Dunia yang Harmonis

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkenalkan Sherpa G-20 pada kearifan budaya Indonesia melalui gala dinner di Pelataran Wisnu Candi Prambanan.

EKONOMI | 28 September 2022

Merek Oppo Kembali Pimpin Pasar Smartphone Indonesia

Oppo berhasil mengukuhkan diri kembali menjadi pemain nomor satu di pasar smartphone Indonesia pada kuartal II 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Keuangan Bermasalah, Seluruh Kegiatan Usaha Wanaartha Life Dibatasi OJK

Dalam penjelasannya, OJK menilai bahwa Wanaartha Life tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

EKONOMI | 28 September 2022

BUMN Startup Day Perkuat Sinergi BUMN dengan Usaha Rintisan

BUMN Startup Day merupakan kegiatan yang positif karena bisa memperkuat sinergi antara BUMN dengan para perusahaan rintisan yang ada di Indonesia.

EKONOMI | 28 September 2022

Dana Otsus Papua Meningkat Tiap Tahun, Bagaimana Hasilnya?

Aliran dana otsus Papua dan dana tambahan infrastruktur (DTI) dari 2002 hingga 2021 untuk Papua dan Papua Barat telah mencapai Rp 138,65 triliun.

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

NEWS | 2 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings