Logo BeritaSatu

Penjualan Program Warung Rakyat Jawara US$ 160.000

Sabtu, 2 Juli 2022 | 12:27 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Jaring Pangan Warung Rakyat (Jawara), sebuah inisiasi program permodalan yang diadakan PT Jaring Pangan Indonesia telah membukukan penjualan hingga US$ 160.000 atau hampir Rp 2,5 miliar. Program Jawara yang mulai disosialisasikan sejak kuartal IV2021 ini berhasil menciptakan lebih 500 micro-entrepreneur baru.

Menurut CEO PT Jaring Pangan Indonesia Tjong Benny bahwa potensi bisnis Jawara sesuai proyeksi awal pembuatan program ini. “Kami melihat potensi pasar dari program ini dan meyakini bahwa Jawara adalah sebuah solusi tepat agar dapat menciptakan kesetaraan ekonomi,” terang Benny dalam keterangan tertulisnya Sabtu (2/7/2022).

Advertisement

Head Communications and Business PT Jaring Pangan Indonesia Deddy Effendi menjelaskan bahwa setiap Jawara yang saat ini sudah aktif memulai usahanya bisa mengantongi keuntungan hingga Rp 2 juta per bulan. Hal tersebut bisa terjadi karena PT Jaring Pangan Indonesia tidak mematok nilai jual produknya sehingga ada margin keuntungan yang bisa direncanakan oleh setiap Jawara berdasar market yang dilayani oleh mereka.

“Pencapaian penjualan hingga US$ 160.000 merupakan bukti bahwa kemampuan bisnis para Jawara memang sudah ada, namun kesempatannya saja yang tidak ada. Melalui program Jawara mereka membuktikan bahwa mereka mampu, mengingat 80% Jawara adalah masyarakat yang tidak memiliki latar belakang berdagang sebelumnya atau zero experience” ungkap Deddy.

Deddy mengatakan pihaknya selalu bekerja keras memberikan bimbingan dan training kepada setiap Jawara agar bisa menaikkan dan menjaga kelangsungan bisnisnya. "Kami juga melengkapi Jawara dengan teknologi yang membantu memonitor bisnis mereka," kata dia.

Antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti program ini cukup tinggi. Sekitar 7.000 orang mendaftar program dari Jabodetabek saja. Untuk kota-kota lain pendaftar sudah menyentuh 5.000 orang.

Adapun sebaran Jawara di Jabodetabek sudah mencapai 300 titik dan akan terus ditingkatkan. Sedangkan untuk kota lain akan di fokuskan di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang dan Bandung.

Tak hanya kepada Jawara, PT Jaring Pangan Indonesia juga berfokus pada peningkatan produksi. “Kami terus meningkatkan kemampuan produksi dengan membeli langsung hasil panen dari petani atau dari peternak. Saat ini lumbung produksi kami sudah tersebar di 6 daerah di Indonesia.” ungkap Tjong Benny.

PT Jaring Pangan Indonesia saat ini bekerja sama dengan 300 petani, 100 peternak ayam dan telur.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, UMKM berkontribusi besar bagi pemulihan ekonomi nasional. UMKM, menyerap 96,9 persen tenaga kerja. 

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kolaborasi dengan Bank Sumut, BNI Usung Orange Synergy

Melalui Orange Synergy, Bank Sumut dan BNI berkomitmen membangun kolaborasi strategis yang dituangkan dalam berbagai inisiatif pengembangan layanan perbankan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

AFPI menjalin kerja sama dengan TékenAja! dalam penyediaan tanda tangan elektronik dan e-meterai bagi penyelenggara fintech p2p lending.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Gandeng 4 Mitra, APR Hadirkan Viscose-Rayon Berkelanjutan

PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen serat viscose-rayon menegaskan komitmennya mendukung inovasi tekstil berkelanjutan atau ramah lingkungan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Ekonomi Pulih, Debitur Profil Risiko Tinggi Mulai Menurun

Debitur perbankan dan jasa keuangan yang memiliki profil risiko tinggi dan sangat tinggi (high risk and very high risk) mulai menurun.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sejalan Era Digitalisasi, Aviana Kelola 180 Juta Transaksi

PT Aviana Sinar Abadi berhasil mengelola 180 juta transaksi per bulan, termasuk transaksi di pelosok daerah.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Indocement Gunakan Listrik PLN di Kompleks Pabrik Tarjun

Indocement Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan, resmi menjadi konsumen tegangan tinggi PLN pertama di Kalimantan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Resesi Global, Founder Startup Perlu Lakukan Tiga Strategi Ini

Dua tahun lalu memang menjadi tahun emas bagi startup karena pandemi dan masyarakat banyak bergantung pada teknologi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Dana dan Here Technologies Perdalam Inklusi Keuangan

Here Technologies, platform data dan teknologi lokasi mengumumkan bahwa DANA sebagai platform dompet digital telah menggunakan layanan lokasi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sambut Hari Kemerdekaan, Pengembang Beri Fasilitas DP 0%

Pengembang properti Widari Agung Group memberikan kemudahkan untuk konsumen Widari Village dengan fasilitas uang muka atau DP 0%.

EKONOMI | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas U-16 ke Final, Bima Sakti Minta Maaf Bikin Tegang Penonton

Timnas U-16 ke Final, Bima Sakti Minta Maaf Bikin Tegang Penonton

BOLA | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings