Logo BeritaSatu

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:03 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Sektor manufaktur Indonesia pada Juni 2022 melanjutkan kinerja yang positif, meskipun sedikit melambat. Hal ini tercermin dari purchasing managers’ index atau PMI Manufaktur di bulan Juni yang masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8. Angka indeks di atas 50 ini diartikan mengalami ekspansi, sedangkan di bawah 50 berarti kontraksi.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyampaikan, ekspansi ini menunjukkan aktivitas produksi yang masih terus meningkat. Namun gejolak geopolitik serta perlambatan ekonomi dunia, khususnya di Tiongkok, mengganggu rantai pasok global dan menghambat laju ekspansi manufaktur Indonesia, yang juga dialami oleh sebagian besar negara di kawasan Asia, termasuk Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Advertisement

“Pemerintah akan terus memonitor dinamika dan prospek ekonomi global ke depan, serta memitigasi berbagai dampak yang mungkin timbul. Berbagai instrumen yang ada, termasuk APBN, akan dioptimalkan untuk meminimalisasi dampaknya pada perekonomian domestik. Dengan demikian, momentum pemulihan ekonomi nasional terjaga”, ujar Febrio Kacaribu dalam keterangannya, Minggu (3/7/2022).

Di sisi lain, meskipun sedikit meningkat, inflasi Juni 2022 masih terjaga di level 4,35% year on year. Febrio mengungkapkan, dibandingkan dengan banyak negara di dunia, inflasi Indonesia masih tergolong moderat. Laju inflasi di AS dan Uni Eropa terus mencatatkan rekor baru dalam 40 tahun terakhir, masing-masing mencapai 8,6% dan 8,8%. Demikian juga di sejumlah negara berkembang, seperti Argentina dan Turki, dengan laju inflasi masing-masing mencapai 60,7% dan 73,5%.

"Pemerintah, melalui instrumen APBN, berhasil meredam tingginya tekanan inflasi global, sehingga daya beli masyarakat serta momentum pemulihan ekonomi nasional masih tetap dapat dijaga,” lanjut Febrio.

Meskipun demikian, pemerintah akan terus memantau dan memitigasi berbagai faktor yang akan berpengaruh pada inflasi nasional, baik yang berasal dari eksternal maupun domestik. Inflasi Juni mengalami peningkatan yang terutama disebabkan oleh kenaikan harga pangan bergejolak (volatile food) yang signifikan mencapai 10,07% (yoy). Komoditas pangan yang meningkat meliputi cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah akibat curah hujan tinggi di wilayah sentra sehingga menimbulkan gagal panen dan terganggunya distribusi.

Sementara itu, inflasi inti Juni 2022 mengalami sedikit peningkatan menjadi 2,63% (Mei: 2,58%). Meningkatnya inflasi inti mencerminkan semakin menguatnya permintaan domestik. Inflasi harga diatur pemerintah (administered prices) juga mengalami peningkatan 5,33% (Mei 4,83%) setelah bergerak stabil di dua bulan sebelumnya yang terutama karena kenaikan tarif angkutan udara dan cukai hasil tembakau.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bukit Asam Raih 3 Penghargaan di TJSL & CSR Award 2022

Gelar Top 5 Star Pilar Lingkungan diperoleh oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berkat program Kampung Urban Bara Lestari.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

BRI Borong 3 Penghargaan Alpha South East Asia 2022

Salah satu penghargaan yang BRI raih di ajang 12th Annual Treasury & FX Awards adalah Best FX Bank for Retail Client.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Investor Profit Taking, Pasar Kripto Sedikit Tertahan

Pasar kripto menjelang akhir pekan terpantau mengalami kelesuan. Kondisi yang sama terjadi dengan Ethereum yang harus terpental dari zona hijau.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Investasi Astra di GOTO Hasilkan Untung Rp 3,7 Triliun

PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan keuntungan nilai wajar sebesar Rp 3,71 triliun atas investasi pada PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO).

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Japnas Fokus Sinergi Ciptakan Peluang Usaha dan Investasi di Indonesia

Ketua Japnas Bayu Djokosoetono menegaskan bahwa organisasi yang dipimpinnya fokus dalam business matching di seluruh daerah dan pusat.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Hadir Lebih Cepat, Ini Jadwal Baru Perilisan Ethereum 2.0

Pengembang Ethereum telah mengumumkan proses migrasi jaringan blockchain ETH akan terjadi pada 15 atau 16 September 2022 mendatang.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

JIEP Berhasil Raih Penghargaan CSR dan TJSL Award 2022

JIEP atau PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung berhasil meraih penghargaan atas aksi korporasinya.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Baleomol Berpartisipasi dalam Temu Mitra Agung Si Raja

 Baleomol, social commerce di bawah naungan PT Baleo Mol Indonesia turut berpartisipasi di ajang Temu Mitra Agung Si Raja.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Ajaib Group Gelar Edukasi Investasi untuk Anak Muda di Jateng

Chairman Ajaib Group, Andi Gani mengungkapkan saat ini hampir 50% investor saham di Indonesia merupakan pengguna aplikasi Ajaib.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Jeda Siang, IHSG Tergerus 25,9 Poin ke Level 7.136

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 160,1 miliar saham senilai Rp 6,8 triliun.

EKONOMI | 12 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menhub Budi Harap Motor Listrik BMI Jadi Solusi Masyarakat

Menhub Budi Harap Motor Listrik BMI Jadi Solusi Masyarakat

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings