Logo BeritaSatu

Ini Lima Hal Pentingnya Beralih dari TV Analog ke Digital

Minggu, 3 Juli 2022 | 17:15 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Penghentian tetap siaran TV analog atau analog switch off (ASO) tahap pertama tengah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya, pelaksanan ASO terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama pada 30 April 2022 di 56 wilayah layanan siaran di 166 kabupaten dan kota. Tahap kedua dilaksanakan paling lambat 25 Agustus 2022 di 31 wilayah layanan siaran di 110 kabupaten dan kota, dan tahap ketiga pada 2 November 2022 di 25 wilayah layanan siaran di 65 kabupaten dan kota.

Staf Khusus Menkominfo Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Transformasi Digital dan Hubungan Antar Lembaga Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan, ada lima urgensi digitalisasi penyiaran perlu dilakukan. Pertama, untuk kepentingan publik agar masyarakat memperoleh penyiaran yang lebih berkualitas.

Advertisement

"Dengan beralih ke TV digital, masyarakat akan mendapatkan siaran yang lebih bagus, lebih bersih gambarnya dan lebih jernih suaranya. Dengan set-top-box, banyak laporan dari masyarakat yang tadinya hanya dapat enam program, kini bisa mendapatkan alternatif siaran lebih dari 20 channel," ungkap Niken dalam acara Sosialisasi ASO dan Ceremony Penyerahan Bantuan Set-Top-Box yang disiarkan secara daring, Minggu (3/7/2022).

Urgensi kedua adalah efisiensi penggunaan frekuensi guna mendorong ekonomi digital dan industri di era 4.0. Apalagi frekuensi merupakan sumber daya yang sangat terbatas.

"Frekuensi itu menghubungkan antara misalnya perangkat handphone dengan perangkat yang lain. Tidak kelihatan, tetapi ada. Kalau TV analog, satu TV itu menggunakan satu frekuensi. Sedangkan kalau TV digital, satu frekuensi bisa digunakan antara 6-12 TV, jadi sangat irit sekali," kata Niken.

Urgensi ketiga adalah penataan ekonomi guna mendorong ekonomi digital dan industri di era 4.0. "Setelah dilakukan penataan ulang, tersisa frekuensi-frekuensi yang tadinya untuk broadcasting atau penyiaran, digunakan untuk akses internet, untuk 5G. Kalau akses internet tidak ditambah frekuensinya, maka makin banyak daerah-daerah yang blank spot, tidak bisa menangkap sinyal internet," kata Niken.

Urgensi keempat adalah tersedia digital dividen untuk alokasi frekuensi broadband 5G yang akan digunakan. Selanjutnya yang menjadi urgensi kelima adalah menghindari sengketa dengan negara-negara tetangga yang disebabkan intervensi spektrum frekuensi di wilayah-wilayah perbatasan.

"Kalau TV analog biasa, di daerah perbatasan seperti Entikong, justru siaran yang ditangkap kebanyakan siaran dari Malaysia. Nanti kalau TV-nya digital, TV kita tidak bisa ke negara tetangga, demikian juga sebaliknya," kata Niken.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Baznas Kedepankan Transparansi Pengelolaan Dana Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai badan resmi yang ditunjuk pemerintah, berpegang teguh pada pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

17 Fintech Lending Legal Dicatut, AFPI Tempuh Jalur Hukum

AFPI menduga nama 17 platform fintech lending telah direplikasi atau dicatut oleh pinjaman online (pinjol) ilegal.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

OJK Komitmen Perkuat Sinergitas dan Komunikasi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan, peran OJK sebagai regulator dan pengawas industri jasa keuangan.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Jualan Laris, Laba Ciputra Development Tembus Rp 1 Triliun

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil kantongi laba hingga Rp 1,06 triliun pada semester pertama 2022.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Mandiri Capital Investasi Rp 1,4 Triliun Ke 20 Startup

Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen mendukung kemitraan strategis Mandiri Group dan BUMN dengan startup serta mendorong inovasi ekosistem digital.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Delameta Bilano dan Aino Perkuat Sistem Pembayaran Transportasi Indonesia

Delameta Bilano dan Aino mengambil peran yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran transportasi Jak Lingko.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

BRI mendukung industri kopi lewat BRI Indonesia Coffee Event 2022 yang diikuti oleh  komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Menteri Teten Pede Minyak Makan Merah Diserap Pasar

Kemenkop UKM memastikan produk minyak makan merah akan diserap pasar setelah proyek uji coba pengembangan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Harga CPO Turun, BPS Ingatkan Meredupnya Windfall Komoditas

Badan Pusat Statistik (BPS) meminta seluruh pihak untuk mewaspadai kondisi berakhirnya windfall komoditas. 

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Krakatau Sarana Infrastruktur Siapkan Proyek Krakatau Urban Valley

Proyek Krakatau Urban Valley itu akan dilakukan di lahan seluas 270 hektare yang selama ini dikelola oleh PT Krakatau Sarana Infrastruktur.

EKONOMI | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Baznas Kedepankan Transparansi Pengelolaan Dana Zakat

Baznas Kedepankan Transparansi Pengelolaan Dana Zakat

EKONOMI | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings