Logo BeritaSatu

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Senin, 4 Juli 2022 | 09:34 WIB
Oleh : FMB

Jakarta, Beritasatu.com - RUN System sebagai collaboration productivity platform berkomitmen membantu digitalisasi proses bisnis, serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha melalui solusi bisnis yang disediakan, yaitu iKAS.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia memberikan tantangan baru bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Mayoritas UMKM atau sebesar 82,9% mengalami dampak negatif akibat pandemi, dan hanya 5,9% dari pelaku UMKM yang justru mengalami dampak positif. Berbagai upaya telah dilakukan oleh UMKM agar dapat bertahan, salah satunya melalui percepatan peralihan UMKM menuju digitalisasi.

Advertisement

Aplikasi iKas adalah aplikasi produktivitas untuk usaha mikro yang dikembangkan oleh RUN System. Aplikasi ini dapat membenahi tata kelola usaha melalui fitur yang mendukung aktivitas penjualan seperti Point of Sales (PoS), aktivitas pencatatan biaya dan persediaan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas usaha mikro. Untuk membantu pendapatan usaha mikro kecil, iKAS memiliki layanan seperti fitur Payment Point Online Banking (PPOB). Selain kedua layanan tersebut, RUN System juga memperluas layanan di bidang logistik melalui POSAja! Agen dengan menggandeng POSFIN yang merupakan anak usaha PT Pos Indonesia. Ke depannya, layanan yang disediakan RUN System akan terus berkembang melalui kolaborasi dengan berbagai penyedia layanan.

Solusi bisnis RUN System disambut baik oleh pelaku UMKM. Pada tahun 2021, pengguna iKAS sebesar 278 dan meningkat 25 kali atau sebesar lebih dari 2.000 % pada tahun 2022 (ytd) menjadi lebih dari 7.000 pengguna. Sementara, jumlah usaha mikro di Indonesia yang mencapai 63,5 juta (data Kementerian Koperasi dan UKM) memberikan bukti bahwa potensi bisnis iKAS sangat terbuka lebar.

Aplikasi iKAS tidak hanya dipercaya UMKM, melainkan juga dipercaya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha di desa, serta perseorangan/individu. Pada tahun 2021, pengguna iKAS terbatas di wilayah Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, pada tahun 2022 iKAS telah memperluas jangkauan wilayah hingga ke Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan akan terus melebarkan sayap hingga ke seluruh Indonesia dan Luar Negeri.

Solusi bisnis yang disediakan RUN System melalui iKAS, tentunya dapat mendorong digitalisasi proses bisnis serta mendorong pemberdayaan, pembinaan dan pengembangan potensi bisnis UMKM dan BUMDes. Terlebih, dari data Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT, mayoritas penduduk Indonesia memiliki alamat tinggal desa, yakni mencapai 70.51% dari total penduduk. Dengan demikian, penetrasi ke usaha mikro dan desa dapat membantu menstimulasi pertumbuhan ekonomi nasional serta memiliki kontribusi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) Nasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggaran PC PEN Baru Terserap 36,9%, Ini Kata Sri Mulyani

"Karena tahun ini pemulihan ekonomi sudah berjalan dan penanganan covid-19 makin baik, jadi realisasi PC-PEN agak tertahan,” ucap Sri Mulyani.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kearifan Lokal Bisa Diandalkan untuk Atasi Krisis Iklim

Juru Bicara G-20 Maudy Ayunda menegaskan, salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi krisis iklim adalah melalui local wisdom atau kearifan lokal.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Solusi Digital Jadikan UMKM Tahan Menghadapi Gejolak Ekonomi

Teknologi digital diyakini akan terus menjadi kunci pertumbuhan UMKM di tengah pemulihan ekonomi Indonesia.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lewat Edukasi, Noid Studio Dukung Industri Clothing Lokal

Noid Studio mendukung industri clothing atau busana lokal dengan memberikan edukasi terhadap terhadap bisnis fashion tersebut.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Realisasi Belanja Negara hingga Juli Capai Rp 1.448 Triliun

Sri Mulyani Indrawati menyatakan, realisasi belanja negara hingga akhir Juli 2022 mencapai Rp 1.448 triliun atau 46,5% dari pagu APBN.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Semester I 2022, Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 750 M

Citibank NA Indonesia (Citi Indonesia) membukukan laba bersih sebesar Rp 750 miliar atau tumbuh 63% secara year on year (yoy) pada semester I 2022.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Nobu Bank dan Ayoconnect Kerja Sama Pengembangan Solusi Open Banking

Kerja sama strategis dalam pengembangan solusi berbasis teknologi open banking ini didasari oleh kesamaan visi Ayoconnect dan Nobu Bank.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Laba Buyung Poetra Sembada Turun Tipis di Semester I 2022

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) mencatatkan laba bersih Rp 6,6 miliar, sedikit menurun dari capaian semester I 2021 yang meraih laba bersih Rp 7,5 miliar.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Qyusi Global Indonesia Kebut Proyek RDMP Balikpapan

Proyek RDMP Balikpapan menggandeng beberapa sub kontraktor berpengalaman. Salah satunya, PT Qyusi Global Indonesia, perusahaan manpower di bidang kontruksi.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lifepack Raih Pendanaan US$ 7 Juta dari Golden Gate Ventures

Lifepack, perusahaan farmasi digital di Indonesia meraih pendanaan seri A sebesar US$ 7 juta yang dipimpin Golden Gate Ventures, pemodal usaha di Asia Tenggara.

EKONOMI | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tindakan Brigadir J kepada Istri Irjen Ferdy Sambo Terjadi di Magelang

Tindakan Brigadir J kepada Istri Irjen Ferdy Sambo Terjadi di Magelang

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings