Logo BeritaSatu

Beasiswa LPDP Tahap II Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Senin, 4 Juli 2022 | 18:37 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Beasiswa LPDP (lembaga pengelola dana pendidikan) tahap II di tahun 2022 telah dibuka mulai 4 Juli 2022. Pembukaan beasiswa dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan yakni pada periode Februari untuk tahap I dan kembali dibuka pada hari ini untuk tahap kedua.

Pada pembukaan tahap II di tahun ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada berbagai kategori beasiswa yang telah disiapkan dari 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022. Seluruh rangkaian proses seleksi hingga diperoleh awardee terpilih akan berlangsung hingga 11 November 2022 mendatang. Masyarakat dapat mengkases informasi dan panduan resmi pada laman lpdp.kemenkeu.go.id.

Advertisement

"Sesuai dengan arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani di awal pembukaan beasiswa LPDP tahap I lalu, pembiayaan beasiswa untuk generasi terbaik bangsa adalah salah satu bentuk keberpihakan APBN terhadap pendidikan dan pengembangan SDM secara umum. Untuk mendukung tercapainya visi Indonesia Maju 2045, salah satu prasyarat adalah tercapainya SDM yang berkualitas. Dalam hal ini, beasiswa LPDP berkontribusi dalam memperkuat kualitas SDM Indonesia melalui dukungan pendidikan kelas terbaik dunia," tulis LPDP dalam keterangan resminya, Senin (4/7/2022).

Selama satu dekade perjalanan beasiswa LPDP, pemerintah konsisten menyisihkan anggaran untuk dikelola dalam dana abadi yang totalnya kini telah mencapai Rp 119,1 triliun. Kebijakan ini juga menunjukkan aspek keberlanjutan APBN yang tidak hanya untuk menjawab kebutuhan saat ini namun juga tantangan masa depan, manfaatnya pun juga akan dirasakan dari generasi ke generasi, tak terbatas waktu atau pemerintahan yang akan terus silih berganti.

Ketentuan umum dan teknis dalam kebijakan beasiswa LPDP tahap II tahun 2022 ini yang dapat diakses melalui lpdp.kemenkeu.go.id, mencakup program beasiswa afirmasi, beasiswa targeted, dan beasiswa umum.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendaftar diantaranya:

1. Seleksi beasiswa LPDP akan dilaksanakan pada tiga tahapan yaitu seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi (wawancara). Namun bagi pendaftar yang telah memiliki bukti surat diterima di Universitas yang termasuk dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dan memilih satu universitas tersebut sebagai tujuan studi, maka tidak perlu lagi melakukan seleksi bakat skolastik.

2. Wajib melampirkan surat usulan dari pejabat yang berwenang /membidangi SDM untuk seluruh program bagi pendaftar berprofesi PNS/TNI/POLRI. Khusus program PNS/TNI/POLRI tidak bisa mendaftar beasiswa pra sejahtera dan kewirausahaan.

3. Bagi pendaftar dengan lulusan luar negeri, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK yang dilakukan melalui website ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

4. Perlu diperhatikan bahwa setiap program beasiswa memiliki surat pernyataan masing-masing yang harus dipenuhi pendaftar.

5. Pada saat verifikasi NIK, sistem pendaftaran sudah terhubung langsung ke sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Sehingga pastikan nomor NIK sesuai dan terdaftar pada data di Dinas Dukcapil setempat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggaran PC PEN Baru Terserap 36,9%, Ini Kata Sri Mulyani

"Karena tahun ini pemulihan ekonomi sudah berjalan dan penanganan covid-19 makin baik, jadi realisasi PC-PEN agak tertahan,” ucap Sri Mulyani.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kearifan Lokal Bisa Diandalkan untuk Atasi Krisis Iklim

Juru Bicara G-20 Maudy Ayunda menegaskan, salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi krisis iklim adalah melalui local wisdom atau kearifan lokal.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Solusi Digital Jadikan UMKM Tahan Menghadapi Gejolak Ekonomi

Teknologi digital diyakini akan terus menjadi kunci pertumbuhan UMKM di tengah pemulihan ekonomi Indonesia.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lewat Edukasi, Noid Studio Dukung Industri Clothing Lokal

Noid Studio mendukung industri clothing atau busana lokal dengan memberikan edukasi terhadap terhadap bisnis fashion tersebut.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Realisasi Belanja Negara hingga Juli Capai Rp 1.448 Triliun

Sri Mulyani Indrawati menyatakan, realisasi belanja negara hingga akhir Juli 2022 mencapai Rp 1.448 triliun atau 46,5% dari pagu APBN.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Semester I 2022, Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 750 M

Citibank NA Indonesia (Citi Indonesia) membukukan laba bersih sebesar Rp 750 miliar atau tumbuh 63% secara year on year (yoy) pada semester I 2022.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Nobu Bank dan Ayoconnect Kerja Sama Pengembangan Solusi Open Banking

Kerja sama strategis dalam pengembangan solusi berbasis teknologi open banking ini didasari oleh kesamaan visi Ayoconnect dan Nobu Bank.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Laba Buyung Poetra Sembada Turun Tipis di Semester I 2022

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) mencatatkan laba bersih Rp 6,6 miliar, sedikit menurun dari capaian semester I 2021 yang meraih laba bersih Rp 7,5 miliar.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Qyusi Global Indonesia Kebut Proyek RDMP Balikpapan

Proyek RDMP Balikpapan menggandeng beberapa sub kontraktor berpengalaman. Salah satunya, PT Qyusi Global Indonesia, perusahaan manpower di bidang kontruksi.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lifepack Raih Pendanaan US$ 7 Juta dari Golden Gate Ventures

Lifepack, perusahaan farmasi digital di Indonesia meraih pendanaan seri A sebesar US$ 7 juta yang dipimpin Golden Gate Ventures, pemodal usaha di Asia Tenggara.

EKONOMI | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jonas Blue Jadi Juri Electronic Music Producer Contest 2022

Jonas Blue Jadi Juri Electronic Music Producer Contest 2022

LIFESTYLE | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings