Logo BeritaSatu

PHK Perusahaan Digital, Ini Strategi E-Commerce Bertahan

Selasa, 5 Juli 2022 | 06:59 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Peran e-commerce berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia selama pandemi Covid-19. Namun belakangan sejumlah perusahaan digital termasuk startup banyak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Meski demikian bisnis e-commerce melakukan sejumlah strategi untuk bertahan.

Salah satu pemain besar e-commerce di Indonesia, Blibli, mengakui adanya tantangan dalam aspek tersebut baik selama maupun pasca-pandemi. Dalam acara Hong Kong Special Administrative Region (HKSAR) 25th Anniversary Business Conference: “Resilience and Vibrancy: Hong Kong, Indonesia, and the ASEAN”, akhir Juni 2022 silam, Senior Vice President dan Head of Business Development Blibli, Yohanes Lukiman menyatakan bahwa Blibli menekankan pentingnya keberlanjutan bisnis sejak pendirian perusahaan pada 2011. Strategi ini membantu Blibli bertahan selama pandemi dan mencegah terjadinya PHK karyawan.

Advertisement

“Tidak pernah ada pemutusan hubungan kerja terkait efisiensi, dibandingkan gelombang PHK di perusahaan-perusahaan teknologi yang dimulai sejak pandemi dan terus berlangsung hingga kini. Kami cukup yakin bahwa P&L (laba dan rugi) kami adalah yang tersehat di dunia e-commerce Indonesia,” dikutip dalam keterangan yang diterima Selasa (5/7/2022).

Selain itu, kata dia, untuk tetap relevan dengan perkembangan pasar, Blibli mengembangkan strategi ritel omnichannel sebagai masa depan ritel. Menyusul akuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk tahun 2021, Blibli punya triple threat, yakni e-commerce Blibli, platform travel and experience tiket.com, dan supermarket premium Ranch Market, yang semuanya terhubung, sehingga bisa menyasar banyak kebutuhan belanja konsumen.

“Omnichannel membuat konsumen bisa membeli dan menerima barang kapan dan di mana saja, misalnya memilih barang online dan mengambilnya di lokasi mana pun kami berada dan partner pick up point kami,” kata Yohanes.

Senada, CEO perusahaan digital internasional SQLI, Jonty Sutton, menyebut strategi omnichannel menjadi solusi untuk beradaptasi dalam berbagai situasi yang bisa mempengaruhi bisnis ritel.

Tak hanya itu, resiliensi dari sudut pandang ritel digital pasca-Covid-19 fokus pada pertimbangan operasional. Investasi perusahaan lebih menuju ke waktu pengantaran yang lebih cepat, cara pembayaran, dan layanan berlangganan. “Inilah yang akan menarik konsumen, supply chain, logistik, dan sisi operasional adalah bagian-bagian inti bisnis saat ini,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jualan Laris, Laba Ciputra Development Tembus Rp 1 Triliun

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil kantongi laba hingga Rp 1,06 triliun pada semester pertama 2022.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Mandiri Capital Investasi Rp 1,4 Triliun Ke 20 Startup

Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen mendukung kemitraan strategis Mandiri Group dan BUMN dengan startup serta mendorong inovasi ekosistem digital.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Delameta Bilano dan Aino Perkuat Sistem Pembayaran Transportasi Indonesia

Delameta Bilano dan Aino mengambil peran yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran transportasi Jak Lingko.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

BRI mendukung industri kopi lewat BRI Indonesia Coffee Event 2022 yang diikuti oleh  komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Menteri Teten Pede Minyak Makan Merah Diserap Pasar

Kemenkop UKM memastikan produk minyak makan merah akan diserap pasar setelah proyek uji coba pengembangan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Harga CPO Turun, BPS Ingatkan Meredupnya Windfall Komoditas

Badan Pusat Statistik (BPS) meminta seluruh pihak untuk mewaspadai kondisi berakhirnya windfall komoditas. 

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Krakatau Sarana Infrastruktur Siapkan Proyek Krakatau Urban Valley

Proyek Krakatau Urban Valley itu akan dilakukan di lahan seluas 270 hektare yang selama ini dikelola oleh PT Krakatau Sarana Infrastruktur.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Biocycle Ekspor Maggot ke Eropa Senilai Rp 1 Miliar

Biocycle kembali melakukan ekspor black soldier fly larvae atau yang dikenal sebagai maggot ke Eropa, tepatnya ke Inggris.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Telkom Gelar Sosialisasi P3DN ke 5 BUMN

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar sosialisasi peningkatan penggunaan produksi dalam negeri ke lima BUMN.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

PPM School of Management Sarankan Pebisnis Kuasai Teknik Pitching

PPM School of Management, menjelaskan bahwa ketika melakukan pitching harus meyakininya sebagai hal yang penting.

EKONOMI | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kematian Covid-19 di 10 Provinsi, 15 Agustus 2022

Data Kematian Covid-19 di 10 Provinsi, 15 Agustus 2022

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings