Logo BeritaSatu

APPBI Tegaskan Pusat Perbelanjaan Tetap Patuhi Prokes

Selasa, 5 Juli 2022 | 14:07 WIB
Oleh : Herman / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menegaskan, pusat perbelanjaan selama ini tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, meskipun pemerintah sudah memberlakukan banyak pelonggaran terhadap fasilitas masyarakat lainnya seperti transportasi masal.

"Sampai dengan saat ini di pusat perbelanjaan masih diberlakukan dua protokol Covid-19 yaitu protokol wajib vaksinasi yang pemeriksaannya dilakukan melalui PeduliLindungi, dan protokol kesehatan yang sudah diberlakukan sejak awal pandemi seperti wajib masker, pemeriksaan suhu badan, cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya," kata Alphonzus Widjaja kepada Beritasatu.com, Selasa (5/7/2022).

Alphonzus menambahkan, APPBI secara periodik dan berkala juga akan terus mengingatkan semua anggota pusat perbelanjaan untuk selalu memberlakukan dan menerapkan protokol wajib vaksinasi dan protokol kesehatan secara ketat, disiplin dan konsisten.

Di kesempatan sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Airlangga Hartaro mengungkapkan, penggunaan aplikasi PeduliLindungi sudah mulai kendor di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan.

“Kita lihat di beberapa mal tidak seketat sebelumnya. Jadi saya monitor di beberapa mal dan beberapa kegiatan itu aplikasinya, bar code-nya ada, tapi banyak pengunjung yang masuk tanpa scan,” kata Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan pers seusai menghadiri rapat evaluasi PPKM di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/7/2022).

Temuan ini menjadi catatan bagi pemerintah. Karenanya, pemerintah tetap ingin kebijakan scan bar code PeduliLindungi saat masuk ke dalam mal, restoran, sekolah, bioskop atau pusat keramaian tetap dilakukan dan diperketat. Begitu juga dengan penggunaan masker tetap dilakukan bila masyarakat berinteraksi dengan jarak dekat.

"Satgas juga sudah mengeluarkan surat edaran untuk kegiatan keramaian wajib dosis ketiga. Bapak presiden mengingatkan bahwa aplikasi PeduliLindungi di berbagai tempat untuk terus diperketat. Jadi tidak boleh kendor. Karena beberapa tempat termonitor agak kendor,” ujar Airlangga Hartarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Masyarakat diminta untuk memastikan nomor IMEI HP yang tercantum dalam kemasan dengan jumlah SIM yang digunakan agar tidak tertipu ponsel atau HP bodong.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Mayoritas Sektor Saham Merah, IHSG Ambles 67 Poin Sesi I

Selama sesi I, nilai perdagangan IHSG mencapai sekitar Rp 9,66 triliun dan frekuensi perdagangan mencapai 759.814 kali transaksi.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

EKONOMI | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE