Logo BeritaSatu

Percepatan MRT Fase 3 Perlu Sinergi Sektor Publik dan Swasta

Senin, 11 Juli 2022 | 11:29 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam mempercepat pembangunan proyek MRT Jakarta, termasuk fase 3 Cikarang-Balaraja, diperlukan sinergi antara sektor sektor publik (pemerintah) dan swasta.

"Berdasarkan pengalaman, pembiayaan pembangunan MRT Fase 1 berasal dari pinjaman pemerintah, baik pusat maupun daerah yaitu DKI Jakarta," kata Managing Director PT Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono dalam Transit Oriented Development (TOD) Forum 2022 yang digelar yang digelar MRT Jakarta di Menara Mandiri Jakarta seperti dikutip dalam keterangan yang diterima Senin (11/7/2022).

Advertisement

Menurut Agung, metode pembiayaan dalam pembangunan MRT fase 3 bisa mengajak sektor swasta, baik perusahaan luar negeri maupun dalam negeri. Hal itu mengingat ekspansi pembangunan MRT fase 3 relatif panjang, yaitu akan terbentang sepanjang 87 km. "Jababeka bisa support salah satunya dengan menyediakan lahan untuk station," ungkap Agung yang pernah menjabat direktur operasi dan pemeliharaan MRT Jakarta ini.

Agung menambahkan bahwa strategi kolaborasi tersebut applicable dalam membangun MRT fase 3. Sementara jika menggunakan pendekatan seperti pada MRT fase 1 akan memakan waktu lama, mengingat panjangnya lintasan dan beragamnya pihak pemerintah yang terlibat, baik pusat maupun tiga provinsi yakni Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. "Perlu melakukan pendekatan lain yang inovatif dan sinergis dalam pembangunan MRT fase 3," kata Agung.

Agung mengatakan sinergi antara sektor publik dan swasta sudah mulai terwujud dengan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara PT Jababeka Tbk dengan MRT Jakarta dan PT Jasa Sarana terkait pembangunan MRT fase 3 di bulan Maret 2022 lalu.

Agung menyampaikan bahwa kawasan Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi sedang bertransformasi menjadi kota berkonsep TOD. Transformasi tersebut didasari banyaknya moda transportasi publik yang pertemuannya berujung dan bermula di sekitar kawasan Kota Jababeka, antara lain KRL Commuter Line double-double track yang sudah beroperasi hingga Stasiun Cikarang. “Rencana MRT Jakarta fase 3 (Timur-Barat) yang menghubungkan Balaraja di Banten hingga Cikarang di Jawa Barat,“ kata Agung

Nantinya kedua infrastruktur proyek strategis nasional yang segera beroperasi yaitu LRT Jabodebek sampai Bekasi dan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang memiliki perhentian Stasiun Karawang dan dapat terhubung dengan kawasan Kota Jababeka.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Permintaan Minyak Dunia Diramal Naik Jadi 101,7 Juta Barel

IEA dalam laporannya Januari 2023 lalu menyebut permintaan minyak dunia tahun 2023 diramal akan meningkat sebesar 1,9 juta bare per hari.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Digitalisasi Picu Serapan Lahan Kawasan Industri Menciut 17%

Penyerapan lahan di kawasan industri (KI) sepanjang 2022 turun 17,19% menjadi 519,38 ha dibanding 2021 karena transformasi digital.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

Minyak goreng (migor) subsidi merk Minyakita langka di sejumlah pasar di Lampung sejak 1 pekan terakhir.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat untuk Tujuan Finansial

Istilah frugal living yakni hidup hemat atau minimalis untuk mencapai tujuan finansial atau freedom financial bisa menjadi pilihan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE