Logo BeritaSatu

FEKDI 2022 Jadi Ajang Sinergisitas Kebijakan Ekonomi Digital

Senin, 11 Juli 2022 | 14:03 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah resmi membuka Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 di Bali yang mengangkat tema Advancing Digital Economy and Finance: Synergistic and Inclusive Ecosystem for Accelerated Recovery.

FEKDI 2022 merupakan ajang etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital, guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Perhelatan ini sekaligus merupakan side event dalam rangkaian G-20 Finance Track: Finance and Central Bank Deputies (FCBD) dan 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG) di Nusa Dua, Bali.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, pada kesempatan tersebut menyampaikan, digitalisasi menjadi pilar Indonesia maju. Melalui FEKDI 2022, sinergi dan kolaborasi digitalisasi Indonesia terus diperkuat. Sinergi dan inovasi yang inklusif menurutnya sangat diperlukan untuk memajukan bangsa agar dapat bersaing secara global.

“Dukungan Bank Indonesia dalam mewujudkan ekonomi digital nasional guna mengakselerasi pemulihan ekonomi semakin diperkuat, khususnya melalui kebijakan digitalisasi sistem pembayaran. Bank Indonesia berkomitmen untuk mendukung sinergi bauran kebijakan ekonomi digital dan keuangan digital nasional, sejalan dengan komitmen pemerintah dan visi Presiden untuk menuju Indonesia Maju," kata Perry Warjiyo dalam pembukaan FEKDI 2022, Senin (11/7/2022).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pandemi Covid-19 telah menciptakan prospek cerah pada potensi ekonomi digital dan keuangan digital Indonesia.

Pada tahun 2021, nilai perdagangan digital mencapai Rp 401 triliun seiring dengan meningkatnya akseptasi dan preferensi berbelanja daring serta didukung perluasan sistem pembayaran digital dan akselerasi digital banking. Pada tahun 2025 potensi ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai sekitar Rp 2.050 triliun, kemudian pada tahun 2030 diproyeksikan naik menjadi Rp 4.531 triliun.

“Indonesia juga menjadi tujuan investasi ekonomi digital terpopuler di Asia Tenggara atau mewakili 40% digitalisasi di Asia Tenggara dengan didukung upaya perbaikan iklim usaha yang kondusif," kata Menko Airlangga.

Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Pemerintah saat ini tengah mengoptimalkan peluang digitalisasi melalui implementasi sinergitas kebijakan ekonomi digital dan keuangan digital. Selain itu juga terwujud dalam upaya penguatan kerja sama dan konektivitas pada lingkup regional maupun global di berbagai sektor, termasuk sektor perdagangan dan pembayaran di ASEAN.

“Digitalisasi ekonomi digital dan keuangan digital terus diakselerasi dengan perbaikan-perbaikan dan telah mendorong capaian inklusi keuangan nasional," kata Menko Airlangga.

FEKDI 2022 hadir setiap hari selama 5 hari hingga tanggal 15 Juli 2022 secara hybrid, dengan ragam bahasan dan diskusi perkembangan ekonomi digital dan keuangan digital oleh otoritas, pelaku industri, akademisi dan lembaga internasional.

FEKDI 2022 juga menyuguhkan showcasing yang menampilkan berbagai produk dan inovasi, implementasi kebijakan serta pencapaian dalam pengembangan ekosistem ekonomi digital dan keuangan digital.

Sebelumnya juga telah dilakukan berbagai kegiatan ­pre-event FEKDI di 46 wilayah di Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

World Bank Sebut Warga Miskin Bertambah 13 Juta, DTKS Diubah?

Akibat perubahan batas garis kemiskinan World Bank membuat warga miskin di Indonesia bertambah.

EKONOMI | 30 September 2022

Bantuan Subsidi Upah Dinilai Lambat, Ini Penyebabnya

Bantuan subsidi upah lambat penyalurannya karena harus melalui proses verifikasi sehingga pihak penerima tepat sasaran.

EKONOMI | 30 September 2022

Sri Mulyani Teriakan Slogan NasDem dan Demokrat, Kemenkeu Buka Suara

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sempat meneriakkan slogan NasDem dan Demokrat, apa maksudnya?

EKONOMI | 30 September 2022

Pengamat: BLT Bantu Ekonomi Masyarakat Kelompok Rentan

Keputusan Presiden Jokowi memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat rentan dipandang sebagai langkah yang tepat.

EKONOMI | 30 September 2022

Gandeng Asparindo, KEK Morotai Bangun Pusat Industri Laut

Kawasan industri kelautan mencakup pengolahan, perdagangan, budidaya, pemasaran, serta pelatihan peningkatan SDM di KEK Morotai.

EKONOMI | 30 September 2022

Waskita Divestasi Tol Semarang-Batang Rp 3,8 T ke Hong Kong

PT Waskita Toll Road (WTR) mendivestasi (melepas) sebanyak 40% saham atau setara Rp 3,8 triliun kepemilikannya di PT Jasamarga Semarang Batang (JSB).

EKONOMI | 30 September 2022

Askrindo Raih Penghargaan Stellar Workplace Award 2022

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo meraih penghargaan dalam Stellar Workplace Award 2022, Kamis (29/9/2022).

EKONOMI | 30 September 2022

Bansos Kartu Sembako dan PKH Cair Lagi Pekan Depan

Pemerintah akan mencairkan kembali bantuan sosial (bansos) kartu sembako dan bansos program keluarga harapan (PKH) mulai Oktober 2022.

EKONOMI | 30 September 2022

Rupiah Ditutup Menguat 35 Poin ke Rp 15.227 Per Dolar AS

Mata uang Garuda atau rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 15.014- Rp 15.049 per dolar AS.

EKONOMI | 30 September 2022

Adhi Cakra Utama Mulia Perkuat Pasar Cat Pelapis Aquaproof

PT Adhi Cakra Utama Mulia terus memperkuat pasar produk cat pelapis rumah Aquaproof, di tengah meningkatnya permintaan konsumen.

EKONOMI | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank Muamalat Bukukan Pembiayaan Rp 18,93 Triliun

Bank Muamalat Bukukan Pembiayaan Rp 18,93 Triliun

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings