Logo BeritaSatu

Negara Dapat Maju bila Perempuan Diberi Ruang Berkarya

Kamis, 14 Juli 2022 | 20:51 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Juru Bicara G-20 Maudy Ayunda mengungkapkan, saat ini jumlah perempuan Indonesia mencapai 49,5% dari total populasi. Mayoritas dari mereka adalah kategori usia produktif. Untuk itu negara harus peduli pada perempuan dan memberikan jalur yang dapat mendukung terciptanya kesetaraan gender. Dengan memberikan ruang bagi perempuan untuk berkarya, maka negara dapat mencapai kemajuan.

"Jadi kalau ingin negara ini maju, kita juga perlu menaruh perhatian pada isu pemberdayaan perempuan, kita harus peduli dan memberikan jalur yang betul-betul mendukung kesetaraan," kata Maudy dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Perempuan Berdaya untuk Pulih Bersama", Kamis (14/7/2022).

Menurut Maudy, perempuan memiliki kontribusi besar di masyarakat. Namun dalam upaya mengaktualisasi diri, perempuan Indonesia masih terbentur pandangan kultural. "Pengalaman saya, ketika hendak kuliah di luar negeri, ada saja yang ngomong "ngapain sekolah tinggi-tinggi kalau nanti akhirnya di rumah saja." Anggapan yang mengatakan perempuan tidak perlu berkontribusi sebesar itu. Ini sebenarnya masuk ke alam bawah sadar dan mempengaruhi mindset dan kondisi emosional saya," tuturnya.

Pada titik ini, dia ingin mengajak para perempuan di Indonesia untuk mandiri. Bukan hanya kemandirian secara finansial, melainkan juga kemandirian berpikir. Proses mencerdaskan diri merupakan sebuah aksi yang sangat powerful bagi perempuan.

Menurutnya, kemandirian berpikir seseorang didapatkan melalui pendidikan. Sebab proses berpikir yang sistemis tidak
didapatkan dengan sendirinya, melainkan melalui bacaan, berbicara dengan orang lain, membuka diri pada beragam perspektif dan lain-lain. "Saya rasa kita akan mendapatkan kekuatan lebih di situ untuk bisa memiliki opini-opini sendiri, juga tidak terbawa alur-alur atau ekspektasi atau beban-beban di luar sana yang mungkin akhirnya, merugikan perempuan," ujarnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi G-20 tahun 2022, komitmen Indonesia juga kuat untuk mengangkat isu-isu perempuan. Pada Presidensi G-20 Indonesia tahun ini, Indonesia mendorong isu-isu tersebut melalui aliansi G-20 EMPOWER dan Engagement Group Women20 atau W20. G20 EMPOWER merupakan inisiatif Indonesia, berupa aliansi para pemimpin sektor swasta dan pemerintah untuk bersama memberikan pendampingan dan mendukung kemajuan pemimpin perempuan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hey Coco Ajak Pelanggan Jadi Mitra

Hey Coco, produsen air minum dengan bahan dasar air kelapa dari Thailand, mengajak pelanggan menjadi mitra bisnis.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit usaha rakyat (KUR) diharapkan menyentuh petani kecil. Pasalnya, selama ini KUR dinilai tidak menyentuh petani kecil.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

KHE Gandeng Sumitomo Garap Proyek PLTA Rp 270 T di Kaltara

PT Kayan Hydro Energy (KHE) menggandeng Sumitomo Corporation, pada proyek pembangunan PLTA di Kalimantan Utara (Kaltara) senilai US$ 17,8 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

OJK Perkuat Tiga Aspek Perlindungan Konsumen di Era Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau pelaku usaha terus menjaga dan meningkatkan aspek perlindungan konsumen di era digital.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Telkom Dukung Digitalisasi Pendidikan di Daerah 3T

Telkom menyerahkan bantuan berupa perangkat device, network, application ke 321 sekolah di seluruh Indonesia terutama yang berada di wilayah 3T.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Survei Indikator: 80% Masyarakat Indonesia Belum Punya NPWP

Mayoritas responden dari survei Indikator Politik Indonesia menyatakan belum mempunyai nomor pajak wajib pajak (NPWP), yakni sekitar 80%.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

TransNusa Mulai Terbang Jakarta-Bali-Yogyakarta

TransNusa lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 WIB pagi dari Soekarno-Hatta dan mendarat di Yogyakarta pukul 09.25 WIB.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings