Logo BeritaSatu

Negara Dapat Maju bila Perempuan Diberi Ruang Berkarya

Kamis, 14 Juli 2022 | 20:51 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Juru Bicara G-20 Maudy Ayunda mengungkapkan, saat ini jumlah perempuan Indonesia mencapai 49,5% dari total populasi. Mayoritas dari mereka adalah kategori usia produktif. Untuk itu negara harus peduli pada perempuan dan memberikan jalur yang dapat mendukung terciptanya kesetaraan gender. Dengan memberikan ruang bagi perempuan untuk berkarya, maka negara dapat mencapai kemajuan.

"Jadi kalau ingin negara ini maju, kita juga perlu menaruh perhatian pada isu pemberdayaan perempuan, kita harus peduli dan memberikan jalur yang betul-betul mendukung kesetaraan," kata Maudy dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Perempuan Berdaya untuk Pulih Bersama", Kamis (14/7/2022).

Menurut Maudy, perempuan memiliki kontribusi besar di masyarakat. Namun dalam upaya mengaktualisasi diri, perempuan Indonesia masih terbentur pandangan kultural. "Pengalaman saya, ketika hendak kuliah di luar negeri, ada saja yang ngomong "ngapain sekolah tinggi-tinggi kalau nanti akhirnya di rumah saja." Anggapan yang mengatakan perempuan tidak perlu berkontribusi sebesar itu. Ini sebenarnya masuk ke alam bawah sadar dan mempengaruhi mindset dan kondisi emosional saya," tuturnya.

Pada titik ini, dia ingin mengajak para perempuan di Indonesia untuk mandiri. Bukan hanya kemandirian secara finansial, melainkan juga kemandirian berpikir. Proses mencerdaskan diri merupakan sebuah aksi yang sangat powerful bagi perempuan.

Menurutnya, kemandirian berpikir seseorang didapatkan melalui pendidikan. Sebab proses berpikir yang sistemis tidak
didapatkan dengan sendirinya, melainkan melalui bacaan, berbicara dengan orang lain, membuka diri pada beragam perspektif dan lain-lain. "Saya rasa kita akan mendapatkan kekuatan lebih di situ untuk bisa memiliki opini-opini sendiri, juga tidak terbawa alur-alur atau ekspektasi atau beban-beban di luar sana yang mungkin akhirnya, merugikan perempuan," ujarnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi G-20 tahun 2022, komitmen Indonesia juga kuat untuk mengangkat isu-isu perempuan. Pada Presidensi G-20 Indonesia tahun ini, Indonesia mendorong isu-isu tersebut melalui aliansi G-20 EMPOWER dan Engagement Group Women20 atau W20. G20 EMPOWER merupakan inisiatif Indonesia, berupa aliansi para pemimpin sektor swasta dan pemerintah untuk bersama memberikan pendampingan dan mendukung kemajuan pemimpin perempuan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sepekan, IHSG Turun dan Kapitalisasi Naik Jadi Rp 9.512 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) turun 0,48% menjadi 7.019,639 dari 7.053,150 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

Saham energi sejak awal tahun hingga 2 Desember 2022 (year to date/ytd) melonjak 87,3%. Di belakang sektor energi adalah sektor perindustrian.

EKONOMI | 3 Desember 2022

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Australia 2-1, Argentina ke Perempat Final

Kalahkan Australia 2-1, Argentina ke Perempat Final

SEMESTA BOLA 2022 | 29 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE