Logo BeritaSatu

DPR Minta WA, Google, dan Twitter Patuh Aturan Indonesia

Selasa, 19 Juli 2022 | 17:04 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - DPR mendukung langkah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate yang mewajibkan penyelenggara sistem elektronik (PSE) melakukan pendaftaran. Karena itu, PSE seperti perusahaan teknologi WhatsApp (WA), Google, Twitter, Instagram dan Facebook wajib melakukan pendaftaran dengan batas waktu pada Rabu (20/7/2022). Jika tidak melakukan pendaftaran PSE, perusahaan tersebut terancam diblokir.

“Kita ingin seluruh pihak yang beroperasi di Indonesia untuk patuh pada hukum yang berlaku, termasuk soal mendaftarkan diri sebagai PSE,” ujar Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS Sukamta kepada wartawan, Selasa (19/7/2022).

Sukamta pun berharap Menkominfo konsisten menerapkan Peraturan Menkominfo (Permenkominfo) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permenkominfo 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat. Pasalnya, aturan sudah disosialisasikan sejak enam bulan lalu.

“Negara harus memerankan diri sebagai pelindung warga negara ketika mereka tidak punya kemampuan atau pilihan berhadapan dengan perusahaan-perusahaan raksasa. Semoga Kemenkominfo konsisten mengemban peran ini demi merah putih yang kita cintai bersama,” tutur Sukamta.

Senada dengan itu, Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar Christina Aryani juga mengatakan pihaknya mendukung sikap tegas Menkominfo yang telah kembali mengingatkan PSE privat untuk segera melakukan pendaftaran.

“Kewajiban pendaftaran terkait erat dengan upaya pemerintah memastikan PSE menjalankan kewajiban keamanan informasi dan pelindungan data pribadi pengguna sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, yang menjadi penting untuk melindungi pengguna jasa mereka di Indonesia,” kata Christina.

Christina menuturkan kewajiban pendaftaran telah jelas dalam Permenkominfo 10/2021 tentang Perubahan atas Permenkominfo 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat. Berdasarkan ketentuan tenggat waktu pendaftaran PSE jatuh pada Juli 2022. Menurutnya, tidak ada alasan bagi PSE untuk menunda pendaftaran, karena sudah diberikan tenggat waktu enam bulan dan proses pendaftaran mudah, karena melalui online single submission (OSS).

“Kami mengapresiasi penyelenggara sistem elektronik yang sudah mendaftar dan mendorong yang belum agar segera melakukan pendaftaran. Hal ini penting untuk menunjukkan iktikad baik PSE yang walaupun didirikan menurut hukum negara lain atau berdomisili tetap di negara lain, tetapi notabene melakukan kegiatan usaha atau memberikan layanan di Indonesia,” pungkas Christina.

Sebelumnya, Menkominfo mengingat PSE melakukan pendaftaran selambatnya pada 20 Juli 2022. Johnny berharap PSE ambil inisiatif segera untuk melakukan pendaftaran, karena mudah dengan OSS yang sudah tersedia.

“Jangan sampai kealpaan PSE, memaksa Kemenkominfo menegakkan aturan, seperti Google, Twitter, Facebook segera inisiatif lakukan pendaftaran. Jangan menunggu batas waktu berakhir, kalau berakhir jadi perusahaan tidak terdaftar, sehingga tidak sehat bagi dunia usaha,” kata Johnny.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DJP Optimistis Penerimaan Pajak 2022 Lampaui Rp 1.485 T

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) optimistis penerimaan pajak tahun 2022 akan melampaui  target yang ditetapkan sebesar Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 30 November 2022

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Honeywell Komitmen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Honeywell menyatakan kesiapan dalam mendukung Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mewujudkan ibu kota yang cerdas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 November 2022

Erick Thohir Sebut Impor Beras Sebagai Langkah Keseimbangan

Erick Thohir menyatakan, impor beras sebagai langkah memastikan terjadinya keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

52,9 Juta Wajib Pajak Bisa Gunakan NIK Sebagai NPWP

Neil mengatakan, pengintegrasian NIK sebagai NPWP bertujuan meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

EKONOMI | 29 November 2022

Pacu Bisnis KPR, KB Bukopin Gandeng Asosiasi Agen Properti

KB Bukopin mengumumkan kerja sama strategis dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) dalam memacu bisnis kredit pemilikan rumah (KPR).

EKONOMI | 29 November 2022

Begini Strategi BRI Finance Targetkan NPF di Bawah 2,5%

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menetapkan target NPF di bawah 2,5% melalui strategi tata kelola yang baik.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu: Pemerintah Waspadai Dampak Kebijakan The Fed

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, gejolak perekonomian global bisa terjadi karena The Fed masih akan menaikan suku bunga acuan di tahun 2023 nanti.

EKONOMI | 29 November 2022

Indonesia Dapat Komitmen Rp 314 Miliar untuk Transisi Energi

Indonesia mendapat komitmen dana asing US$ 20 juta (Rp 314 miliar) untuk transisi energi.

EKONOMI | 29 November 2022

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator

Kompetisi ini terdiri dari roadshow, workshop, penyampaian karya inovasi, screening, pembekalan, presentasi, verifikasi lapangan, dan penetapan pemenang.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Turis Piala Dunia Buat Unta Qatar Harus Lembur

Turis Piala Dunia Buat Unta Qatar Harus Lembur

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE