Logo BeritaSatu

Rupiah Cepat Targetkan Penyaluran Pinjaman Baru Rp 6 Triliun

Rabu, 20 Juli 2022 | 19:08 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Kredit Utama Fintech Indonesia (Rupiah Cepat) sebagai penyelenggara fintech p2p lending klaster multiguna mematok target penyaluran pinjaman baru mencapai Rp 6 triliun sepanjang tahun 2022. Menggandeng sejumlah bank umum sebagai pemberi pinjaman (lender) menjadi salah satu upaya perusahaan untuk dapat mencapai target tersebut.

Direktur Utama Rupiah Cepat Yolanda menyampaikan, akumulasi pinjaman tersalurkan sampai dengan Juni 2022 hampir mencapai Rp 15 triliun, sejak perusahaan berdiri pada Maret 2018. Khusus di tahun ini, Rupiah Cepat berupaya secara konsisten dapat menyalurkan pinjaman sebesar Rp 400-500 miliar per bulan.

"Tahun ini kami mau positif tumbuh Rp 6 triliun, seperti yang sudah ditargetkan awal tahun ini. Tahun lalu Rp 4 triliun, jadi tumbuh sekitar 50%," kata Yolanda saat media visit di kantor Beritasatu Media Holdings (BSMH), Rabu (20/7/2022).

Yolanda mengatakan, salah satu strategi yang dilakukan perusahaan pada tahun ini seiring dengan mandat dari POJK 10/2022 tentang fintech p2p lending yang baru dirilis OJK belum lama ini yaitu memperkuat kolaborasi dengan lender dari jasa keuangan lainnya. Kolaborasi dipercaya bisa membuka akses pinjaman kepada lebih banyak segmen unbanked dan underserved di Indonesia.

"Saat ini Rupiah Cepat sudah bekerja sama dengan dua institusi perbankan yaitu Bank Neo Commerce sebagai salah satu pionir bank digital dan Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai salah satu bank di Himbara. Kami menargetkan sampai dengan akhir tahun ini akan ada empat ongoing institusi perbankan lagi yang dapat bekerja sama sebagai lender," beber Yolanda.

Dia menerangkan, empat calon lender institusi di Rupiah Cepat itu merupakan bank umum agar penyaluran pinjaman bisa lebih tersebar. Oleh karena itu, saat ini pihaknya belum berencana untuk menggandeng BPR maupun BPD karena penyaluran yang tersentralisasi di wilayah operasional bank tersebut.

Dari sisi pengguna, Rupiah Cepat dipercaya memfasilitasi pendanaan lebih dari 3.000 lender yang didominasi para lender retail. Sejumlah lender itu berkontribusi terhadap penyaluran pinjaman kepada sebanyak hampir 7 juta penerima pinjaman atau borrower.

"Kami menargetkan pertumbuhan pengguna sampai dengan 10% sampai akhir tahun. Cuma, yang mau kami jaga itu agar pengguna tetap loyal menggunakan produk-produk dari Rupiah Cepat," imbuh Yolanda.

Baca selanjutnya
Dia menjelaskan, upaya untuk mengakuisisi pengguna baru terus dilakukan. Pendekatan misalnya ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BKI Sabet Human Capital & Performance Awards 2022

Penghargaan yang diraih BKI ini penting untuk pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Normal

Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) mengalami erupsi disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter dan menyebabkan sejumlah gempa.

EKONOMI | 4 Desember 2022

GOTO Dilanda Aksi Jual Pascalock Up Dibuka, Saatnya Beli?

Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk dalam 10 deretan saham yang mengalami tekanan cukup besar pekan ini.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mbappe Jadi Andalan, Ini Susunan Pemain Prancis vs Polandia

Mbappe Jadi Andalan, Ini Susunan Pemain Prancis vs Polandia

SEMESTA BOLA 2022 | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE