Logo BeritaSatu

Desain Arsitektur IKN Harus Selaras dengan Kearifan Lokal

Jumat, 22 Juli 2022 | 12:49 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Eksistensi bangunan tradisional di Kalimantan dipastikan terimbas kehadiran pembangunan sarana dan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Kalimantan Timur (Kaltim) Wahyullah B Ombang mengatakan, pembahasan arsitektur di sekitar kawasan IKN Nusantara disambut baik oleh masyarakat luas, terutama kalangan arsitek.

"Pasalnya, hal ini akan membuka kesempatan bagi arsitek di Kaltim dan sekitarnya untuk memajukan arsitektur lokal dalam memenuhi kebutuhan baru dan modernisasi," kata Wahyullah, dalam sambutan seminar daring bertajuk "Arsitektur Sekitar Ibu Kota Baru" di Jakarta, Kamis (21/7/2022) petang.

Wahyullah menjelaskan, perancang IKN Nusantara diharapkan dapat mengadopsi bangunan tradisional Kalimantan yang memiliki desain unik.

"Tentunya, kami berharap arsitektur daerah yang memiliki ragam dan keunikan seni budaya tetap hadir, dalam pembangunan IKN Nusantara," jelasnya.

Menurut Wahyullah, kehadiran berbagai bangunan di IKN Nusnatara dapat merepresentasikan etnik masyarakat Kalimantan yang terdiri dari banyak suku diantaranya Kutai, Paser, Dayak, Berau, Banjar, Jawa, Bugis, Makasar dan Madura.

"Eksistensi bangunan tradisional di Kalimantan pasti terimbas oleh kehadiran pembangunan sarana dan infrastruktur IKN, yang diprediksi akan menyedot banyak fungsi baru dan tuntutan dalam rancang desain," tambahnya.

Hal senada disampaikan Koordinator Tim Ahli – Tim Transisi Ibu Kota Nusantara, Wicaksono Sarosa yang mewakili Badan Otorita IKN, bahwa pembangunan arsitektur di sekitar IKN akan memperkaya fasilitas penunjang lingkungan.

"Di samping infrastruktur dan bangunan-bangunan inti di kawasan inti pusat pemerintahan, ada beberapa fasilitas kesehatan, pendidikan, dan fasilitas kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Filosofi dan latar belakang budaya arsitektur khas Kalimantan disampaikan juga oleh Arsitek Faizal Baharuddin kandidat Doktor dari Arsitektur Untag Samarinda yang telah melakukan kajian tentang rumah tradisional dan lingkungan pemukiman di Kalimantan Timur.

Karakter arsitekturnya memperlihatkan struktur kehidupan masyarakat Kalimantan, berupa karya adiluhung yang memukau wisatawan yang berkunjung.

Keindahan bangunan khas Kalimantan, ternyata memacu kalangan arsitek muda untuk mengembangkan karya arsitektur baru mereka yang desainnya tetap berakar pada budaya dan karakter etnik lokal.

Transfer desain berbasis budaya ini dilakukan Arsitek Vergian Septiandy praktisi yang karyanya banyak mengisi wajah bangunan di Kalimantan.

Keresahan pada budaya lokal yang akan tergerus oleh modernisasi infrastruktur di sekitar ibu kota baru telah menggugah rasa kritis Arsitek senior Josef Prijotomo dari Unika Parahyangan, untuk memantapkan pemikiran arsitek muda dan pelaku pembangunan dalam menjalankan profesinya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dibuka Melemah 0,49%, IHSG Turun ke Zona 6.700

IHSG turun ke zona 6.700 pada pembukaan sesi I, Jumat (9/12/2022). IHSG dibuka melemah 33,44 poin (0,49%) di posisi 6.770,78.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ekspansi, Bandara Soetta Akan Mampu Tangani 125 Juta Orang Per Tahun

Bandara Internasional Soekarno-Hatta perlu dikembangkan lebih masif lagi untuk menjaga daya saing global.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Berdasarkan analisa teknikal Pilarmas Investindo Sekuritas, IHSG berpotensi rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Yugen: IHSG Berpeluang Rebound, Simak Saham-saham Ini

Yugen Bertumbuh Sekuritas menyebut potensi tekanan mulai menurun. IHSG berpeluang technical rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Wall Street Akhiri Rentetan Koreksi, Investor Masih Cemas

Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (8/12/2022). Investor harap-harap cemas tunggu data inflasi dan pengumuman the Fed.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ririek: Merger Indihome dan Telkomsel Tingkatkan Efisiensi Induk Usaha

Rencana merger Indihome dan Telkomsel diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perseroan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Mattel: Industri Mainan Tahan Banting Hadapi Gejolak Ekonomi

Mattel menegaskan bahwa industri mainan termasuk industri yang tahan banting terhadap gejolak ekonomi.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

Erick Thohir mengatakan potensi pariwisata lokal menjadi sumber pendapatan besar bagi bangsa yang perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Menkeu Tegaskan KSSK Tidak Boleh Diisi Anggota Parpol

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah tetap teguh menjaga indepedensi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sektor Komoditas Diproyeksikan Jadi Pendorong Pertumbuhan IHSG 2023

Tahun depan, sektor komoditas diperkirakan kembali moncer berkat perang Rusia dan Ukraina yang memicu kenaikan harga-harga.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wapres Ma ruf Amin Hadiri Agenda Pembukaan Hakordia 2022

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Agenda Pembukaan Hakordia 2022

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE