Logo BeritaSatu

Kadin Siap Optimalkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Tiongkok

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:14 WIB
Oleh : Primus Dorimulu, Aris Cahyadi / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, M Arsjad Rasjid menyatakan, Tiongkok memberikan kontribusi besar terhadap Indonesia terkait investasi dan perdagangan.

Sebab itu, kata Arsjad, dalam hubungan yang saling menguntungkan tersebut, Kadin siap mengoptimalkan kerja sama ekonomi dan investasi dengan Tiongkok.

"Jadi sebetulnya tidak diragukan lagi bahwa brotherhood dan sisterhood antara Indonesia dan Tiongkok, sudah dekat,” kata Arsjad saat acara silaturahmi dan perkenalan Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) di Jakarta, Sabtu (23/7/2022).

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kadin Shinta W Kamdani, dan pengusaha Aguan.

Arsjad menegaskan, Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) yang diketuai Garibaldi Thohir atau Boy Thohir adalah salah satu komite yang meyakinkan. Boy Thohir didampingi oleh dua wakil ketua, yaitu Alex Kusuma dan Jona Widhagdo Putri. Sekretaris KIKT adalah Anthony Akili.

Kemudian, para anggota KIKT adalah Maruarar Sirait, Axton Salim, Agus Salim Pangestu, Andre Rasjid, Untyas Anggraeni, Lawrence Barki, Fuganto Widjaja, William Utomo, Hendra Widjaja, dan Rahmad Widjaja Sakti.

Lebih lanjut Arsjad mengatakan, di luar kerja sama ekonomi, sudah terlihat bagaimana budaya antara Indonesia dan Tiongkok sudah menjadi satu.

“Semua adalah teman paling tidak bersama-sama untuk bisa memastikan kesejahteraan rakyat. Apakah Indonesia dan Tiongkok, bisa semuanya sejahtera,” tuturnya.

Menurut Arsjad, yang paling utama adalah tantangan saat ini perihal global energy cost yang bertambah besar, apalagi inflasi naik. Meski demikian, Indonesia punya momentum bagus sekali. Semua orang membicarakan Indonesia di Eropa dan lain-lain.

“Harapannya ini akan menjadi tombak untuk momentum ekonomi Indonesia bisa naik lagi. Investasi kita secara global US$ 50 miliar. Tahun ini, target US$ 80 miliar dan ke depannya lebih bagus lagi,” ungkap Arsjad. Di sisi lain, dia juga berharap produk-produk Indonesia bisa ekspor keluar negeri. Ini bisa menjadi kekuatan bersama.

Baca selanjutnya
Kadin akan melakukan B-20 Roadshow di Beijing, Tiongkok, pada 25-27 Juli ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Indef: Tahun Politik Berpotensi Ganggu Stabilitas Ekonomi

Tauhid memperingatkan tahun politik dan gejolak global di tahun depan berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi dalam negeri.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BEI: Papan Ekonomi Baru Setara dengan Papan Utama

Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan papan ekonomi baru yang setara dengan papan utama.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE