Logo BeritaSatu

2 Tahun, 13,4 Juta Orang Ikuti Program Kartu Prakerja

Rabu, 27 Juli 2022 | 14:26 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian menyatakan program Kartu Prakerja telah diikuti 13,4 juta peserta dalam 2 tahun terakhir yang mencakup 34 provinsi dari 514 kabupaten/kota. Program tersebut merupakan upaya pemerintah menjalankan pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui skilling, reskilling, dan upskilling.

“Mulai Kabupaten Merauke 16.908 orang, Sabang 1.653 orang, hingga Kepulauan Talaud 294 orang. Jumlah peserta baik laki-laki maupun perempuan hampir seimbang, melibatkan disabilitas, orang tua, dan peserta yang pendidikan SD,” ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar bertajuk “Dua Tahun Perjalanan Kartu Prakerja Mentransformasi Layanan Publik: Capaian, Pelajaran, dan Strategi ke Depan” pada Rabu (27/7/2022).

Dalam 2 tahun pelaksanaan Kartu Prakerja telah tersedia 2.000 jenis pelatihan dan melayani 5,6 juta peserta per tahun dengan berbagai latar belakang dari 514 kabupaten/kota. Dengan tingginya jumlah peserta dan cakupan wilayah, Airlangga mengatakan program tersebut berjalan inklusif sejalan agenda pembangunan berkelanjutan SDG’s yakni living no one behind. “Jumlah tersebut bukan hanya angka, tetapi ini adalah sumber daya manusia yang luar biasa,” ucap Airlangga.

Dia mengatakan program Kartu Prakerja dijalankan sesuai janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi). Awalnya program tersebut fokus memberikan pelatihan kepada angkatan kerja, tetapi karena situasi ekonomi tertekan di masa pandemi, maka program Kartu Prakerja diubah menjadi semibansos.

“Program bersifat semibansos, tidak 100% pelatihan, banyak orang mempertanyakan pelatihan ini apakah efektif? Apakah bantuan ini mampu melindungi daya beli masyarakat? Jawabannya adalah iya,” kata dia.

Sejumlah lembaga yaitu Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-Pal), Bank Dunia, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Centre for Strategic and International Studies (CSIS), dan Badan Pusat Statistik (BPS) sudah melakukan kajian terhadap program Kartu Prakerja. Dari hasil kajian lembaga-lembaga tersebut menunjukkan dampak positif Kartu Prakerja terhadap terhadap learning, kebekerjaan, kewirausahaan, pendapatan, ketahanan pangan, dan inklusi keuangan.

“Jadi kesimpulannya program Kartu Prakerja ini bersifat efektif berhasil menjalankan misi gandanya untuk keterampilan sekaligus perlindungan masyarakat. Hasil baik tentunya berasal dari serangkaian proses dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar di belakangnya,” tutur Airlangga.

Menurutnya dengan pelaksanaan program tersebut dijalankan secara digital, menunjukan inovasi bersifat government to people (G to P). “Kartu Prakerja adalah program government to people yang inovasinya dari Indonesia. Semoga program ini dapat menyediakan pelajaran bagi kita semua, ini bisa direplikasi untuk model pembangunan di berbagai negara lain,” kata Airlangga.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen menyoroti pentingnya sistem pembayaran G to P dalam pelaksanaan program Kartu Prakerja. Dia menilai program tersebut dapat memberikan bantuan kepada individu dan keluarga dengan cara aman, terjamin, dan efisien. Dari kajian yang dilakukan, ada tiga temuan dalam pelaksanaan program Kartu Prakerja. Pertama, pentingnya memberikan menu pilihan penyedia rekening bank kepada penerima bansos. “Praktik perluasan opsi penyedia rekening bank tersebut diharapkan dapat meningkatkan penggunaan rekening bank," ucap Satu.

Kedua, mayoritas pengguna cenderung langsung mencairkan pembayaran bansos. Oleh karena itu, perlu didorong peralihan ke sistem pembayaran digital. Ketiga, studi menunjukkan bahwa sistem pembayaran G to P memiliki lebih banyak ruang untuk mendorong inklusi keuangan melalui kolaborasi antara pemerintah dan penyedia pembayaran.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Majukan SDM Pertanian, Petrokimia Gresik Resmikan Program Sekolah Makmur

Petrokimia Gresik meresmikan program “Sekolah Makmur” untuk memajukan SDM pertanian dengan pemberangkatan 30 Taruna Makmur ke berbagai daerah

EKONOMI | 30 September 2022

Xurya Bantu Perusahan Beralih ke Energi Ramah Lingkungan

Xurya, penyedia solusi energi bersih dan terbarukan menawarkan skema sewa tanpa investasi pada perusahaan di Indonesia.

EKONOMI | 30 September 2022

Menperin: Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Produk Halal

Indonesia seharusnya tidak sekedar menjadi konsumen produk halal, tetapi menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

EKONOMI | 30 September 2022

Kepemilikan Asing di SBN Turun, Ternyata Ada Untungnya

Menurunnya porsi kepemilikan asing terhadap SBN Indonesia saat ini justru memberikan keuntungan bagi Indonesia karena tidak mudah terguncang.

EKONOMI | 30 September 2022

500 Pakar dan Praktisi Diajak Majukan Ekonomi Digital Indonesia

Dentsu Indonesia menyebut potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar dan diprediksi bisa tumbuh secara eksponensial

EKONOMI | 30 September 2022

WIR Asia Optimistis Laba Bersih Melesat 87% di Akhir 2022

Perusahaan teknologi, PT WIR Asia Tbk (WIRG) atau WIR Group memproyeksikan mengantongi laba bersih Rp 45,9 miliar sampai akhir 2022, naik 87%.

EKONOMI | 30 September 2022

World Bank Sebut Warga Miskin Bertambah 13 Juta, DTKS Diubah?

Akibat perubahan batas garis kemiskinan World Bank membuat warga miskin di Indonesia bertambah.

EKONOMI | 30 September 2022

Bantuan Subsidi Upah Dinilai Lambat, Ini Penyebabnya

Bantuan subsidi upah lambat penyalurannya karena harus melalui proses verifikasi sehingga pihak penerima tepat sasaran.

EKONOMI | 30 September 2022

Staf Sri Mulyani Klarifikasi Soal Teriakan Slogan NasDem dan Demokrat

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sempat meneriakkan slogan NasDem dan Demokrat, apa maksudnya?

EKONOMI | 30 September 2022

Pengamat: BLT Bantu Ekonomi Masyarakat Kelompok Rentan

Keputusan Presiden Jokowi memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat rentan dipandang sebagai langkah yang tepat.

EKONOMI | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Billar, Ini Jawaban Devina Kirana

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Billar, Ini Jawaban Devina Kirana

LIFESTYLE | 44 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings